Sukses

10 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami, Ampuh dan Mudah Dibuat di Rumah

Ini cara efektif untuk memutihkan kulit secara alami dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah maupun di pasar tradisional.

Liputan6.com, Jakarta Kulit putih menjadi standar kecantikan terkini yang didambakan banyak orang, khususnya bagi para wanita. Semua cara bahkan ditempuh untuk mendapatkan kulit yang putih bersinar, tak terkecuali perawatan mahal di salon.

Padahal tidak semua jenis kulit bisa menerima bahan kimia yang diberikan dari salon tersebut. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif ada cara memutihkan kulit secara alami yang dipercaya aman.

Tentunya hal tersebut karena tidak ada kandungan berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi kulit. Sebab, bagi pemilik jenis kulit sensitif sangat rentan akan alergi dan dampak negatif lainnya apabila menggunakan pemutih kulit dengan kandungan kimia.

Cara memutihkan kulit secara alami ini dapat dengan mudah dilakukan di rumah dan bahan-bahannya pun sangat mudah ditemukan di pasar tradisional sekalipun. Selain itu, cara memutihkan kulit secara alami ini tidak membutuhkan biaya mahal untuk dapat merasakan dampak positifnya.

Sayangnya, cara memutihkan kulit secara alami masih kurang dilirik karena proses pemutihannya butuh waktu. Wajar saja jika cara memutihkan kulit secara alami ini tidak bisa secepat proses pemutihan dengan bahan kimia. Hal tersebut karena proses yang dilalui untuk mendapatkan kulit putih dengan bahan alami tersebut, merupakan cara yang aman dan sifatnya permanen.

Untuk membahas lebih dalam lagi mengenai cara memutihkan kulit secara alami yang ampuh dan dapat dilakukan di rumah, berikut ini telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami, Ampuh dan paling Efektif

1.  Air Beras

Kandungan yang ada di dalam beras yaitu asam ferullic serta allantoin. Kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi dan memutihkan kulit.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan air beras adalah siapkan air bekas cucian beras, tunggu hingga mengendap, kemudian oleskan air beras tersebut sebagai lulur kulit. Lakukan hal ini rutin setiap hari di pagi dan sore hari.

2.  Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi menetralkan radikal bebas. Kunyit juga banyak digunakan sebagai lulur alami tradisional.

Cara menggunakan kunyit sebagai lulur sangat mudah yaitu dengan mencampurkan susu dan bubuk kunyit hingga mengental, oles ke seluruh tubuh,diamkan masker tersebut selama 15 menit, kemudian bilas dengan bersih menggunakan air hangat.

3.  Susu

Adanya kolagen pada kulit memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan tidak berkerut. Susu mengandung vitamin D yang mampu membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, susu juga memiliki kandungan vitamin B6 yang berguna merawat dan menjaga kesehatan serta kelembapan kulit.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan susu adalah mencampurkan 1 gelas susu segar dengan 4 sdm madu, aduk rata kemudian oleskan pada tubuh, diamkan selama 30 menit, dan kemudian bilas dengan air bersih.

4.  Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu. yang mengandung kalsium dan zinc. Kalsium tersebut berfungsi menjaga kelembapan kulit dan menjaga kulit tidak kekurangan cairan. Sedangkan zinc berfungsi mengatasi masalah kulit. Kandungan vitamin B kompleks pada yogurt juga mampu menyehatkan kulit dan membuat kulit bersih serta cerah alami.

Cara penggunaannya adalah dengan menggunakan yogurt plain, oleskan rata ke seluruh tubuh dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih dan sabun.

5. Bengkoang

Menggunakan bengkoang juga menjadi salah satu cara memutihkan kulit secara alami yang cukup populer. Sangat banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai pemutih. Hal tersebut tidak lain karena bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berfungsi untuk memutihkan serta menjaga kulit supaya tetap cerah. Lalu, adanya kandungan vitamin C pada bengkoang bisa merangsang sel kulit untuk regenerasi.

Cara penggunaannya dengan memarut bengkoang kemudian campur dengan sedikit air dan peras, setelah itu gunakan sarinya sebagai lulur mandi yang alami. Selanjutnya, ampas parutan bengkoang gunakan juga sebagai scrub.

3 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami yang Wajib Dicoba

6.  Mentimun

Banyak sekali kandungan mineral dan vitamin pada mentimun. Kandungan tersebut penting dalam menjaga kesegaran kulit dan membuat kulit menjadi cerah dan bersih. Mentimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata yang hitam.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan mentimun yaitu blender mentimun tanpa air hingga memiliki tekstur seperti pasta, lalu oleskan ke seluruh tubuh. Kemudian diamkan selama 30 menit dan yang terakhir basuh dengan air bersih.

7.  Lidah Buaya

Sedangkan pada lidah buaya terkandung zat aloesin. Zat tersebut berfungsi menghambat pembentukan melanin pada kulit. Seperti yang diketahui, melanin merupakan sumber dari warna gelap di kulit. Dengan menghambat produksi melanin, maka bisa membantu dalam pencerahan kulit.

Cara untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai pemutih kulit adalah dengan memotong lidah buaya menjadi beberapa bagian, kemudian ambil gel lidah buayanya. Lalu oleskan merata ke seluruh tubuh dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

8.  Minyak Zaitun

Cara memutihkan kulit secara alami dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini mengandung zat linoleic acid yang berguna menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Selain itu, minyak zaitun mengandung banyak anti-oksidan seperti polifenol yang memiliki fungsi melindungi sel-sel dari kerusakan.

Cara memutihkan kulit secara alami dengan minyak zaitun adalah dengan menuangkan 4 sdm minyak zaitun ke wadah. Kemudian tambahkan 2 sdm madu dan aduk rata, setelah itu gunakan sebagai lulur setelah mandi.

9.  Jeruk Nipis

Kandungan di dalam jeruk nipis yaitu anti-oksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut berguna untuk mencerahkan kulit, mencegah jerawat pada kulit, mengatasi minyak berlebih, serta mengangkat sel kulit mati.

Langkah untuk menggunakan jeruk nipis sebagai pemutih kulit yaitu dengan membelah buah jeruk jadi dua bagian, kemudian oleskan secara rata pada tubuh. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

10.  Kentang

Zat antibiotik alami pada kentang berfungsi untuk memperlambat penuaan kulit serta membantu mempercepat regenerasi kulit. Selain itu, kandungan anti-oksidan alami pada kentang juga berfungsi menghilangkan dan menyamarkan bekas luka.

Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk halus kentang yang sudah direbus, kemudian tambahkan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan ke seluruh tubuh dan diamkan selama 30 menit, selanjutnya bilas dengan air bersih.

Itu tadi cara memutihkan kulit secara alami yang bisa jadi referensi Anda saat sedang frustasi dengan kondisi kulit yang belang. Tak perlu harus mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan kulit yang terawat, putih, dan bersinar. Cukup dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda temui di rumah ataupun pasar tradisional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini