Sukses

14 Cara Mempercepat Haid Selesai, Aman Tanpa Efek Samping

Cara mempercepat haid selesai aman dilakukan oleh semua kalangan wanita.

Liputan6.com, Jakarta Cara mempercepat haid selesai bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan badan. Menstruasi atau haid wanita umumnya terjadi selama 7 sampai 14 hari setiap 28 sampai 36 hari. Akan tetapi, banyak wanita tak nyaman dengan waktu istimewa ini dan ingin mempercepatnya.

Hal ini pun bisa menjadi masalah bagi wanita yang waktu datang bulannya harus lebih lama dari biasanya. Faktor utama dari haid tak kunjung reda adalah hormon yang dipicu stres sampai nutrisi tubuh yang tak terpenuhi. Maka perhatikan cara mempercepat haid selesai ini dengan saksama.

Direkomendasikan menggunakan cara aman dan tak ada efek jangka panjang. Meski cara mempercepat haid selesai bisa dilakukan dengan obat, hubungan seks, dan alat kontrasepsi, tetapi jadikan pilihan terakhir. Jika perlu, konsultasikan juga dengan ahli agar lebih aman.

Berikut Liputan6.com ulas cara mempercepat haid selesai dari berbagai sumber, Jumat (2/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Mempercepat Haid Selesai

Menghindari Tampon

Cara mempercepat haid selesai adalah menghindari tampon. Sebagian orang beranggapan, menggunakan tampon lebih aman ketika haid, karena daya serapnya yang luar biasa.

Namun, tanpa disadari, tampon berpotensi menghalangi aliran darah keluar dari vagina sehingga dapat memperpanjang masa haid.

Penggunaan pembalut atau menstrual cup akan lebih baik daripada tampon saat Anda ingin haid segera berakhir. Sebab, pembalut tidak menghalangi aliran darah haid.

Olahraga

Olahraga dan istirahat termasuk cara mempercepat haid selesai yang cukup sederhana. Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari juga mudah dilakukan. Tujuan dari penerapan keduanya adalah mencegah terjadinya stres.

Cukup lakukan gerakan olahraga sederhana sebagai cara mempercepat haid selesai. Lakukan jogging, jalan kaki, atau bersepeda. Hal ini akan memperlancar aliran darah, sehingga haid pun lancar.

Selain itu cukupi juga istirahat agar hormon kortisol berproduksi dengan baik. Hormon ini akan mencegah terjadinya stres dan tidak akan mempengaruhi hypothalamus. Hypotalamus merupakan hormon pengatur periode haid.

Kontrasepsi

Alat kontrasepsi bisa digunakan sebagai cara mempercepat haid selesai. Menggunakan alat kontrasepsi baik suntik, spiral, atau yang diminum merupakan cara efektif untuk mempercepat masa haid Anda.

Sedangkan, jenis alat kontrasepsi hormonal yang bisa digunakan cincin vagina dan pil. Pil kontrasepsi merupakan gabungan dari progestin dan estrogen. Konsumsinya bisa dikombinasikan dengan pil plasebo.

Pil kontrasepsi dikonsumsi selama 21 hari dan 7 hari selanjutnya diganti pil plasebo. Pada masa 7 hari inilah kemudian akan terjadi haid. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

3 dari 7 halaman

Cara Mempercepat Haid Selesai

Menjaga Berat Badan

Wanita dengan kelebihan berat badan umumnya memiliki kadar lemak tubuh yang tinggi. Kelebihan sel lemak dapat mempengaruhi kadar hormon reproduksi wanita, sehingga dapat menyebabkan siklus haid menjadi lebih berat dan lama.

Cara mempercepat haid selesai, pastikan berat badan Anda tidak berlebih alias masih dalam taraf ideal. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, turunkan secara bertahap dan sehat dengan pola makan bergizi seimbang dan olahraga rutin.

Konsumsi Obat

Ada beberapa jenis obat yang bisa minum cara mempercepat haid selesai. Salah satunya adalah obat table asam traneksamat yang menginduksi pembekuan darah di rahim sehingga mengurangi pendarahan dan mempercepat haid.

Bisa pula mengonsumsi obat anti-inflamasi non steroid seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau naproxen. Obat-obatan tersebut merupakan obat penghilang rasa sakit yang bisa Anda konsumsi untuk mempercepat haid Anda.

4 dari 7 halaman

Cara Mempercepat Haid Selesai

Mencukupi Gizi

Mencukupi tubuh dengan gizi yang seimbang secara tidak langsung membuat hormon tidak bermasalah. Membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat dapat menjaga produksi hormon agar tidak terganggu.

Sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik, haid pun bisa lancar dan lebih cepat. Apalagi cara mempercepat haid selesai ini sangat aman dan mudah dipraktikkan.

Air mineral pun penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Mulai hindari merokok, konsumsi minuman beralkohol, minum kopi berlebihan, dan begadang.

Memenuhi Vitamin C

Vitamin C termasuk salah satu jenis vitamin yang rasanya lezat. Selain lezat, vitamin C ternyata bisa membantu meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron.

Biasanya, kondisi ini biasanya akan membuat uterus atau rahim berkontraksi. Maka cara mempercepat haid selesai adalah mencukupi kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Dinding rahim akan luruh karenanya. Namun, konsumsinya tetap harus diperhatikan. Tidak boleh lebih dari porsi harian vitamin C yang seharusnya dikonsumsi karena bisa membahayakan kesehatan.

5 dari 7 halaman

Cara Mempercepat Haid Selesai

Mengonsumsi Rempah

Adas termasuk rempah yang dipercaya bermanfaat untuk kelancaran siklus haid. Rempah ini juga disinyalir dapat mengurangi nyeri dan mempercepat masa haid.

Berbagai olahan kue adas dapat Anda coba konsumsi sebagai cara mempercepat haid selesai. Kunyit disebut dapat memengaruhi kadar estrogen dan progesteron di tubuh. Terdapat pula senyawa yang berkhasiat sebagai obat seperti kurkumin.

Tak heran bila rempah satu ini ahlinya cara mempercepat haid selesai. Senyawa ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk hasil maksimal.

Teh Chamomile

Teh chamomile selain lezat juga bebas kafein, cocok dijadikan cara mempercepat haid selesai. Teh ini dapat membantu mengurangi kejang otot, terutama saat otot perutmu kejang sehingga menjadi kram.

Menurut pakar nutrisi dan ahli diet Amerika Serikat, Joy Bauer. Teh Chamomile ini juga dapat menenangkan atau membuatmu jauh lebih rileks menghadapi hari-hari kamu selama haid.

6 dari 7 halaman

Cara Mempercepat Haid Selesai

Konsumsi Wortel

Wortel sangat terkenal akan manfaat dan khasiatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya. Termasuk bisa digunakan sebagai cara mempercepat haid selesai.

Ada vitamin C, kalsium, dan iron yang membantu hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Rutin meminum jus wortel dengan gula yang sedikit atau tanpa gula bisa dijadikan andalannya. Terutama sebagai cara mempercepat haid selesai.

Relaksasi

Kompres air hangat ke perut dapat meningkatkan aliran darah sehingga secara perlahan mempercepat siklus menstruasi. Berendam atau mandi air hangat juga bisa mengendurkan otot-otot tegang dan menghilangkan stres emosional.

Yoga merupakan bentuk latihan ringan yang menenangkan. Berlatih yoga dapat menjadi cara yang efektif untuk melancarkan haid. Yoga bisa membantu menghilangkan stres dan menjaga tubuh tetap sehat.

Tidur yang cukup bisa mengatasi kelelahan yang merupakan salah satu penyebab haid tidak lancar. Tidur cukup dan berkualitas akan mengurangi tingkat stres dan mencegah kenaikan berat badan.

7 dari 7 halaman

Cara Mempercepat Haid Selesai

Pakai Menstrual Cup

Menstrual cup bisa digunakan bila Anda sedang bepergian atau akan berenang. Alat ini berguna untuk menghentikan haid Anda. Fungsi sebenarnya bukanlah untuk menghentikan, tetapi mencegah darah mengalir keluar dari vagina. Alat ini dapat digunakan selama 12 jam dan bisa digunakan lagi selama haid.

Mencapai Orgasme

Ide berhubungan intim saat sedang haid mungkin terasa aneh. Namun ternyata, orgasme dapat menjadi cara mempercepat haid selesai. Saat mengalami orgasme, rahim biasanya akan turut kontraksi. Hal tersebutlah yang dipercaya membantu ‘mendorong’ darah keluar dari rahim sehingga haid cepat tuntas.

Pil Antinyeri

Cara mempercepat haid selesai terakhir, mengonsumsi pil antinyeri. Anda bisa mengonsumsi pil antinyeri, seperti ibuprofen. Pada dosis tinggi, pil ini disinyalir dapat membantu mengurangi haid yang berlebihan dan mempercepat prosesnya.

Namun, cara mempercepat haid selesai ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan seara rutin. Anda pun sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi pil antinyeri dosis tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini