Daftar Konten Extra Faedah yang Paling Banyak Dicari Selama Ramadan

Oleh stella maris pada 20 Apr 2021, 12:58 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 13:01 WIB
Ilustrasi konten media sosial
Perbesar
Ilustrasi konten media sosial/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki bulan Ramadan, tentunya kita harus pintar-pintar mengatur aktivitas. Mengapa? Itu karena hari-hari yang dijalankan sedikit berubah karena adanya 'rutinitas baru' yaitu berpuasa. 

Nah biar kegiatan sehari-hari tidak membosankan dan tetap bersemangat, biasanya banyak orang mencari informasi yang berfaedah alias bermanfaat lewat media sosial. 

Ya, mengikuti perkembangan teknologi dan informasi, peran media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Manfaat media sosial itu beragam, mulai dari menjadi sarana penghibur, sumber informasi, tapi juga membuat kita lebih extra kreatif. 

Nah lalu pertanyaannya sekarang, konten media sosial apa saja yang paling banyak dicari orang-orang saat Ramadan? Berikut daftar kontennya: 

2 dari 6 halaman

1. Konten Vlog

Sekarang banyak banget Youtuber atau influencer yang memberikan tips bagaimana caranya membuat konten vlog sempurna. Misalnya membuat video singkat yang diambil hanya menggunakan smartphone atau aplikasi apa saja yang mereka gunakan untuk mengedit video. 

 

3 dari 6 halaman

2. Konten Memasak

Coba cek, aplikasi apa saja yang kamu miliki di smartphone yang berkaitan dengan masakan? Tidak punya? No worry! Meski tanpa aplikasi, sekarang sejumlah pencinta kuliner yang dengan senang hati menghadirkan konten resep masakan. Mulai dari resep sederhana hingga resep profesional ala koki andal. 

Apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang ini, konten memasak paling banyak dicari. Ya, kamu bisa banget berselancar di YouTube misalnya, untuk melihat step by step cara membuat menu berbuka puasa atau sahur. Taking a notes and do it at home!

 

4 dari 6 halaman

3. Konten Tips Puasa

Lagi-lagi peran media sosial sangat berpengaruh ke kehidupan kita. Di bulan Ramadan, banyak sekali konten tips berpuasa aman dan sehat di tengah menjalankan aktivitas yang padat. Konten tips puasa paling banyak dicari karena dinilai relevan dengan kondisi saat ini. 

Oh ya, biasanya konten tips puasa yang sederhana bisa dilihat di akun Instagram dari media online tertentu karena konten yang dihadirkan lebih mudah mengerti. Jika ingin lebih jelas, kamu bisa melihat konten tips puasa dari sejumlah artikel yang membahas tentang Ramadan. 

 

5 dari 6 halaman

4. Konten Gaming

Ini juga adalah salah satu konten yang paling banyak 'diburu' selama Ramadan. Seiring berkembangnya industri gaming, aplikasi layanan streaming ikut menjamur. Dan biasanya platform live streaming game ini ditonton saat menunggu waktu berbuka puasa atau bahkan sahur. 

Salah satu alasan mengapa konten gaming dicari bukan sekadar karena memang mau game lho, tapi main gim online ternyata juga dapat meningkatkan kinerja otak. Apalagi jika kamu suka banget sama game yang mengandalkan strategi dalam setiap war-nya. 

 

6 dari 6 halaman

5. Konten Giveaway

Ini salah satu konten yang paling banyak dicari. Selain dapat dicari saat waktu luang di bulan Ramadan, konten ini tentunya menguntungkan kita. Banyak konten giveaway di akun media sosial yang bisa kamu ikuti sambil ngabuburit. 

Nah pas banget, di bulan Ramadan ini, Smartfren mengajak  semua untuk tetap semangat dan kreatif menjalankan puasa di masa pandemi. Smartfren memberikan Extra Unlimited Malam Full Speed mulai jam 01.00 – 05.00, yang pas untuk menemani sahur. Kamu bisa internetan sepuasnya di semua aplikasi dan tentu di jaringan 100% 4G.

Selain itu, Smartfren bersama Arief Muhammad dan Anya Geraldine juga mengajak anak muda buat menyebarkan kebaikan dengan menciptakan konten berfaedah di media sosial. Nggak lupa untuk ikut mendukung kokreasi dengan seniman visual Hana Madness dan produsen fesyen lokal Koolastuffa yang merilis merchandise khusus Ramadan berupa Kemeja Koko dan Scarf. 

Nantinya hasil penjualan disalurkan lewat Yayasan Benih Baik Indonesia dan akan digunakan untuk mendukung UMKM milik para penyandang disabilitas. Termasuk memberikan peralatan pendukung penyandang disabilitas,dan mendukung pembangunan rumah baca. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat jadi inspirasi yang memacu kreativitas dan membuka peluang baru bagi generasi muda Indonesia.

Banyak hal berfaedah yang bisa kamu lakukan, mulai dari streaming untuk ide masak menu sahur, buat kamu yang merantau bisa video call dengan keluarga sehingga kebersamaan tetap berasa atau kamu bisa juga membagikan konten berfaedah buat sesama dan bagikan di media sosial. Sahur kamu jadi nggak biasa deh, berasa Extra!

Oh ya mengenai kegiatan berfaedah di bulan Ramadan yang didukung dengan kenyamanan berinternet, Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan bahwa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sebaiknya nggak jadi halangan untuk menjalani Ramadan dengan penuh makna. "Ada banyak hal positif dan berfaedah yang bisa kita lakukan bersama dengan memanfaatkan teknologi," katanya. 

Di Ramadan kali ini juga, Smartfren memberikan banyak extra hadiah. Salah satunya melalui rangkaian kegiatan yang bertajuk #RamadanExtraFaedah, Smartfren mengajak untuk membuat konten extra faedah dalam bentuk foto atau video. Kemudian upload ke media sosial kamu dan jangan lupa untuk follow dan mention @smartfrenworld dan gunakan tagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua. Kamu bisa memenangkan banyak hadiah diantaranya Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, smartphone kece, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu, Smartfren juga berbagi rejeki melalui program Rejeki WOW Treasure Hunt. Cara ikutannya gampang kok, download/upgrade aplikasi MySmartfren, perbanyak transaksi, dan temukan harta karunmu. Hadiah WOW sudah menantimu, mulai dari pulsa, smartphone, laptop, tabungan, motor, hingga hadiah utama berupa mobil. Semua pasti bisa menang, jangan lewatkan karena rezeki sudah di depan mata.

"Jadi tidak perlu lama menunggu! Ayo gunakan Smartfren Unlimited, buat konten penuh faedah, sebarkan lewat media sosialmu dan jalani Ramadan yang Extra Faedah untuk dirimu dan banyak orang lain," tutup Djoko Tata Ibrahim.

Info lengkapnya bisa di cek melalui www.smartfren.com/extrafaedah.

 

(Adv)

Lanjutkan Membaca ↓