Begini Cara Atur THR Biar Tidak Cepat Habis

Oleh Reza pada 20 Apr 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 07:00 WIB
Cara Menghitung THR
Perbesar
Cara Menghitung THR (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan identik dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para pekerja. Tentu hal itu sangat dinanti oleh semua karyawan. Pasalnya, THR bisa digunakan banyak hal, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran tiba. 

Alih - alih untuk lebaran, masih banyak karyawan yang menghabiskan THR dengan cepat. Tentu hal itu bisa membuat rencana kamu bakal berantakan. Misalnya, membeli hadiah untuk orangtua sampai untuk sedekah. 

Ternyata hal itu biasa terjadi di kota besar, seperti Jakarta. Pasalnya, mereka yang menerima THR cenderung mengeluarkan uang lebih banyak saat mendapat uang tambahan atau THR. 

Habisnya THR biasa digunakan untuk hangout, buka bersama dan membeli barang - barang mewah. Nah, biar tidak kedodoran dalam kelola uang THR, dilansir liputan6, berikut cara mengelolanya dengan benar.

Menabung

pasangan
Perbesar
ilustrasi keuangan/.copyright Rawpixel

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika mendapatkan THR adalah menyisihkan sebagian THR untuk ditabung. Kamu bisa menggunakan uang THR sekitar 30-50 persen untuk ditabung segera setelah kamu menerimanya.

Beramal dan Bayar zakat fitrah

Waktu Membayar Zakat Fitrah
Perbesar
Waktu Membayar Zakat Fitrah / Sumber: iStockphoto

Setelah menabung, hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah bersedekah, infak dan zakat. Ingat, saat bulan Ramadan kita dianjurkan untuk berbagi dan beramal kepada orang yang membutuhkan. Kamu bisa sisihkan uang THR dan gaji untuk hal ini.

Membeli makanan

Ilustrasi makan bersama.
Perbesar
Ilustrasi makan bersama. (iStockphoto)

Gunakanlah sebagian uang tersebut untuk membeli makanan. Karena lebaran identik dengan perayaan dan tentunya banyak makanan, maka gunakanlah THR ini untuk membeli makanan yang ada selama hari raya. 

Agar bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga terjangkau, kamu perlu pantau promo dan diskon belanja bulan Ramadan dari marketplace pilihan. Seperti halnya Tokopedia.

Marketplace tersebut memiliki promo menarik yang bisa kamu manfaatkan agar mendapatkan harga lebih terjangkau. Sebagai contoh, Waktu Indonesia Belanja Spesial Ramadan. Di sana, kamu bisa berkesempatan mendapatkan diskon hingga 90 persen lho. Selain itu, bebas ongkir selama periode masih ada. 

Di sana, kamu bisa mendapatkan produk - produk pilihan di bulan ramadan, seperti makanan, perabotan rumah tangga, sampai fashion.  Maka dari pantengin terus Promo WIB Spesial Ramadan dan dapatkan promo dan bebas ongkir untuk produk yang kamu inginkan. 

Tokopedia TV Show
Perbesar
Tokopedia TV Show

Jangan lewatkan pula Tokopedia TV Show pada 23 April pukul 19.30 - 21.00 di NET, RCTI, SCTV, Indosiar dan channel youtube Tokopedia.  Tokopedia TV Show bakal dimeriahkan oleh BTS, Afgan, NOAH, dam Iwan Fals. 

Ada pula, Bimbo, Sara Fajira, Pamungkas, Monica Haryanti, Ferry Maryadi, Jenda Munthe, Arie Kting, Ge Pamungkas, Ardit Erwandha, Maya Wulan, Pradikta Wicaksono, Reza Chandika, dan Sinyorita. Tak ketinggalan artis Korsel, seperti Tiffany Orie, Jang Hansol, Kyungrim Park. 

Selai dihibur dengan penampilan artis ternama, kamu juga bisa mendapatkan diskon gede-gedean dan bebas ongkir sepuasnya dari Tokopedia. 

 

(*)