18 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami, Bikin Nyaman Lagi

Oleh Laudia Tysara pada 01 Apr 2021, 16:20 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 16:20 WIB
Ilustrasi sakit perut
Perbesar
Ilustrasi sakit perut. (sumber: cottonbro from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi perut kembung secara alami bisa dilakukan dengan metode pijat, yoga, konsumsi herbal, buah, sampai sayuran. Perut kembung biasanya ditandai dengan kondisi perut yang terisi udara atau gas dalam usus.

Penderita meteorismus akan merasakan perutnya terasa sangat penuh, tidak nyaman, dan ada sensasi ingin muntah. Cara mengatasi perut kembung secara alami ini bukan hanya menghilangkan angin dalam perut, tetapi sekaligus menjaga saluran cerna kembali bekerja dengan baik.

Bukan cuma itu, cara mengatasi perut kembung secara alami harus diimbangi dengan menghindari penyebabnya. Penyebab masalah pencernaan ini adalah konsumsi gas, gangguan enzim, sembelit, stres, dan konsumsi obat-obatan tertentu.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengatasi perut kembung secara alami dari berbagai sumber, Kamis (1/4/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Aktivitas Yoga. Credit: pexels.com/Karolina

Memijat Perut

Memijat perut dapat membantu menggerakkan perut dan mengurangi rasa kembung. Cara mengatasi perut kembung secara alami ini sangat mudah dan aman. Tempatkan tangan tepat di atas tulang pinggul kanan.

Cara mengatasi perut kembung secara alami ini dilanjutkan dengan mengusap memutar, menggunakan tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk. Usap lurus melintasi area perut atas ke arah tulang rusuk kiri. Bergerak perlahan ke bawah menuju tulang pinggul kiri dan ulangi seperlunya.

Yoga

Pose yoga tertentu dapat memposisikan otot-otot di perut menjadi lebih lemas. Cara mengatasi perut kembung secara alami ini bisa mendorong pelepasan gas berlebih dari saluran pencernaan. Child’s Pose, Happy Baby Pose, dan squat dapat membantu meredakan penumpukan gas dengan cepat.

Selain itu, cara mengatasi perut kembung secara alami dengan meditasi dalam yoga bisa dijadikan pilihan. Cara ini dapat membantu seseorang untuk mengontrol porsi makannya dan mencegah makan berlebihan. Semua ini bermanfaat untuk mengatasi perut kembung.

Berjalan Santai

Cara mengatasi perut kembung secara alami dengan melakukan aktivitas fisik dapat dijadikan pilihan. Cara ini dapat membuat usus bergerak lebih teratur. Ini dapat membantu melepaskan kelebihan gas di dalam perut.

Alih-alih bersantai setelah makan, cara mengatasi perut kembung secara alami bisa dilakukan dengan berjalan-jalan santai selama 15 menit. Ini dapat membantu makanan bergerak dan dicerna dengan mudah oleh usus. Berjalan santai juga bisa menjadi cara mencegah sembelit.

3 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Ilustrasi jahe hangat | pexels.com
Perbesar
Ilustrasi jahe hangat | pexels.com

Jahe

Cara mengatasi perut kembung secara alami bisa dengan mengonsumsi jahe. Sifat antiinflamasi jahe bekerja dengan baik pada perut kembung karena produksi gas yang berlebihan. Jahe mengandung enzim pencernaan bernama zingibain, yang dapat membantu tubuh memecah protein.

Hal ini sangat ampuh untuk melawan gas berlebih dalam perut. Cara mengatasi perut kembung secara alami ini dapat memberikan efek relaksasi. Hingga setelah mengonsumsi jahe dapat menenangkan usus, mengurangi peradangan usus besar, dan membantu makanan mudah dicerna, dan mengurangi produksi gas dalam perut.

Mentimun

Mentimun merupakan makanan yang dapat mengatasi perut kembung, memiliki kandungan quercetin. Cara mengatasi perut kembung secara alami ini dapat dijadikan pilihan karena ada zat aktif yang bersifat antioksidan.

Zat ini mampu membantu meredakan perut kembung. Mentimun pun mengandung silika, asam kafeat, dan vitamin C. Ketiganya berfungsi untuk mencegah retensi cairan dalam tubuh.

Pisang

Buah pisang dapat dikonsumsi sebagai cara mengatasi perut kembung secara alami. Kandungan kalium dalam pisang merupakan faktor utamanya. Makanan kaya kalium dapat membantu mengeluarkan sodium dan air.

Pisang pun mengandung serat larut yang akan melancarkan saluran pencernaan. Hal ini yang akan membuat makanan-makanan yang tertumpuk di perut lebih cepat terurai.

4 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Mengkonsumsi Air Putih Hangat
Perbesar
Ilustrasi Air Putih. Credit: pexels.com/LisaFotius

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung secara alami. Mandi atau berendam air hangat akan membuat sakit perut akibat kembung mudah teratasi. Relaksasi pun dapat mengurangi tingkat stres. Ini memungkinkan saluran pencernaan berfungsi lebih efektif dan membantu mengurangi kembung.

Minum Air Putih

Ketika kembung, mereka cenderung mengurangi konsumsi air karena berpikir akan membuat kembung semakin buruk. Padahal cara mengatasi perut kembung secara alami bisa dengan air putih loh.

Saat terjadi retensi air, biasanya tubuh akan menahan cairan sehingga tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan kembung. Disarakan untuk memenuhi kebutuhan cairan, untuk menandakan bahwa tubuh tidak perlu menahan air yang menyebabkan kembung.

Minum Teh

Cara mengatasi perut kembung secara alami bisa dengan mengonsumsi teh. Teh hijau dan teh hitam bersifat diuretik yang dapat mengatasi retensi cairan pada tubuh. Minum teh akan membantu mengurangi dehidrasi yang menyebabkan perut kembung.

Cara mengatasi perut kembung secara alami ini bisa sekaligus membantu membuang cairan berlebih dari sistem tubuh. Teh mengandung thearubigin yang dapat mengurangi gangguan pencernaan dan theaflavin yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi pencernaan dari tukak lambung.

5 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Ilustrasi Bawang Putih
Perbesar
Ilustrasi bawang putih. (dok. Unsplash.com/Anshu A @anshu18)

Lemon

Lemon atau jeruk nipis dapat membantu meredakan kembung dan gejala gangguan pencernaan lainnya. Cara mengatasi perut kembung secara alami dengan meminum jus lemon misalnya.

Kamu mampu menggandakan hidrasi sekaligus mendapatkan asam untuk membantu saluran pencernaan bergerak lebih cepat. Hal ini sangat baik dikonsumsi sebagai makanan yang dapat mengatasi perut kembung.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan dapur yang dapat mengatasi perut kembung. Cara mengatasi perut kembung secara alami dengan bawang putih, mampu merangsang sistem pencernaan dan membuang kelebihan cairan dalam tubuh.

Kandungan allicin yang ditemukan pada bawang putih akan bekerja dengan baik bersama protein alami. Sehingga cara mengatasi perut kembung secara alami inilah yang mantinya akan mengurai berbagai zat dalam tubuh.

Seledri

Mengonsumsi selederi merupakan cara mengatasi perut kembung secara alami. Seledri bisa mengendalikan gas berlebih dalam saluran pencernaan, sehingga kembung dapat diredakan.

Cara mengatasi perut kembung secara alami ini pun dapat diandalkan karena kemampuannya membersihkan racun dan zat berbahaya. Sayuran ini ampuh untuk mencegah penumpukan makanan atau cairan.

6 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Sayuran Hijau
Perbesar
Ilustrasi Sayuran Hijau. Credit: pexels.com/Jacqueline

Makan Perlahan

Ketika perut kembung, hindari makan terlalu cepat dan terburu-buru. Makan terlalu cepat menyebabkan tubuh menelan udara berlebih yang dapat menyebabkan gas tidak nyaman dan kembung.

Alih-alih makan dengan cepat, cobalah cara mengatasi perut kembung secara alami dengan makan perlahan. Melambatkan mengunyah dengan mulut tertutup dapat meringankan kembung. Makan dengan porsi kecil juga dapat menghindari kembung bertambah parah.

Hindari Konsumsi Gas

Cara mengatasi perut kembung secara alami selanjutnya, menghindari konsumsi gas. Beberapa makanan berserat tinggi dapat membuat orang menghasilkan gas dalam jumlah besar.

Makanan yang mengandung termasuk kacang-kacangan, beberapa biji-bijian, bawang, brokoli, kubis, apel, dan banyak lagi. Hindari juga makanan berlemak yang bisa memperlambat pencernaan dan pengosongan lambung.

Minuman bersoda pun bisa membuat kondisi perutmu yang terengah kembung semakin memburuk, sehingga menyebabkan munculnya gas berlebih dan kondisi perut kembung.

Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau juga bisa dijadikan pilihan mengatasi perut kembung. Cara mengatasi perut kembung secara alami ini punya banyak kelebihan.

Bahan makanan ini dikenal mengandung banyak vitamin. Tak heran bila konsumsi sayuran hijau juga akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menjaga derajat keasaman lambung.

Sayuran hijau kaya serat dan tidak mengandung lemak serta gula. Hal ini yang membuat sayuran hijau cocok untuk obat asam lambung alami. Mengonsumsinya juga dapat melancarkan sistem pencernaan secara alami.

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

makanan
Perbesar
Ilustrasi semangka. Photo by rawpixel.com from Pexels

Semangka

Mengonsumsi buah pepaya termasuk salah satu cara mengatasi perut kembung secara alami. Hal ini berkaitan dengan kandungan kaliumnya. Selain itu, semangka bersifat diuretik sehingga ginjal akan semakin terpacu untuk membuang air seni.

Hal ini akan semakin cepat mengempiskan perut kembung karena kelebihan gas atau cairan. Cara mengatasi perut kembung secara alami dengan buah ini aman. Semangka mengandung 92% air, kaya elektrolit, dan enzim yang dibutuhkan guna mencerna berbagai zat seperti pemanis tambahan.

Pepaya

Pepaya memiliki kandungan papain yang baik untuk pencernaan. Papain dalam pepaya adalah enzim yang dapat membantu memecah makanan, sehingga mengurangi kemungkinan produksi gas berlebihan dalam perut.

Cara mengatasi perut kembung secara alami ini sangat efektif untuk menenangkan sistem pencernaan, terutama selama siklus menstruasi. Selain dengan mengonsumsi pepaya, kamu bisa membeli papain dalam bentuk suplemen.

Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt bisa dijadikan pilihan mengatasi perut kembung. Cara mengatasi perut kembung secara alami dengan yoghurt ini dipengaruhi kandungan probiotiknya. Berbeda dengan susu, berbagai proses yang telah dilalui yoghurt membuatnya lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Kandungan probiotik dalam yoghurt akan merangsang pertumbuhan bakteri baik, bisa meredakan perut kembung. Untuk khasiat mengusir kembung yang lebih cepat, kamu bisa mengonsumsi yoghurt dengan buah-buahan seperti pisang atau pepaya.

Lanjutkan Membaca ↓