Sempat Pingsan Hingga Diisukan Meninggal Dunia, Ini 4 Fakta Kondisi Ustaz Zacky Mirza

Oleh Mardella Savitri Murtisari pada 20 Apr 2021, 19:35 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 19:35 WIB
[Bintang] Ustaz Zacky Mirza
Perbesar
Ustaz Zacky Mirza. (Instagram)

Liputan6.com, Jakarta Pada saat sedang memberikan tausiah di Pekanbaru, Riau, Minggu (18/4/2021), dalam rangka safari Ramadan, Ustaz Zacky Mirza sempat mengalami pingsan. Dai kondang ini pun lantas dilarikan ke Puskesmas Lubuk Dalam. Kemudian, ia mendapatkan rujukan untuk melakukan perawatan di Rumah Sakit Efarina.

Atas terjadinya peristiwa tersebut, di media sosial sempat merebak kabar bahwa Ustaz Zacky Mirza telah meninggal dunia. Kabar ini pun lantas langsung ditampik oleh pihak keluarga Ustaz Zacky Mirza, yakni sang istri Shinta Tanjung melalui akun Instagramnya.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, sahabat solehaku, sahabat solehku semuanya, para guru, para keluarga pokoknya semuanya yang memang masyaAllah luar biasa terima kasih atas doa yang sudah diberikan. Saya mau infoin ya, saya enggak bisa balas satu persatu karena memang lagi sibuk ngurus suami, kebetulan saya juga lagi radang tenggorokan," ungkap Shinta Tanjung pada Senin (19/4/2021).

Berikut merupakan fakta-fakta terkait kondisi terkini Ustaz Zacky Mirza, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (20/4/2021).

2 dari 5 halaman

Pingsan saat tausiyah

Detik-detik ustaz Zacky Mirza ambruk. (Foto: YouTube KH Infotainment)
Perbesar
Detik-detik ustaz Zacky Mirza ambruk. (Foto: YouTube KH Infotainment)

Dalam rangka safari Ramadan, Ustaz Zacky Mirza pun memberikan tausiyah ke kota-kota besar di Tanah Air. Kendati demikian, tiba-tiba saja ketika sedang berada di Pekanbaru, Riau pada Minggu (18/4/2021), kondisi kesehatannya menurun hingga mengalami pingsan di tengah acara.

Berdasarkan keterangan dari sang istri, yakni Shinta Tanjung, Ustaz Zacky Mirza mengalami kelelahan. "Cuma memang terus pengobatan karena memang ada indikasi ke pneumonia dan ada kekentalan darah," ujarnya melalui Instagram.

Menyambung penjelasan terkait penyakit Ustaz Mirza, Shinta juga mengungkapkan bahwa kondisi sang suami tersebut tidak terkait dengan Covid-19. 

"Tapi memang alhamdulillah negatif. PCR nya negatif, kita enggak ada Covid alhamdulillah, dan sehat walafiat alhamdulillah. Cuma kecapekan saja. Makasih banyak buat perhatiannya," jelas Shinta.

3 dari 5 halaman

Dikabarkan meninggal dunia

[Bintang] Zacky Mirza
Perbesar
Ustaz Zacky Mirza menghadiri acara 40 hari Julia Perez. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Setelah beredarnya video Ustaz Mirza yang tiba-tiba pingsan di tengah acara tausiyah tersebut, kemudian bermunculan kabar hoaks bahwa dai kondang ini telah meninggal dunia.

Sontak, kabar tersebut pun ditampik oleh Shinta Tanjung. Kemudian Zacky Mirza juga memberikan klarifikasi sendiri terhadap masyarakat bahwa dirinya kini telah dalam keadaan baik.

“Adapun terkait dengan berita yang tersebar, saya meninggal dunia dan lain sebagainya, itu semua berita hoaks.” ujar Zacky Mirza memberikan klarifikasi sembari menampakkan jarum infus yang masih menancap di tangan kanannya.

4 dari 5 halaman

Kondisi berangsur membaik

Unggahan Ustaz Zacky Mirza. (Foto: Instagram @zackymirza_)
Perbesar
Unggahan Ustaz Zacky Mirza. (Foto: Instagram @zackymirza_)

Setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Efarina, kondisi pria kelahiran 8 Mei 1979 ini pun berangsur membaik. 

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Zacky Mirza. Ayahanda ibunda, saudara-saudaraku semuanya, keluarga para jemaah, alhamdulillah malam hari ini, Senin 19 April 2021, saya dalam keadaan yang lebih baik setelah semalam di keadaan yang belum sadar. Sudah membaik alhamdulillah,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Shinta Tanjung mengklarifikasi isu Zacky Mirza meninggal lewat video berdurasi 1 menit dan 4 detik yang diunggah di akun Instagram terverifikasinya.

“Saat ini ustadz Zacky Mirza udh sehat ya lagi masa pemulihan. Berita diluar tentang kabar duka itu tidak benar ya,” cuit Shinta sebagai status teks menyertai video tersebut.

5 dari 5 halaman

Minta doa agar dakwah lancar

Ustaz Zacky Mirza. (Foto: Instagram @zackymirza_)
Perbesar
Ustaz Zacky Mirza. (Foto: Instagram @zackymirza_)

Melalui video klarifikasinya, Zacky Mirza memastikan bahwa ia dalam kondisi yang baik. Ia pun berharap bahwa dapat keluar dari rumah sakit dalam waktu dekat sehingga bisa kebali meneruskan kegiatan dakwahnya.

“Saya dalam keadaan sehat walafiat. (Mohon) doanya dari semua mudah-mudahan dakwah saya tetap dilancarkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Disehatkan walafiat kita semua. Terima kasih,” pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓