CEO Adalah Posisi Tertinggi di Eksekutif, Pahami Tanggung Jawab dan Rahasia Suksesnya

Oleh Laudia Tysara pada 05 Apr 2021, 13:50 WIB
Diperbarui 05 Apr 2021, 13:50 WIB
karakter zodiak
Perbesar
Ilustrasi bekerja. Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan yang sukses, pasti memiliki seorang CEO yang hebat dan berbakat. CEO adalah posisi tertinggi di jajaran eksekutif dalam instansi atau perusahaan. CEO memiliki tanggung jawab yang tak main-main.

Kepanjangan CEO adalah Chief Executive Officer. Kekuasaan yang dimiliki CEO adalah berasal dari kepemilikan saham, jabatan formal, keahlian, dan koneksi sosial. CEO adalah bertugas sebagai pembuat keputusan manajerial paling tinggi.

Tanggung jawab CEO yang paling utama, mampu mengomunikasikan segala yang dapat mengangkat nama perusahaan. CEO yang sukses, bukan mereka yang gila pekerjaan. Akan tetapi CEO yang mampu membagi waktu bekerja, refleksi, dan bersama keluarga serta orang tercinta dengan seimbang.

Berikut Liputan6.com ulas tentang CEO, tanggung jawab, dan rahasia suksesnya dari berbagai sumber, Senin (5/4/2021).

2 dari 7 halaman

CEO Menurut Para Ahli

Sering Membolos dan Berbohong
Perbesar
Ilustrasi Bekerja di Perusahaan. Credit: pexels.com/Christinna

Holmes dan Holcomb (2007)

Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan direktur utama atau presiden direktur, CEO adalah posisi tertinggi dalam jajaran eksekutif yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan operasional perusahaan. Investor dapat mengetahui perusahaan dengan menilai CEO perusahaan tersebut.

CEO adalah memiliki kekuasaan untuk memengaruhi keputusan investasi dari investor potensial. Kekuasaan yang dimiliki CEO adalah berasal dari kepemilikan saham, jabatan formal, keahlian dan koneksi sosial.

Mahbubi (2016)

CEO adalah pimpinan tertinggi dalam manajemen suatu perusahaan yang bertanggung jawab secara penuh terhadap perusahaan secara keseluruhan.

Sudana dan Aristina (2017)

CEO adalah seseorang yang memegang jabatan tertinggi dalam kegiatan operasional perusahaan, bertanggung jawab terhadap rencana dan keputusan strategis serta sebagai penghubung antara pihak internal dan eksternal. Kesuksesan suatu perusahaan sangat berkaitan dengan peran CEO.

3 dari 7 halaman

Mengenal CEO Adalah Posisi Tertinggi di Eksekutif

Ilustrasi Perempuan
Perbesar
Ilustrasi bekerja. (dok. Unsplash.com/@chuklanov)

Kepanjangan CEO adalah Chief Executive Officer. CEO adalah posisi tertinggi di jajaran eksekutif. CEO adalah orang paling berpengaruh dalam sebuah instansi atau perusahaan.

CEO adalah bertanggung jawab atas seluruh kegiatan operasional perusahaan. Kekuasaan yang dimiliki CEO adalah berasal dari kepemilikan saham, jabatan formal, keahlian, dan koneksi sosial. CEO adalah bertugas sebagai pembuat keputusan manajerial paling tinggi.

Nama lain dari jabatan CEO adalah Kepala Eksekutif, Presiden Direktur, atau Direktur Pelaksana. CEO adalah bertanggung jawab memberikan laporan kepada Dewan Direksi. Dewan Direksi merupakan sekelompok individu yang dipilih untuk mewakili pemegang saham perusahaan.

4 dari 7 halaman

Tugas CEO

Rekan kerja
Perbesar
Ilustrasi Lingkungan Kerja. Credit: unsplash.com/You

Indikator kesuksesan perusahaan dapat dilihat dari kemampuan perusahaan untuk mendapatkan laba (profitable), kemampuan untuk tumbuh dan berkembang (growth), mampu mendapatkan proyek yang berkelanjutan (sustainable), dan kemampuan perusahaan untuk dapat bersaing (competitive) dengan perusahaan lain.

Tak lain, kesuksesan tersebut hanya bisa dicapai bila CEO memainkan tugasnya dengan benar. CEO adalah mempunyai peranan sebagai pemimpin yang bertugas mengelola, mengatur pengembangan, dan pelaksanaan strategi jangka panjang. Tujuannya untuk meningkatkan nilai pemegang saham.

Dalam perusahaan berskala kecil, CEO adalah mengambil lebih banyak peran. Mulai dari mengambil keputusan tingkat lebih rendah, misalnya memperkerjakan staf. Pada perusahaan yang lebih besar peran CEO lebih kepada urusan perusahaan tingkat tinggi. Biasanya mereka akan berperan dalam pengambilan keputusan dalam skala besar.

5 dari 7 halaman

Tanggung Jawab CEO

1. Melakukan komunikasi atas nama perusahaan dengan pemegang saham, pemerintah, maupun entitas publik lainnya.

2. Memimpin pengembangan strategi jangka pendek dan panjang perusahaan.

3. Membuat dan melaksanakan visi misi perusahaan atau organisasi.

4. Melakukan evaluasi pekerjaan pemimpin eksekutif lainnya dalam perusahaan, termasuk direktur, wakil direktur, dan presiden.

5. Mempertahankan kesadaran mengenai gambaran persaingan pasar yang kompetitif, peluang ekspansi, perkembangan industri dan lain sebagainya.

6. Memastikan perusahaan dapat mempertahankan tanggung jawab sosial yang tinggi di mana pun bisnis itu dilakukan.

7. Menilai risiko yang dapat ditanggung oleh perusahaan, serta terus melakukan pemantauan dan berusaha untuk meminimalisir risiko atau dampak buruk yang akan terjadi.

8. Menetapkan tujuan strategis dan memastikannya dapat diukur dan dijelaskan dengan baik.

6 dari 7 halaman

Rahasia Sukses CEO

Ilustrasi Kalender
Perbesar
Ilustrasi jadwal. (Photo by Debby Hudson on Unsplash)

Mengatur Jadwal

Salah satu kebiasaan (beberapa mungkin menyebutnya keterampilan) CEO startup yang efektif adalah mengatur. Sangat terorganisir. Mereka akan membuat jadwal harian dan mengikutinya dengan taat.

Kate Finley, CEO Belle Communications , lebih suka memberi kode warna pada jadwalnya, menetapkan warna yang berbeda untuk topik gambaran besar dan menjadwalkan waktu untuk media sosial, email, pengembangan proyek, rapat, dan bahkan olahraga dan waktu pribadi.

Jadwal per jam dapat mencegah Anda teralihkan dari tugas-tugas acak sambil memberi ketenangan pikiran bahwa menghabiskan waktu khusus untuk kebutuhan perusahaan. Temukan waktu terbaik untuk menjadwalkan hari Anda dan biasakan keterampilan ini.

Memisahkan Kebutuhan Perusahaan

Salah satu hal yang dilakukan para CEO startup yang efektif adalah berhasil memilah-milah berbagai kebutuhan perusahaan. 

Mereka fokus pada area spesifik bisnisnya, menyisihkan waktu untuk pengembangan produk, pembangunan tim, dan keuangan. CEO Fetchnotes, Alex Schiff, mengadakan pertemuan harian dengan timnya. 

Schiff mengatakan saat ini sangat penting untuk organisasinya, karena memberikan pandangan lintas fungsi tentang apa yang terjadi di perusahaan.

Dengan memblokir waktu untuk mengelola tim dan departemen yang berbeda, Anda dapat yakin akan memenuhi semua kebutuhan gambaran besar sambil menghemat waktu untuk tugas-tugas acak lainnya yang pasti muncul.

Melakukan Pekerjaan Mendalam di Awal Hari

Berkonsentrasi pada strategi bisnis kedepannya di pagi hari sambil kemudian baru menggelar rapat di sore hari. Michael Karnjanaprakorn, Kepala Skillshare, bahkan menjadwalkan rapat hanya beberapa hari dalam seminggu. Ini guna memaksimalkan waktu untuk pekerjaan dan perencanaan yang mendalam.

Sekali sebulan, dia menilai kalendernya dan meninjau rapat yang akan datang dan membatalkan rapat yang tidak efisien. Karnjanaprakorn mengklaim bahwa proses ini memungkinkan dia untuk menjadi proaktif dan mengontrol waktu.

7 dari 7 halaman

Rahasia Sukses CEO

Ilustrasi jam, waktu
Perbesar
Ilustrasi jam, waktu. (Photo by Malvestida Magazine on Unsplash)

Meluangkan Waktu untuk Keluarga

CEO Startup tahu betapa pentingnya meluangkan waktu untuk kebutuhan pribadi, keluarga, dan momen perayaan.

Ryan Carson memasukkan waktu keluarga sebagai bagian dari jadwal hariannya. Schiff meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan timnya, membawanya keluar untuk perayaan setelah berhasil menyelesaikan tonggak utama.

Memisahkan diri Anda dari pekerjaan dapat memberi istirahat mental yang sangat dibutuhkan dan memungkinkan Anda mendekati hari kerja berikutnya - atau minggu depan - dengan pikiran yang segar. 

Sekali lagi, tugas yang mudah adalah membuat lebih banyak pekerjaan untuk diri Anda sendiri; tugas beratnya adalah meluangkan waktu untuk menikmati kesuksesan dan meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Memberikan Ruang Refleksi

CEO Startup tahu bahwa penting untuk menjaga diri sendiri karena mudah untuk merasa selalu ada lebih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Meluangkan waktu Anda untuk bermeditasi, mencerminkan, jurnal, atau cukup dekompresi, merupakan faktor penting untuk sukses. 

Anda memelihara kesehatan fisik dan mental, yang tidak akan melakukan apa pun selain menguntungkan Anda dan perusahaan rintisan dalam jangka panjang. 

Singkatnya, CEO startup yang sukses melakukan transisi ke posisi yang fleksibel, terorganisir dan fokus pada gambaran besar, memimpin tim mereka menuju kesuksesan.

Bergantung pada kebiasaan dan jadwal pribadi Anda, buat sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan, sambil menghemat waktu untuk menikmati kerja keras Anda.

Lanjutkan Membaca ↓