15 Tempat Wisata Batu Paling Terkenal, Seru untuk Plesiran Bersama Keluarga

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 13 Apr 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 17:15 WIB
15 Wisata Batu Terkenal, Seru untuk Plesiran Bersama Keluarga
Perbesar
Museum Angkut, Malang.

Liputan6.com, Jakarta Kota Batu menjadi destinasi wisata berbagai tujuan menarik yang sayang Anda lewatkan. Kota ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Pasalnya beragam objek wisata menarik ada di sini, mulai dari wahana bermain hingga wisata alam yang memukau dan menenangkan. 

Nama Batu dan Malang sudah sering didengar sebagai tujuan wisata favorit. Lokasinya dekat dengan gunung membuat daerah tersebut sangat sejuk dan segar. Kota Batu sudah menjadi daerah otonom. Meskipun banyak orang sering menyebut Batu adalah bagian dari Malang, wilayah ini memiliki pemerintahan tersendiri. Hal tersebut berdampak pada pengelolaan wisata yang lebih baik untuk turis dari dalam dan luar negeri.

Penasaran dengan wisata batu apa saja yang terkenal dan menjadi incaran traveller? Berikut 15 wisata batu yang terkenal dan cocok banget untuk plesiran bersama keluarga yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (13/4/2021).

 

2 dari 4 halaman

Wisata Batu yang Terkenal Instagramable

15 Wisata Batu Terkenal, Seru untuk Plesiran Bersama Keluarga
Perbesar
Museum Angkut

1.  Museum Angkut

Wisata batu yang pertama adalah museum angkut. Museum dengan beragam moda transportasi ini kental dengan suasana kota kuno yang estetik. Salah satu spot yang paling ramai adalah Gangster Town, karena nuansanya mampu membawamu ke zaman dahulu. Museum ini juga memiliki koleksi helikopter. Museum ini buka setiap hari mula pukul 12.00 hingga 20.00 WIB dengan tiket sebesar Rp. 100.000 per orang

2.  Alun – alun Kota Batu

Wistaa batu yang selanjutnya adalah alun-alun kota batu. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Batu tanpa mampir ke alun-alunnya. Berbagai jenis makanan dan jajanan ikonik bisa Anda temukan di sini, seperti ketan, sempol, jagung susu, dan beragam sate sosis yang nikmat. Untuk tiket masuknya sendiri tidak ada alias gratis.

3.  Batu Flower Garden

Wisata batu yang berikutnya adalah batu flower garden. Destinasi wisata ini dikenal sebagai studio alam, karena pemandangan alamnya yang indahnya bukan main. Batu Flower Garden tutup setiap Jumat untuk pembersihan lingkungan dan penyemprotan disinfektan. Anda tak akan bosan saat berada di sini, banyak spot foto yang Instagramable banget. Mulai dari kebun bunga hingga aktivitas bersepeda di atas tali yang bakal menguji keberanian Anda. Untuk tiket masuknya hanya sebesar Rp. 25.000 saja.

4.  Infinity World

Wisata batu yang tak kalah instagramable adalah infinity world. Jika diartikan maka Dunia Tanpa Batas. Ya di dalam Infinity World anda bisa merasakan ruang tanpa batas dengan desain masa depan. Tempat ini memiliki ruang dengan luas kurang lebih 600m2. Jika anda masuk ke dalam ruang ini, anda diharuskan memakai sarung tangan dan kaos kaki supaya tidak terpeleset karena tempat ini lantai dan temboknya berbahan kaca, selain itu juga untuk menjaga agar kualitas kaca tetap terjaga. Untuk harga tiketnya yaitu sebesar Rp. 30.000 per orang.

5.  Kampung Warna-warni Jodipan

Kampung warna-warni Jodipan dulunya merupakan kampung kumuh yang kini berubah menjadi kampung wisata, bersih, tertata dan banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan. Bermula dari inisiatif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang pada saat itu sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa-mahasiswa ini, membuat ide supaya kampung Jodipan yang sudah diplot kampung kumuh, bisa berubah menjadi kampung yang bersih dan disegani masyarakat.

Banyak sekali yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke kampung Warna-warni Jodipan. Di sana terdapat spot foto yang unik-unik seperti jembatan kaca, lukisan 3D, balai paying dan masih banyak lagi. Khusus untuk jembatan kaca, ini diklaim merupakan jembatan kaca pertama di Indonesia. Harga tiketnya masuknya hanya sebesar Rp. 3.000 saja.

3 dari 4 halaman

Wisata Batu yang Cocok untuk Plesiran Bersama Keluarga

15 Wisata Batu Terkenal, Seru untuk Plesiran Bersama Keluarga
Perbesar
wisata Jatim Park di Kota Batu, Jawa Timur.

6.  Jatim Park 3

Wisata Batu yang satu ini memberikan sensasi seperti kembali ke jaman prasejarah dan bertemu dengan sekawanan makluk purbakala. Disebut Dino Park karena disini Anda akan bertemu langsung dengan kawanan dinosaurus ala film Jurassic Park. Namun tenang saja, semuanya hanya replika saja.

Jatim Park 3 seluas 5 hektar ini mempunyai 17 zona dengan 7 atraksi utama dan berbagai pertunjukan seru. Dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 12.00-20.00 WIB dengan harga tiket yang berbeda-beda di setiap wahana.

7.  Predator Fun Park

Pengalaman liburan yang asik dan edukatif bertema predator akan Anda dapatkan disini. Anda dapat belajar tentang replika anatomi telur buaya hingga melihat langsung hewan predator sungguhan seperti buaya, iguana soa layar, hingga ikan piranha arapaima. Lokasinya hanya 40 menit dari Alun-alun Malang.

Terdapat beragam wahana seperti Galeri Buaya, Labyrinth Maze, Family Fun House, Pancing Buaya, dan lain sebagainya. Harga tiket masuk untuk weekday Rp 40.000, weekend Rp 50.000, musim liburan Rp 60.000. Fasilitasnya lengkap seperti mushola, area parkir, food court, dan lain-lain. Tempat ini dibuka setiap hari pukul 08.30-16.30 WIB.

8.  Eco Green Park

Taman rekreasi dan edukasi ini bernuansa alam yang ramah lingkungan dan bebas polusi yang dikemas dengan konsep teknologi ekologi seperti tenaga surya, pengolahan susu, kompos, dan kerangka robot dari 1001 handphone. 7 wahana di Eco Green Park antara lain World of Parrot, Recycle, Rumah Terbalik hingga Water Outbond.

Taman ekosistem terbesar di Indonesia ini dibuka setiap hari pukul 08.00-16.30 WIB dengan harga tiket reguler Rp 50.000 dan harga tiket terusan Rp 120.000-Rp 150.000. Dengan tiket terusan tersebut, Anda mendapatkan akses ke beberapa wahana sekaligus. Fasilitas disini sangat lengkap seperti foodcourt, mushola, e-bike dan lain sebagainya.

9.  Taman Wisata Selecta

Taman wisata ini bertemakan aneka bunga dengan keindahan alamnya. Suasana yang disuguhkan begitu sejuk dan segar karena berada di ketinggian 1100 mdpl. Dengan lahan seluas 18 hektar, para wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai wahana seperti skybike, flying fox, kiddie ride, hingga pemandian air panas.

Yang paling disoroti para wisatawan adalah kebun bunga mempesona seluas 10 hektar dengan beraneka ragam jenis bunga yang cantik. Taman bunga ini dibuka untuk umum setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB dengan harga tiket Rp 40.000. Fasilitasnya lengkap seperti kolam renang, resto, dan lain-lain.

10.  Jatim Park 1

Jatim park 1 menawarkan wahana permainan menarik yang sering ditemukan di taman bermain. Tempat ini memiliki area untuk anak sehingga orang tua tidak khawatir ketika memilih wahana yang akan dituju. Untuk menarik lebih banyak turis, pengelola menyediakan spot untuk kuliner dan juga hiburan terutama di malam hari.

4 dari 4 halaman

Wisata Batu dengan Alam yang Memukau

15 Wisata Batu Terkenal, Seru untuk Plesiran Bersama Keluarga
Perbesar
foto: Instagram @indtravel

11.  Coban Putri

Coban Putri termasuk sebagai salah satu destinasi wisata alam di Batu yang diunggulkan. Terdapat dua air terjun alami yang memesona. Anda bisa berendam atau mendaki bebatuan di sekitar air terjun. Selain itu, banyak pula fotografer yang datang ke sini hanya untuk mengabadikan momen, karena saking indahnya. Terdapat pula beberapa spot foto yang seru, seperti ayunan dan gardu pandang.

12.   Coban Talun

Selain Coban Putri, Anda juga bisa mengunjungi Coban Talun yang tidak kalah indah. Suasana air terjun ini makin memesona saat siang menjelang sore hari, cahaya jingganya bikin air terjun nampak magis. Serunya lagi, air terjun ini dikelilingi pepohonan pakis dan bebatuan yang rimbun. Tak heran jika hawa di sini sangat sejuk, meskipun matahari sedang terik-teriknya.

13.  Coban Rondo

Salah satu objek wisata di Batu Malang adalah Coban Rondo. Ini adalah air terjun dengan ketinggian yang cukup curam. Lokasinya berada di tengah alam yang masih asri. Anda bisa mengunjunginya langsung dan menikmati kesegaran udara sekitar. Perlu diketahui, nama coban artinya air terjun dan rondo adalah janda.

Tempat ini sudah terkenal karena sering menjadi objek konten di berbagai media hiburan seperti televisi. Jika bertanya mengenai air terjun di Batu Malang, nama coban rondo akan muncul bersama dengan coban talun.

14.  Omah Kayu

Batu seolah tidak pernah habis dengan ide kreatif untuk lokasi wisata. Dengan latar belakang yang indah dan asri, Anda bisa menikmati wisata Omah Kayu. Arti dari tempat tersebut adalah rumah kayu atau tree house. Daya tarik wisata ini terletak di konstruksi rumah dan desainnya yang unik. Selain itu, lokasi rumah berada di atas ketinggian dimana memberikan sensasi sendiri terutama bagi mereka yang baru pertama kali mencoba. Anda juga bisa melihat langsung latar belakang suasana alam yang indah dan berpadu dengan baik bersama desain rumah tersebut.

15.  Kebun Teh Wonosari

Tepat di lereng gunung Arjuna, terdapat area perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara yang luasnya mencapai 1.144 hektar yang sudah dijadikan sebagai agro wisata dan dibuka untuk umum. Karena berada di lereng gunung Arjuna, kawasan sekitar kebun teh ini sejuk dan sangat tenang.

Di kawasan kebun teh sudah terdapat berbagai fasilitas yang memadai, seperti tempat parker, kamar mandi yang bersih, foodcourt, dan area bermain untuk anak-anak. Di tempat ini Anda juga bisa melihat betapa luasnya kebun teh Wonosari ini dengan menaiki kereta wisata yang sudah disediakan oleh pihak manajemen. Selain itu juga terdapat wahana bermain seperti naik kendaraan ATV, naik kuda, dan masih banyak lagi. Tempat ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga.

Itu tadi beberapa tempat wisata batu yang bisa menjadi referensi Anda saat berkunjung ke kota Batu Jawa Timur. Ketika memiliki rencana untuk berlibur jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan siapkan keperluan Anda untuk diperjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓