Cara Diet OCD yang Baik dan Benar, Begini Aturannya

Oleh Arini Nuranisa pada 01 Apr 2021, 17:50 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 17:50 WIB
Ilustrasi diet
Perbesar
Ilustrasi diet (Dok.Unsplash/ Bill Oxford)

Liputan6.com, Jakarta Cara diet OCD mulai dikenal pada pertengahan tahun 2013. Cara diet OCD diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier, mentalis Indonesia yang juga seorang presenter talkshow. Cara diet OCD merupakan cara diet yang diciptakan oleh Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier membuat program kesehatan dengan menciptakan diet ala dirinya yang dinamakan “OCD” atau “Obsessive Corbuzier Diet”. Cara diet OCD berbasis pada teknik Intermittent Fasting yang digabungkan dengan latihan HIIT (High Intensity Interval Training).

Teknik untuk cara diet OCD ini bukan teknik baru, tetapi menjadi populer di Indonesia berkat keberhasilan Deddy Corbuzier mengubah penampilan tubuhnya menjadi berotot dengan kadar lemak yang rendah.

Cara diet OCD akan sukses jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Lalu, bagaimana aturan cara diet OCD agar menghasilkan bentuk tubuh yang diinginkan?

Merangkum dari berbagai sumber, berikut liputan6.com ulas cara diet OCD yang baik dan benar sesuai aturan kesehatan, Kamis (1/4/2021).

2 dari 5 halaman

Pengertian Diet OCD

Membantu Program Diet
Perbesar
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

Cara diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) merupakan program menurunkan berat badan yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier. Dalam ebooknya, Deddy Corbuzier menjelaskan bahwa diet OCD secara sederhana adalah program menurunkan berat badan dengan cara puasa singkat.

Cara diet OCD dengan puasa singkat artinya selama dalam masa puasa tersebut, kamu boleh minum air putih atau the tanpa gula, yang penting tidak ada asupan kalori sama sekali.

Dalam cara diet OCD, ada istilah jendela makan. Waktu puasa terbagi dalam puasa 16 jam, 18 jam, dan 20 jam. Artinya, jendela makanmu adalah 8 jam, 6 jam, atau 4 jam. Di waktu jendela makan, kamu boleh makan apa saja. Namun, makanlah yang sewajarnya, jangan rakus.

3 dari 5 halaman

Cara Diet OCD yang Baik dan Benar

Ilustrasi diet
Perbesar
Ilustrasi diet (dok.unpslash/ Louis Hansel )

1. Waktu Bebas Makan 8 jam Dengan Puasa 16 jam (Level 1)

Cara diet OCD yang pertama yaitu dengan puasa selama 16 jam dan mengkonsumsi makanan pada rentang waktu 8 jam. Misalnya kita memulai diet OCD pada jam 10 pagi, maka kita dapat mengonsumsi makanan  apapun dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore . Setelah jam 6 sore kita melakukan puasa sampai jam 10 pagi.

Lakukan cara diet OCD ini selama 2 minggu agar tubuh mampu menyesuaikan diri. Setelah itu, naik ke level yang kedua yaitu makan bebas selama 6 jam dan puasa selama 18 jam.

2. Waktu Bebas Makan 6 jam Dengan Puasa 18 jam (Level 2)

Pada level kedua cara diet OCD ini kita dapat mengonsumsi makanan apapun selama durasi 6 jam, setelah waktu tersebut berakhir kita tidak diperbolehkan mengkonsumsi apapun kecuali air putih dan jenis minuman tanpa kalori lainnya.

Pada level ini kita berpuasa selama 18 jam, misalnya kita memulai diet OCD pada jam 10 maka waktu kita bebas memakan yaitu dimulai dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore, apabila kita memulai diet OCD pada jam 1 siang maka waktu makan dimulai dari jam 11 siang sampai jam 6 sore dan seterusnya.

4 dari 5 halaman

Cara Diet OCD yang Baik dan Benar

Makanan Pendamping Diet
Perbesar
Ilustrasi Program Diet Credit: pexels.com/Gabrielle

3. Waktu Bebas Makan 4 jam Dengan Puasa 20 jam (Level 3)

Level cara diet OCD selanjutnya yaitu level 3 dengan makan bebas 4 jam dan puasa selam 20 jam. Cara yang dilakukan tidak jauh berbeda dari level 1 dan level 2, perbedaannya hanya pada waktu kapan kita boleh mengkonsumsi makanan dan kapan kita tidak boleh mengkonsumsi makanan.

Pada level ke 3 ini masa jendela untuk makan yaitu 4 jam, misalnya saja kita memulai diet pada saat jam 1 maka kita diperbolehkan mengkonsumsi makanan mulai dari jam 1 siang sampai jam 5 sore, setelah melewati jam tersebut kita tidak boleh mengkonsumsi apapun selain air mineral dan minuman tanpa kalori lainnya.

4. Puasa Selama 24 jam (Level 4)

Pada level ini terdengar sangat berat untuk dilakukan, karena kita tidak punya masa jendela bebas makan. Akan tetapi bukan berarti pada level ini kita tidak mengonsumsi makanan sama sekali. Melainkan kita makan hanya satu kali sehari tanpa masa bebas makan.

Misalnya kita memulai diet OCD pada level ini pada jam 2 maka kita hanya makan saat jam 2 siang setelah itu kita tidak boleh mengonsumsi makanan kecuali mengonsumsi air mineral dan akan kembali mengkonsumsi makanan untuk besoknya pada jam yang sama yaitu jam 2 siang.

Pada level ini dianjurkan hanya untuk mengkombinasi atau sebagai selingan pada level 1, 2, atau 3 saja. Jadi bisa dilakukan selam 2 kali atau 3 kali dalam seminggu.

5 dari 5 halaman

Makanan yang Baik Dikomsumsi saat Diet OCD

[Bintang] Sebelum Diet Mediterania, Yuk Simak Sederet Tipsnya Biar Sukses!
Perbesar
Diet Mediterania. (Sumber foto: shapes.com)

Saat melakukan diet OCD, kamu harus memperhatikan asupan nutrisi makanan yang harus dimakan saat berada di jendela makan diet. Berikut ini makanan yang baik dikonsumsi saat sedang melakukan diet OCD, diantaranya:

1. Karbohidrat

Umumnya, penting untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh, yaitu ketika tubuh menghasilkan energi dari makanan yang kamu santap.

2. Protein

Tubuh juga membutuhkan protein untuk menjaga massa otot. Kamu bisa mendapatkan protein pada bahan makanan seperti telur, daging hewan, tahu, atau tempe.

3. Vitamin

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh, pastikan ada makanan seperti sayuran hijau atau buah-buahan dalam jendela makan dietmu. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin agar tidak kekurangan nutrisi.

4. Perbanyak Minum Air

Dan yang paling penting adalah air mineral. Selama jam diet atau puasa, kamu hanya boleh mengonsumsi air mineral sebanyak mungkin. Jangan sampai tubuh kekurangan air atau menjadi dehidrasi selama melakukan diet ini.

Tipsnya, coba minum 1-2 gelas air tiap jamnya, serta penting juga untuk selalu melakukan aktivitas ringan selama diet agar tubuh tidak lemas.

Lanjutkan Membaca ↓