Sukses

14 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Penyebabnya, Waspadai Sedini Mungkin

Kolesterol tinggi menjadi faktor penyebab sejumlah penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri kolesterol perlu dikenali dengan benar. Kolesterol tinggi merupakan masalah yang kini umum ditemui. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes, setidaknya 7 dari 10 orang penduduk dewasa di Indonesia memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Kolesterol sebenarnya merupakan zat penting bagi tubuh. Namun, jika levelnya meningkat, ia bisa menjadi faktor penyebab sejumlah penyakit seperti serangan jantung dan stroke. Gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab umum kadar kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Inilah yang membuat ciri-ciri kolesterol seringkali sulit dikenali. Ciri-ciri kolesterol bahkan bisa saja muncul ketika kolesterol benar-benar sudah sangat tinggi dan menyebabkan komplikasi.

Meski begitu, ada sejumlah ciri-ciri kolesterol yang bisa diwaspadai. Ciri-ciri kolesterol ini termasuk kondisi umum yang juga bisa menandakan kondisi lain. Oleh sebab itu, untuk memastikan tanda ini merupakan ciri-ciri kolesterol atau tidak, tetap harus melakukan pengencekan darah.

Berikut ciri-ciri kolesterol dan penyebabnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(31/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab umum kolesterol tinggi

Sebelum mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi, penting mengetahui penyebab masalah ini. Kolesterol dibawa melalui darah, melekat pada protein. Kombinasi protein dan kolesterol ini disebut lipoprotein. Ada berbagai jenis kolesterol, berdasarkan apa yang dibawa oleh lipoprotein.

Low-density lipoprotein (LDL). LDL, atau yang dikenal kolesterol "jahat", mengangkut partikel kolesterol ke seluruh tubuh. Kolesterol LDL menumpuk di dinding arteri, membuatnya keras dan sempit.

High-density lipoprotein (HDL). HDL, atau kolesterol "baik", mengambil kelebihan kolesterol dan membawanya kembali ke hati. Profil lipid juga biasanya mengukur trigliserida, sejenis lemak dalam darah. Memiliki kadar trigliserida yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jika kadar kolesterol LDL terlalu tinggi, atau kadar kolesterol HDL terlalu rendah, timbunan lemak menumpuk di pembuluh darah. Deposit ini akan mempersulit aliran darah yang cukup ke arteri. Inilah penyebab kolesterol yang menyebabkan masalah di seluruh tubuh, terutama di jantung dan otak hingga berakibat fatal.

3 dari 7 halaman

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Pegal dan berat di sekitar pundak dan tengkuk

Ciri-ciri kolesterol yang cukup umum adalah adanya keluhan pada area tengkuk. Ini bisa diakibatkan karena ada gangguan suplai darah dan oksigen yang terhambat. Penumpukan plak pada pembuluh darah membuat sejumlah area tubuh terasa berat dan pegal.

Sakit kepala

Sakit kepala pada orang berkolesterol tinggi bisa ternadi karena kolesterol bisa menyebabkan arteriosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Ini membuat pengerasan pada pembuluh darah dan membuat darah yang mengalir ke otak jadi terhambat.

Cepat ngantuk

Kolesterol akan mempersempit pembuluh darah, bahkan berisiko menutup pembuluh darah. Saat aliran darah yang membawa oksigen ke otak terhambat, maka berisiko membuat seseorang cepat mengantuk. Apabila sudah mulai muncul ciri-ciri kolesterol ini, sebaiknya ke dokter.

4 dari 7 halaman

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Kesemutan

Ciri-ciri kolesterol tinggi ini bisa terjadi karena aliran darah menggumpal dan tidak lancar, terutama di bagian ektremitas, baik ekstremitas atas atau area tangan, maupun ekstremitas bawah atau area kaki.

Mudah lelah

Saat seseorang menderita kolesterol tinggi, maka di bagian sistem vital tubuhnya akan terganggu dan bisa menyebabkan tubuh jadi mudah lelah. Salah satu yang paling terasa, saat bangun tidur dan tetap merasa kelelahan. Jika penderita berusia di atas 30 tahun kemudian sering mengalami gejala ini, maka segera lakukan cek kesehatan.

Bercak kuning di kulit dan mata

Bercak atau memar kuning di kulit disebut juga dengan xanthelasma. Xanthelasma mungkin merupakan tanda peringatan awal bahwa kolesterol mulai menumpuk di pembuluh darah. Ciri-ciri kolesterol tinggi ini terjadi ketika plak kolesterol mulai menumpuk.

Xanthelasma bisa ditemuka di mata dan kulit. Sekitar setengah dari orang dengan xanthelasma mengalami peningkatan kadar kolesterol, trigliserida, atau lemak darah lainnya. Kebanyakan orang yang mengalaminya berusia paruh baya atau lebih tua. Ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

5 dari 7 halaman

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Perut tidak nyaman

Ketika kadar kolesterol di dalam darah terlalu tinggi, maka bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di area perut, seperti kembung hingga mual. Sebenarnya ini muncul akibat adanya perlemakan hati, di mana organ hati dipenuhi oleh lemak.

Dada berdebar

Saat banyaknya plak kolesterol pada pembuluh darah, akan membuat jantung harus bekerja keras untuk mengedarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini pada akhirnya bisa berimbas pada timbulnya ciri-ciri kolesterol, di mana dada akan terasa berdebar lebih cepat dan keras, yang menandakan bahwa jantung memaksakan diri agar terus memompa darah.

Nyeri dada

Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi, memiliki peran besar dalam meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Pasalnya, LDL adalah salah satu komponen yang berperan pada terbentuknya plak di pembuluh darah (aterosklerosis).

Kemudian, yang membuat berbahaya karena plak tersebut dapat menyumbat pembuluh darah jantung serta menyebabkan peredaran darah ke seluruh tubuh mengalami gangguan. Pada akhirnya, bisa muncul ciri-ciri kolesterol berupa nyeri pada dada.

6 dari 7 halaman

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Luka sulit sembuh

Luka yang tak kunjung sembuh ternyata bisa menjadi tanda jika tubuh sedang terserang kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena adanya penurunan sirkulasi darah dan mengakibatkan luka pada kaki sulit untuk sembuh.

Ciri-ciri kolesterol tinggi ini kedengarannya mirip dengan diabetes. Bedanya, luka pada penderita kolesterol tinggi biasanya akan berwarna cokelat atau hitam serta terasa menyakitkan. Beda dengan luka pada penderita diabetes yang sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit karena rusaknya saraf akibat diabetes.

Kuku dan berubah

Ciri-ciri kolesterol selanjutnya ada perubahan warna kulit dan kuku. Ini bisa terjadi karena dampak adanya penyumbatan. Selain di bagian tersebut, dapat timbul perubahan di area lain yang mungkin terjadi, seperti bulu-bulu di kaki mulai rontok bahkan pertumbuhan akan terhambat.

7 dari 7 halaman

Ciri-ciri kolesterol tinggi

Kram ketika tidur malam

Ciri-ciri kolesterol selanjutnya, bisa berupa kram yang muncul mendadak ketikda sedang tidur di malam hari. Kram tersebut disebabkan aliran darah yang terganggu akibat kolesterol yang tinggi.

Impotensi pada pria

Efek samping kolesterol tinggi pada pria dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Semakin tinggi kadar LDL, semakin besar kemungkinan untuk mengembangkan masalah ereksi dan kasus yang parah menyebabkan impotensi. Selain itu, kolesterol tinggi dapat membuat tubuh lebih sulit memproduksi bahan kimia yang diperlukan untuk membuat ereksi.

Batu empedu

Dalam sistem pencernaan, kolesterol sangat penting untuk produksi empedu. Tetapi jika memiliki terlalu banyak kolesterol di empedu, kelebihannya akan membentuk kristal dan kemudian batu keras di kantong empedu. Ini sebabnya penderita kolesterol tinggi bisa berisiko mengembangkan batu empedu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini