Sukses

Ini 6 Menu Sahur Sehat yang Patut Anda Coba

Sahur merupakan bekal penting Anda untuk memulai hari saat menjalankan ibadah puasa. Intip menu sahur sehat di sini!

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas sahur memiliki peranan penting dalam kelancaran menjalankan ibadah puasa ramadan. Meski bangun pada dini hari terkadang berat dan merepotkan, sebaiknya Anda tidak melewatkan waktu sahur.

Jika tidak sahur, bukan hanya keberkahan yang Anda lewatkan, tetapi juga berpotensi membuat tubuh menjadi lemas, kekurangan cairan tubuh, sulit berkonsentrasi, bibir kering dan gangguan kesehatan lain. Misalnya maag dan kadar asam lambung meningkat.

Agar keluarga lebih semangat untuk bangun sahur, Bunda bisa menyiapkan beberapa menu sehat berbeda-beda di rumah, seperti menu sehat nan variatif di bawah ini.

1. Oatmeal

 

Biji-bijian ini sangat baik untuk tubuh, oatmeal bisa menjadi menu sahur yang enak dan menyehatkan. Tambahkan pula susu dan irisan buah untuk menghidangkannya. Karena serat dan karbohidrat yang ditemukan dalam gandum dapat menjagamu tetap merasa kenyang seharian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Sup Kacang

Sup kacang, mungkin bisa menjadi menu sahur yang sehat untuk keluarga. Sup kacang mengandung serat dan protein, yang membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Makanan ini juga cukup baik untuk kesehatan jantung karena kaya akan asam folat dan magnesium. Pastikan tetap sehat dan menghindari penambahan mentega dalam masakan ini.

Selain sup kacang, Anda juga bisa mencoba sayur brokoli yang terkenal memiliki cita rasa yang segar dan mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C, folat serta glukosinolat pada brokoli dipercaya dapat membantu perkembangan bayi dengan baik dan mencegah berbagai macam penyakit.

 

3 dari 6 halaman

3. Salmon Asap

Salmon merupakan jenis ikan yang terkenal karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Selain rasanya yang lezat, ikan salmon juga dapat berfungsi mencegah berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Olah ikan salmon menjadi masakan salmon asap.

Salmon asap ini dapat mempertahankan asam lemak omega-3 di antara manfaatnya. Jenis asam lemak dalam salmon sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Kualitas salmon ini juga sangat penting bagi otak untuk berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

 

4 dari 6 halaman

4. Alpukat   

Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa dijadikan sebagai makanan penutup sahur. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan tersebut berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini caranya cukup mudah, Anda bisa membuatnya menjadi bubur atau jus.

 

5 dari 6 halaman

5. Muffin 

Muffin ini terkenal dengan kualitas bahan-bahan yang berkualitas tinggi. Muffin bisa digunakan untuk diet sehat. Muffin dari bahan wheat bran ini akan membuat orang tetap aktif dan energik meskipun sedang berpuasa. Jika kamu mengonsumsinya saat sahur, ini akan sangat cocok sekali, karena bisa mengurangi rasa haus dan lapar selama berpuasa.

Selain muffin, Anda juga bisa mengonsumsi roti gandum yang banyak mengandung serat dan bisa kamu kombinasikan dengan selai kacang atau buah. Karena makanan kering, akan mendorong kamu untuk mengonsumsi banyak air setelahnya.

 

6 dari 6 halaman

6. Beef Teriyaki 

Makanan yang mengandung protein sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa, terlebih pada saat sahur. Selain dari telur yang direbus,  dimasak orak arik dan omelet, Anda juga bisa mencoba menu beef teriyaki. Dengan daging yang protein tinggi dan rendah lemak bisa menjadi penopang tubuh Anda selama menjalani puasa. 

Masak beef teriyaki untuk sahur bisa menjadi alternatif yang menarik dan menggugah selera. Yang rindu makanan Jepang, bisa mulai mempraktikkannya mulai sahur dini hari nanti.

Agar kuat dalam menjalankan puasa, tentunya nutrisi saat sahur harus diperhatikan. Pilihlah menu sahur yang sehat, bergizi seimbang, dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup sebelum berpuasa.

Untuk memenuhi segala kebutuhan bahan memasak, makanan, perlengkapan dapur dan ramadan, Anda bisa berbelanja online di TokoPoints. Banyak diskon belanja online yang sudah pasti bikin kamu lebih hemat dan bisa beli lebih banyak.

Belanja online di Tokopedia semakin menyenangkan dan menguntungkan karena TokoPoints hadir kembali dan bisa langsung jadi hadiah. Masih ingatkan kalau TokoPoints itu program loyalitas pengguna Tokopedia yang dapat ditukarkan untuk mengurangi total transaksi. Dengan TokoPoints Tokopedia, kamu bisa dapatkan cashback yang lebih tinggi, lho!

Keuntungan belanja online di Tokopedia memang tidak ada habisnya. Mulai dari mudahnya dalam mencari berbagai produk, kemudahan dalam bertransaksi, hingga berbagai keuntungan yang buat belanja jadi lebih hemat.

Buruan belanja sekarang, mumpung lagi banyak diskon!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini