Sukses

23 Wisata Sukabumi yang Terkenal, Pesona Alamnya Memukau

Wisata Sukabumi ini meliputi curug, danau, pantai, goa, tebing sampai kawasan perbukitan.

Liputan6.com, Jakarta Mengunjungi kota Sukabumi di provinsi Jawa Barat, jangan lupa mampir ke wisata Sukabumi yang terkenal, ya. Kabupaten terbesar kedua di pulau Jawa ini punya segudang panorama alam yang indah dan bakal memanjakan mata.

Meski dikenal sebagai kota terkecil se-Jawa Barat, wisata Sukabumi yang terkenal tak pernah sepi kedatangan pengunjung. Mulai dari curug, danau, pantai, goa, tebing sampai kawasan perbukitannya. 

Wisata Sukabumi yang terkenal ada banyak sekali, traveling di sini rasanya tak akan pernah kehabisan spot untuk didatangi. Tak heran bila kota ini mendapat julukan surganya wisata alam bukan? Jangan lupa mampir, ya.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Sukabumi yang terkenal dari berbagai sumber, Senin (29/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Sukabumi yang Terkenal

Water Park Palabuhanratu

Water Park Palabuhanratu merupakan wisata Sukabumi yang terkenal. Water Park ini dibangun di area seluas 1,7 hektar di Kelurahan Citepus. Water Park Palabuhanratu berada di kawasan wisata Pantai Citepus. Ada beragam wahana yang bisa dinikmati di tempat ini seperti Family Slide, kolam sport, kolam arus, dan Boowel.

Jembatan Situ Gunung

Jembatan Gantung Situ Gunung berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resor Situ Gunung. Wisata Sukabumi yang terkenal ini merupakan salah satu jembatan gantung terpanjang di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Jembatan Gantung Situ Gunung ini memiliki panjang yang membentang sepanjang 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter. Jembatan ini menghubungkan area Situ Gunung ke area Curug Sawer.

Curug Cigangsang

Curug Cigangsang atau yang terkenal juga dengan nama Curug Luhur merupakan wisata Sukabumi yang terkenal. Curug ini terletak di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tiket masuk ke wisata ini tergolong sangat murah, dengan membayar tiket masuk Rp 3.000 dan parkir Rp 12.000, kamu sudah bisa menikmati pemandagannya yang tidak kalah menarik dari wisata lainnya di Sukabumi. Jangan lupa tetap hati-hati bila pergi berkunjung pada saat musim penghujan, karena air bisa berubah menjadi sangat deras.

Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan yang terletak di Bojong, Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat merupakan danau buatan sisa galian tambang. Wisata Sukabumi yang terkenal ini memiliki air yang berwarna hijau.

Warna ini terbentuk karena bebatuan di dalam danau berwarna hijau, yang kemudian terkena pantulan sinar matahari. Lebih unik lagi air di danau ini bukanlah hasil dari mata air atau aliran sungai melainkan murni air hujan.

Pemandangan yang indah dan hijau membuat wisata Sukabumi ini populer di mata para wisatawan. Hanya dengan membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan untuk kendaraan roda empat Rp 5.000, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam dan berfoto ria di spot-spot cantik yang instagramable banget.

3 dari 7 halaman

Wisata Sukabumi yang Terkenal

Pantai Palabuhanratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan wisata Sukabumi yang terkenal. Pantai ini memiliki perpaduan pantai yang curam, landai, dengan karang yang terjal. Pantai Pelabuhan Ratu dikenal memiliki ombak yang besar sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini.

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan wisata Sukabumi yang terkenal, punya kisah mistis tersendiri. Konon, pantai ini merupakan pintu masuk kerajaan Gaib yang dikuasai Nyi Roro Kidul.

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan wisata Sukabumi yang terkenal berada di teluk Pelabuhan Ratu. Pantai Cimaja juga dikenal memiliki ombak besar yang biasanya digunakan para peselancar untuk berselancar. Pantai Cimaja sudah terkenal sebagai pantai surfing sejak tahun 1970-an. Pantai ini juga selalu mengadakan kejuaraan berselancar tingkat dunia.

Pantai Citepus

Pantai Citepus merupakan wisata Sukabumi yang terkenal. Pantai ini terletak di tepi jalan raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Lokasi pantai ini sangat strategis membuat pantai ini menjadi destinasi favorit wisatawan. Garis pantai di pantai ini memikiki ukuran yang panjangnya mencapai 3-5 km.

Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang atau yang juga dikenal dengan Pantai Cipatuguran berada di esa Jayanti, Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Wisata Sukabumi yang terkenal ini punya pemandangan sunset yang indah. Kawasan pantai ini juga kerap dijadikan wisata memancing ikan di Pelabuhan Ratu.

 

4 dari 7 halaman

Wisata Sukabumi yang Terkenal

Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air Panas Cisolok berada di Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi. Jika pemandian air panas biasanya berada di dekat pegunungan, pemandian satu ini justru berada di dekat pantai. Wisata Sukabumi yang terkenal ini berada sekitar 15 km dari pantai Pelabuhan Ratu.

Di wisata Sukabumi yang terkenal ini memiliki sumber air panas keluar langsung dari bebatuan. Ada tiga titik semburan air panas dengan suhu yang cukup tinggi rata-rata 80 derajat Celcius. Pengunjung hanya diperbolehkan berendam di aliran sungai dan kolam yang sudah disediakan.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung adalah wisata Sukabumi yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang asri. Curug ini dikelilingi pepohonan rindang dan tebing kapur yang indah. Curug Cimarinjung berlokasi di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Curug Cikaso

Curug Cikaso merupakan wisata Sukabumi yang terkenal. Curug ini dikenal dengan airnya tang berwarna biru kehijauan. Ada tiga curug di kawasan ini yaitu Curug Aki, Curug Aseupan, dan Curug Meong. Curug Cikaso berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

 

5 dari 7 halaman

Wisata Sukabumi yang Terkenal

Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Tebing ini terletak di Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Wisata Sukabumi yang terkenal ini dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan dari atas ketinggian. Tebing Panenjoan berada di atas ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut.

Gua Lalay

Gua Lalay yang berada tak jauh dari pantai merupakan wisata Sukabumi yang terkenal. Lalay dalam bahasa Sunda berarti Kelelawar. Di gua ini pengunjung bisa menyaksikan jutaan kelelawar yang menghuni Gua. Gua Lalay hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir pantai Pelabuhan Ratu.

Berdasarkan kepercayaan penduduk setempat, kelelawar-kelelawar ini terbang ke daerah lain seperti Banten, Bogor, Jakarta Bahkan Bandung. Biasanya rombongan Kelelawar ini mulai keluar menjelang senja sekitar jam 17.00.

Curug Sawer

Curug Sawer merupakan wisata Sukabumi yang terkenal dengan air terjun tunggal. Air terjun atau curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter lebih. Curug ini berada tak jauh dari jembatan gantung Situ Gunung. Kalau selesai berkunjung ke jembatan gantung Situ Gunung, kamu bisa sekalian mampir ke curug ini.

Kawah Ratu

Kalau Bandung terkenal dengan obyek wisata Kawah Putih, maka Sukabumi terkenal dengan Kawah Ratu yang terletak di lereng Gunung Salak. Untuk menuju wisata Sukabumi yang terkenal ini, kamu bisa memilih tiga jalur.

Pertama, melalui gunung bunder via pasir rengit dengan panjang trek sekitar 3.5 km dan dapat ditempuh sekitar 2.5 jam. Kedua, masih melalui jalur yang sama yaitu jalur Gunung Bunder namun via Curug Seribu dengan panjang trek sekitar 5 km dan bisa ditempuh selama 3-4 jam. Ketiga, melalui bumi perkemahan Cidahu- Sukabumi dengan panjang trek mencapai 4.5 km.

Untuk yang hendak mengunjungi wisata Sukabumi yang terkenal ini, sangat disarankan untuk menyewa pemandu agar lebih aman dan tidak tersesat. Kawah Ratu terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan. Tiket masuk ke obyek wisata ini terbilang murah hanya Rp 7.500/ orang.

6 dari 7 halaman

Wisata Sukabumi yang Terkenal

Bukit Baros

Wisata Sukabumi yang terkenal seperti Bukit Baros, bisa menjadi salah satu aternatif untuk bercengkrama bersama keluarga. Tempat ini menyediakan arena bermain untuk anak-anak, kolam renang , playing outdoors, tempat berkemah, dan vila untuk beristirahat.

Ada pula wisata Sukabumi yang terkenal dan bisa kamu susuri dengan berjalan kaki karena tempatnya yang aman dan nyaman.

Selain aman untuk membawa keluarga, obyek wisata Bukit Baros juga menawarkan spot-spot foto yang unik dan instagramable dengan latar pemandangan alam yang khas dan menyegarkan. Wisata Sukabumi yang terkenal ini terletak di Kampung Cihuis, RT.11/ RW.04, Sasagaran, Kebon Pedes, Sukabumi Regency, Jawa Barat dengan harga tiket masuk Rp 30.000 dan Rp.3.000 untuk harga parkir kendaraan.

Pasir Datar Indah

Berkunjung ke Pasir Datar Indah kamu akan menemukan pemandangan seperti lukisan yang indah sekali tapi nyata. Kamu juga akan menjumpai deretan tanaman penduduk setempat yang berbaris rapih di pundah bukit-bukit hijau menciptakan pemandangan alam yang tidak tertandingi.

Kalau kamu berpindah ke tempat yang lebih tinggi maka pemandangan tanaman hasil karya para petani setempat itu akan berbaur dengan pemandangan permadani hijau di sekelilingnya dan juga pemandangan kota dari jauh. Wisata Sukabumi yang terkenal ini terletak di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar dikenal dengan nama Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar merupakan kampung adat di daerah Sukabumi. Berkunjung ke wisata Sukabumi yang terkenal ini, kamu akan menyaksikan banyak keunikan.

Dari bentuk rumah yang khas lengkap dengan berbagai tradisi yang masih dipertahankan oleh masyarakat setempat hingga saat ini. Lokasi wisata Sukabumi yang terkenal ini berada di daerah Sukamulya, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Sabana Puncak Pilar

Berlokasi di Ciwalat, Pabuaran, Sukabumi dengan harga tiket yang terjangkau Rp 5.000. Kamu bisa melihat pemandangan permadani hijau di wisata Sukabumi yang terkenal seperti sabana puncak pilar. Bisa dibilang tempat ini seperti studio alam di mana kamu bisa berfoto ria di berbagai spot foto yang sudah disediakan.

7 dari 7 halaman

Wisata Sukabumi yang Terkenal

Bukit Karang Numpang

Untuk yang ingin menikmati keindahan alam daerah Sukabumi dari ketinggian, maka Bukit Karang Numpang bisa jadi pilihan. Wisata Sukabumi yang terkenal ini terletak di Kampung Legoknyenang, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Hanya dengan berjalan kaki selama 10 menit dari tempat parkir, kamu akan mencapai puncak bukit dengan pemandangan yang menakjubkan. Bisa dibilang wisata Sukabumi yang terkenal ini merupakan salah satu spot foto terbaik di Sukabumi dengan harga hanya membayar Rp 3.000 untuk parkir dan Rp 2.000 untuk uang masuk.

Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh terkenal dengan ketinggian ombaknya yang bisa mencapai 6 meter. Sehingga, pantai ini menjadi lokasi favorit untuk surfing. Lokasi wisata Sukabumi yang terkenal ini berada di Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Di sini juga banyak terdapat batu karang yang bagus untuk dijadikan sebagai objek foto.

Goa Buniayu

Goa ini kabarnya goa dengan sistem terbaik se-Asia Tenggara. Wisata Sukabumi yang terkenal ini memiliki sistem keamanan bertaraf Internasional dengan pemandu yang terlatih sejak beroperasi pada tahun 1992.

Goa ini memiliki berbagai sajian ornamen geologi yang unik dan menarik. Untuk melakukan wisata susur goa ini kita hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 20 ribu saja.

Pantai Cibangban

Pantai Cibangban merupakan wisata Sukabumi yang terkenal sebagai alternatif selain pantai Pelabuhan Ratu. Dibanding dengan Pantai Pelabuhan Ratu, pantai dengan pasir hitam ini lebih sepi wisatawan. Suasananya yang tenang membuat pantai ini cocok dijadikan tempat bersantai.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini