Sukses

Terjadi Baku Tembak di Mabes Polri Jakarta, Ini 8 Faktanya

Baku tembak terjadi di Mabes Polri Jakarta pada (31/3/2021).

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Tanah Air baru saja dihebohkan dengan terjadinya baku tembak di Mabes Polri Jakarta. Suara tembakan terdengar dari halaman Mabes Polri, tepatnya akses menuju gedung Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Rabu (31/3/2031) sekitar pukul 16.45 WIB. 

Baku tembak yang terjadi di Mabes Polri ini pun menjadi viral di media sosial sampai menjadi sorotan media asing. Sebuah rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan seseorang berpakaian hitam panjang yang terlibat dalam insiden baku tembak tersebut. Dia terlihat menodongkan senjata ke petugas polisi.

Akibat peristiwa ini, seluruh akses ke Mabes Polri ditutup. Situasi masih disterilisasi dan tidak ada pihak luar yang bisa masuk ke lokasi tersebut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta baku tembak yang terjadi di Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Terdengar Suara Tembakan

Baku tembak yang terjadi di Mabes Polri yang belum lama ini terjadi menghebohkan masyarakat Tanah Air. Suara letusan senjata api beberapa kali terdengar dilepaskan.

Berdasarkan video yang beredar, ada seseorang berpakaian hitam panjang yang terlibat baku tembak. Dia terlihat menggenggam barang diduga senjata api. Tidak lama suara tembakan terdengar, orang tidak dikenal itu pun jatuh tersungkur. 

Seorang pria tak dikenal mencoba merangsek masuk ke Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/3). Dia mencoba menyerang petugas dengan senjata api yang dibawa. Seorang anggota Polri, Ilham yang berada di TKP menceritakan, tiba-tiba terdengar suara tembakan dari bawah. Setidaknya ada enam kali tembakan.

“Jadi kami mendengar kurang lebih ada enam kali tembakan,” kata Ilham saat dihubungi merdeka.com.

Dia tak tahu detil soal kronologi penembakan tersebut. Sebab, saat kejadian, dirinya berada di lantai 12 gedung Bareskrim Polri. Ilham menjelaskan, saat ini gedung Mabes Polri sedang disterilisasi. Dirinya dan rekan-rekannya pun tak boleh keluar gedung.

“Pelaku satu yang tergeletak di bawah. Tapi enggak tahu cewe atau cowok, karena visualisasinya jauh dari lantai 12,” katanya.

3 dari 9 halaman

2. Mabes Polri Disterilisasi dan Diperketat

Kabar mengenai kejadian baku tembak yang terjadi di Mabes Polri menjadi perbincangan di media sosial dan trending di Twitter. Aksi baku tembak antara seorang pria tak dikenal dengan sejumlah aparat polisi terjadi di kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan. 

Sumber Liputan6.com di Mabes Polri, sempat terdengar beberapa kali suara tembakan yang lokasinya tidak jauh dari Gedung Bareskrim.

“Ada dua tembakan sempat terdengar,” ucap dia, Rabu (31/3/2021).

Saat ini, petugas bersenajat lengkap telah berada di lokasi tersebut. Mabes Polri sendiri kini telah di sterilisasi. Pantauan Liputan6.com di lokasi kejadian, akses keluar-masuk Mabes Polri diperketat, tidak hanya di Bareskrim, namun juga beberapa akses perkantoran di sekitarnya.

"Jalan ditutup, jalan ditutup, putar balik pak, putar balik," imbau polisi yang sedang bertugas mengatur lalu lintas di TKP menggunakan microphone dilansir Liputan6.com dari Merdeka.com.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, pihaknya masih mendalami identitas pelaku.

"Masih dicek," tutur Argo saat dikonfirmasi, Rabu (31/3).

4 dari 9 halaman

3. Satu Orang Tersungkur di Mabes Polri

Dalam video yang beredar, terlihat ada sosok dalam kondisi tersungkur. Jasadnya terlihat berada di halaman Mabes Polri, Jakarta. Belum dipastikan, apakah sosok tersebut lelaki atau perempuan. 

Akibat peristiwa ini, seluruh akses ke Mabes Polri ditutup. Situasi masih disterilisasi dan tidak ada pihak luar yang bisa masuk ke lokasi tersebut.

5 dari 9 halaman

4. Polri Siapkan 2 Barracuda

Mabes Polri memperketat penjagaan di Mabes Polri, Jakarta, menyusul adanya penyerangan di lokasi tersebut. Dalam kejadian ini, pelaku tewas dan tersungkur di halaman Mabes Polri.

Dalam pantauan Liputan6.com, puluhan personel Polri bersenjata laras panjang berjaga di Bareskrim Polri. Mereka menyebar di sejumlah titik, terutama di area Bareskrim Polri. Selain itu, Polri juga menyiagakan dua barracuda di titik tempat pelaku yang tewas tersungkur. Satu mobil ambulans juga terlihat meluncur ke arah Mabes Polri.

6 dari 9 halaman

5. Jadi Sorotan Media Asing

Baku tembak terjadi di dalam kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu (31/3/2021). Suara letusan senjata api dilaporkan beberapa kali terdengar.

Sebuah rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan seseorang berpakaian hitam panjang yang terlibat dalam insiden baku tembak tersebut. Dia terlihat menodongkan senjata ke petugas polisi. Berita mengenai insiden baku tembak di kompleks Mabes Polri ini pun menjadi sorotan media asing.  Media Prancis, AFP, melaporkan insiden tersebut dalam postingannya di Twitter sebagai breaking news mereka.

"Suara tembakan terdengar di Mabes Polri di Jakarta: media," tulis AFP dalam laman Twittermereka pada.

Judul serupa juga dituliskan media Uni Emirat Arab, Khaleej Times dalam artikel mereka, yaitu "Indonesia: Gunfire heard at national police headquarters in Jakarta".

Adapun media Malaysia, yaitu The Malaysian Insight, yang menjudulkan laporan insiden baku tembak di Mabes Polri: "Gunfire at Indonesia police HQ in Jakarta".

7 dari 9 halaman

6. Ratusan Polri Dikerahkan

Anggota Polri yang sedang berjaga di lokasi mengatakan bahwa seluruh anggota kepolisian dari Polda Metro Jaya dan Polres setempat sudah dikerahkan untuk berjaga.

"Semua sudah dikerahkan, tepatnya berapa saya tidak tahu mungkin ratusan. Karena dari Tim Gegana, Mabes, Polres sudah dikerahkan untuk berjaga," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Bukan hanya media dan warga sekitar yang tidak bisa masuk, anggota polisi dari Mabes Polri juga tidak masuk melewati gerbang Mabes karena saat ini TKP sedang disterilkan

"Tidak bisa masuk semuanya, dikawal provos dan Brimob. Polisi juga parkir di luar semua," kata Polisi yang sedang berjaga di TKP Seorang pria tak dikenal mencoba merangsek masuk ke Mabes Polri, Jakarta , Rabu (31/3). Dia mencoba menyerang petugas dengan senjata api yang dibawa.

8 dari 9 halaman

7. Jenazah Orang Tak Dikenal Terobos Mabes Polri

Belum diketahui ada berapa korban jiwa akibat baku tembak yang terjadi di depan Mabes Polri tersebut. Namun banyak informasi beredar mulai seseorang tersungkur di depan Mabes Polri sampai jenazah orang yang tak dikenal terobos Mabes Polri.

Jenazah orang tak dikenal yang menerobos Gedung Bareskrim Mabes Polri telah dibawa ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Jenazah dibawa oleh Tim DVI Polri.

Pantauan di lokasi, jenazah dimasukkan ke dalam mobil ambulans oleh beberapa petugas sekira pukul 05.40 Wib. Nampak, penjagaan di sekitar lokasi kejadian makin ketat. Seluruh pintu masuk ditutup.

Tiga anggota Densus 88 berjaga di depan pintu gerbang belakang Mabes Polri.

9 dari 9 halaman

8. Kondisi Kapolri Listyo Sigit Dipastikan Aman

Aksi teror itu terjadi di sekitaran Rupatama Mabes Polri, yang menjadi ruang utama Kapolri Listyo menerima tamu penting. Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto memastikan kondisi Kapolri Listyo aman.

"Pak Kapolri dalam keadaan sehat bugar dan aman," tutur Imam saat dikonfirmasi, Rabu (31/3/2021).

Adapun dalam foto yang beredar di kalangan wartawan, seseorang wanita tersebut membawa senjata api jenis pistol. Dia memakai pakaian hitam. Ada juga map kuning di dekat jasad tersebut.

Sebelum ditembak, seseorang tersebut sempat menodongkan senjata ke arah petugas polisi.

Saat ini Kompleks Mabes Polri masih disterilisasi. Sementara itu, belum ada keterangan resmi dari pohak Mabes Polri terkait insiden ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini