Sukses

10 Desa Wisata di Indonesia yanga Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Bikin Takjub

Ada beberapa desa wisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga ataupun teman.

Liputan6.com, Jakarta Desa wisata adalah komunitas atau masyarakat yang terdiri dari penduduk suatu wilayah terbatas yang bisa saling berinteraksi secara langsung di bawah sebuah pengelolaan dan memiliki kepedulian, serta kesadaran untuk berperan bersama sesuai keterampilan dan kemampuan masing-masing, memberdayakan potensi secara kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di wilayahnya.

Sebagai pelaku utama, komunitas atau masyarakat berupaya meningkatkan potensi pariwisata atau daya tarik wisata yang ada di wilayahnya. Selanjutnya, komunitas atau masyarakat menyiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik bagi para wisatawan ketika berkunjung. Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh komunitas atau masyarakat di desa wisata, memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan mendayagunakan aset dan potensi yang dimiliki.

Menikmati desa wisata tak perlu ke luar negeri, di Indonesia sendiri ternyata banyak desa wisata yang sangat menarik dan wajib dikunjungi. Bahkan, beberapa di antara desa wisata tersebut sudah bertaraf internasional. Anda dapat berlibur untuk mencari ketenangan atau sekedar kembali menyegarkan jiwa dan raga dari kegiatan yang menjemukan.

Berikut beberapa desa wisata yang telahh dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (15/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desa Wisata Terbaik di Indonesia Wilayah Bali

1. Desa Wisata Penglipuran

Desa wisata Penglipuran merupakan sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Batur, Kelurahan Kubu, Kabupaten Bangil, yang berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Denpasar. Desa wisata ini dikenal dengan suasananya yang asri dan dan tenang khas dataran tinggi yang juga masih memiliki udara sejuk. Keunikan desa ini adalah rumah-rumah penduduknya yang tertata rapi hingga membentuk lorong dan dibangun dengan arsitektur Bali yang memukau. Selain itu, desa ini melarang penggunaan kendaraan bermotor masuk ke dalam dewasa. Kendati demikian, penduduk desanya sangat ramah terhadap wisatawan.

2. Desa Wisata Pemuteran

Desa Pemuteran terletak di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, yang terkenal sebagai desa nelayan. Dulu, desa ini dikenal sebagai desa yang kumuh. Namun, berkat inisiasi Yayasan Karang Lestari, desa ini akhirnya dikembangkan menjadi desa wisata. Untuk Anda yang ingin berwisata untuk mencari ketenangan, desa ini patut kamu pertimbangkan karena suasananya sunyi dan sepi. Terkait akomodasi, desa ini telah memiliki lebih dari 1.000 kamar berbentuk hotel, resort, dan homestay.

3. Desa Wisata Ubud

Semenjak dituliskan dalam buku Eat, Pray, Love karya Elizabeth Gilbert, Desa wisata Ubud mendapatkan popularitasnya di dunia internasional. Desa Ubud terkenal akan budaya dan masyarakat yang unik sehingga mampu menarik banyak turis untuk berkunjung.

3 dari 5 halaman

Desa Wisata Terbaik di Indonesia Wilayah Yogyakarta

4.  Desa Wisata Nglanggeran

Belakangan ini, desa wisata Nglanggeran menjadi destinasi wisata unggulan di Yogyakarta. Desa ini menawarkan program live in bagi wisatawan yang ingin merasakan hidup seperti warga desa setempat, termasuk mempelajari budayanya. Anda dapat mencoba wisata gunung, embung, serta air terjun yang pastinya sangat menarik.

5.  Desa Wisata Pentingsari

Desa wisata Pentingsari merupakan desa yang terletak di lereng Gunung Merapi, berjarak sekitar 22,5 km dari tengah Kota Yogyakarta. Mengangkat tema “Desa Ramah Lingkungan, Kebudayaan, dan Pertanian”, desa ini menawarkan wisata pembelajaran dan interaksi terkait budaya warga setempat. Selain itu, desa ini juga menawarkan banyak program wisata yang tak kalah menarik. Mulai dari live in, berkemah, tracking, sampai wisata out bond.

6.  Desa Wisata Seigentung

Bagi Anda yang suka dengan dataran tinggi, desa wisata Seigentung sangat patut untuk dipertimbangkan. Desa ini dinobatkan dalam kategori IPTEK termaju dan oleh pemerintah setempat hal tersebut dijadikan nilai unggul.

4 dari 5 halaman

Desa Wisata Terbaik di Indonesia Wilayah Sumatera Barat

7.  Desa Wisata Sungai Nyalo

Desa Sungai Nyalo terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Desa pesisir ini memiliki destinasi pantai dan bukit yang menjadi andalan dengan pemandangan suguhan pemandangan memukau berupa batu-batu yang membentuk pulau. Meski belum terlalu dikenal oleh wisatawan lokal, ternyata banyak turis yang telah berkunjung ke desa ini dan menyebutnya sebagai “Paradise of the South”.

8.  Desa Wisata Madobak

Kepulauan Mentawai menjadi salah satu destinasi populer di Indonesia, baik untuk wisatawan lokal maupun turis. Selain karena potensi lautnya, ternyata Kepulauan Mentawai juga dikenal dengan tiga desa tradisional yang masih memiliki adat kental, salah satunya adalah Desa Madobak. Ternyata, desa ini diketahui sebagai desa yang memiliki budaya tato tertua di dunia.

5 dari 5 halaman

Desa Wisata Terbaik di Indonesia Wilayah Jawa Timur

9.  Desa Wisata Taman Sari

Terletak di kawasan Gunung Ijen, Kecamatan Licin, Desa Taman Sari merupakan desa yang telah diresmikan sebagai desa wisata. Desa ini terdiri dari tiga kampung yang saling berintegrasi, yaitu Kampung Susu, Kampung Penambgan, dan Kampung Bunga. Salah satu daya tarik dari desa ini adalah keunikan kebudayaan masyarakat Osing yang merupakan suku asli di Kabupaten Banyuwangi.

10.  Desa Wisata Pujon

Perpaduan pemandangan gunung dan sawah merupakan salah satu daya tarik Desa Pujon Kidul, Malang. Desa ini juga menawarkan daya tarik agrobisnis seperti perkebunan, peternakan, dan pengolahannya.

Itu tadi beberapa desa wisata di Indonesia yang dapat menjadi referensi Anda untuk berlibur dikala senggang. Jangan lupa untuk tetap menaati protokol kesehatan saat berlibur dan persiapkan kebutuhan Anda ketika di perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.