23 Wisata Lampung Paling Populer, Punya Pesona Alam Memukau

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 27 Mar 2021, 16:30 WIB
Diperbarui 27 Mar 2021, 16:30 WIB
Wisata Alam Liar
Perbesar
Taman Nasional Way Kambas / Sumber: www.lampungprov.go.id

Liputan6.com, Jakarta Wisata Lampung punya sejuta pesona yang tak bisa diragukan lagi. Lampung merupakan sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera. Lampung berbatasan langsung dengan Selat Sunda yang memisahkan Jawa dan Sumatera.

Di Lampung banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi. Wisata Lampung terkenal akan daya tarik alamnya yang begitu memukau. Pilihan wisata Lampung juga sangat beragam. Banyaknya wisata Lampung membuat daerah ini memiliki potensi pariwisata yang sangat besar.

Wisata Lampung cocok buat kamu yang sedang merencanakan travelling ke luar Pulau Jawa. Destinasi-destinasi wisata Lampung ini pastinya tak akan mengecewakan hati. Berikut 23 wisata Lampung yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (27/3/2021).

2 dari 7 halaman

Wisata Lampung paling populer

Gajah Sumatera
Perbesar
Gajah di pusat konservasi gajah di TN Way Kambas, Lampung (Liputan6.com / Harun Mahbub)

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan wisata Lampung yang paling terkenal. Taman nasional ini dikenal sebagai tempat perlindungan Gajah Sumatera. Taman Nasional Way Kambas menjadi sekolah gajah pertama di Indonesia. Selain gajah, di sini terdapat hewan lain yang hampir punah seperti Badak sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit, Kijang, Tapir, Rusa dan Beruang Madu. Ada juga primata seperti lutung, Owa, dan siamang.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dibentuk untuk melindungi hutan hujan tropis pulau Sumatra beserta kekayaan alam hayati yang dimilikinya. Taman nasional ini bahkan telah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Dunia. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan tempat tinggal bagi tiga jenis mamalia besar yang paling terancam di dunia: gajah Sumatera, badak Sumatera, dan harimau Sumatera.

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi yang terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Di sini terdapat peninggalan dari masa kebudayaan megalit seperti arca, punden berundak, batu mayat (batu kandang), altar batu, menhir, batu berlubang, dan dolmen. Ada juga peninggalan dari periode klasik berupa batu prasasti dan keramik asal dinasti Han, Sung, dan Ming.

Taman Wisata Lembah Hijau

Taman Wisata Lembah Hijau merupakan wisata Lampung dengan konsep edukasi. Di sini pengunjung dapat belajar banyak soal pengetahuan lingkungan dan pelestariannya. Taman Wisata Lembah Hijau berada di JI. Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Di sini terdapat taman satwa yang berisi 465 satwa dari 65 spesies berbeda. Ada juga wahana rekreasi berupa wahana air, outbound, tempat berkemah, wahana permainan, hingga water park.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Taman Kupu-Kupu Gita Persada berada di kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung. Taman ini memiliki koleksi lebih dari 100 spesies kupu-kupu di Sumatra. Selain, kupul-kupu yang hidup bebas, taman ini juga memiliki 140-an koleksi yang sudah diawetkan sejak 1997.

3 dari 7 halaman

Wisata Lampung paling populer

Ilustrasi pantai (sumber: Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi pantai (sumber: Pixabay)

Pantai Pasir Putih

Wisata Lampung ini berada di Jalan Trans Sumatera, Tarahan, Lampung Selatan, Pantai Pasir Putih bisa ditempuh sekitar 30–45 menit berkendara dari pusat kota. Pantai ini termasuk salah satu wisata Lampung favorit karena letaknya tak terlalu jauh dari Bandar Lampung. Menariknya, ada pulau kecil di tengah laut yang bisa dikunjungi dengan menyewa kapal.

Pantai Klara

Klara merupakan singkatan dari kelapa rapat. Masyarakat setempat memberi nama itu karena banyaknya pohon kelapa yang berjejer rapat di sepanjang pantai. Hal ini tak hanya menciptakan pemandangan yang menarik, tetapi juga menyediakan tempat berteduh yang nyaman dari paparan sinar matahari. Pantai ini berada di Gebang, Padang Cermin, Pesawaran.

Pantai Guci Batu Kapal

Pantai Guci Kapal Batu berjarak sekitar 50 km dari Kota Bandar Lampung, pantai ini dapat ditempuh dengan waktu 1 sampai 2 jam ke arah Kalianda. Pantai Guci Kapal Batu berada di Jalan Pesisir maja. Di wisata Lampung satu ini terdapat batu-batu karang yg mirip kapal yang tersebar di sepanjang pantai.

Pantai Walur

Pantai Walur merupakan pantai pasir putih yang sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga. Garis pantainya cenderung landai dan arus ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga aman digunakan untuk bermain air atau berenang. Di salah satu area pantai juga terdapat hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata.

Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia dikenal sebagai wisata Lampung sekaligus tempat berselancar. Ombak di pantai ini memiliki arus yang cukup besar, sehingga pas untuk berselancar. Pantai Tanjung Setia sudah mulai ramai dikunjungi oleh peselancar dari mancanegara. Pantai Tanjung Setia berada di Desa Tanjung Setia, Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat. Jaraknya sekitar 52 km dari Kabupaten Liwa.

Pantai Pulau Pahawang

Pulau Pahawang terdiri dari dua area, yakni Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Keduanya dikelilingi oleh pasir putih yang bersih. Tak ketinggalan air laut super jernih yang memungkinkan kamu untuk melihat biota laut di dalamnya.

4 dari 7 halaman

Wisata Lampung paling populer

wisata pantai lampung
Perbesar
Teluk Kiluan (sumber: telukkiluan.org)

Teluk Kiluan

Teluk Kiluan sebagai wisata Lampung memiliki daya tarik berupa lumba-lumba yang berenang bebas di laut lepas. Ada dua jenis lumba-lumba yang melintas di perairan Teluk Kiluan, yakni lumba-lumba mulut botol dan lumba-lumba paruh panjang. Biasanya, para wisatawan yang berkunjung ke Teluk Kiluan memang berniat untuk menyaksikan pemandangan lumba-lumba berenang. Untuk bisa melakukan hal ini, kamu harus menumpang perahu nelayan setempat.

Pulau Kubur

Pulau Kubur ini terletak di tengah-tengah Teluk Lampung, jaraknya tidak jauh dari Pantai Puri Gading dan Pulau Pasaran. Pulau Kubur sebenarnya adalah gugusan karang yang besar, dimana dataran pulau ini berupa bebatuan besar yang dikelilingi lautan.

Pulau Mengkudu

Pulau Mengkudu mulai dikenal sebagai wisata Lampung kekinian. Pulau ini berada tak jauh dari Batu Lapis dan sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Lampung. Keunikan dari pulau ini adalah adanya pasir timbul yang menghubungkan Pulau Mengkudu dan Batu Lapis.

5 dari 7 halaman

Wisata Lampung paling populer

Danau Ranau
Perbesar
Warga mandi di curahan air terjun yang mengalir ke Danau Ranau. Foto: (Raden Fajar/Liputan6.com)

Danau Ranau

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatra setelah Danau Toba. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatra Selatan.

Danau Lematang

Danau Lematang terletak di Desa Lematang, Kec. Tanjung Bintang – Lampung Selatan. Danau ini juga dikenal sebagai danau besi karena dulunya merupakan tambang bijih besi. Danau ini memiliki air berwarna hijau dengan tanah cokelat yang menjadi perpaduan eksotis.

6 dari 7 halaman

Wisata Lampung paling populer

Penampakan Volume Gunung Anak Krakatau yang Menyusut
Perbesar
Pengamatan Gunung Krakatau dan Anak Krakatau dari Dusun Tiga Regahan Lada, Pulau Sebesi, Lampumg Selatan, Senin (31/12). Gunung Anak Krakatau diperkirakan kehilangan volume sekitar 150-180 juta m3. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau menjadi salah satu wisata Lampung yang paling populer. Daya tarik wisata gunung Krakatau terletak pada sisa-sisa letusannya yang menghasilkan eksotisme bentangan alam yang luar biasa. Anak Gunung Krakatau merupakan sisa letusan dari Gunung Krakatau Purba berapi yang pernah meletus dengan hebat dan berdampak tidak hanya kepada Indonesia, namun juga mancanegara.

Bukit Pangonan

Bukit Pangonan berada di desa Fajaresuk, Kecamatan Pringsewu Selatan, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung. Kawasan bukit ini menyuguhkan pemandangan alam Lampung dari ketinggian. Bukit Pangonan dilengkapi fasilitas untuk foto selfie yang sangat Instagramable.

Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Wisata Lampung unik satu ini berada di Jl. Tj. Bintang Raya, Jati Indah, Kec. Tj. Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Di lokasi ini pengunjung bisa menyaksikan hamparan batu-batu granit yang tersusun rapi. Batu besar yang ikonik di atas bukit berdiri gagah diantara hijaunya hamparan kebun karet.

Kawah Keramikan Suoh

Keramikan Suoh merupakan dataran yang berasal cairan dan pasir sulfur dari sumber panas Suoh yang sudah mengendap bertahun-tahun lamanya. Keindahan kawah ini berupa lahar yang mengeras, sehingga membentuk seperti semen yang berdekatan dengan sumber air panas dari bumi.

7 dari 7 halaman

Wisata Lampung paling populer

Ilustrasi air terjun  (sumber: Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi air terjun (sumber: Pixabay)

Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu terletak di Kabupaten way Kanan, Lampung. Air Terjun Putri Malu memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dengan arus air turun yang cukup deras. Air Terjun Putri Malu berada di antara tebing kokoh yang menjulang tinggi, serta sangat lebar.

Air Terjun Ciupang

Air Terjun Ciupang berada di Dusun Purwajaya, Desa Sumberjaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Wisata Lampung curup ciupang sendiri cukup mudah untuk ditemukan, karena lokasinya yang tidak cukup jauh dari pemukiman warga dan juga lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandar Lampung.

Air Terjun Curup Gangsa

Air terjun Curup Gangsa bersumber dari patahan sungai Way Tangkas yang mengalir dari Bukit Punggur. Air terjun ini termasuk salah satu surga tersembunyi yang ada di Lampung. Selain curupnya sendiri, di sekitar sini juga terdapat panorama lahan padi berundak dan atraksi kebudayaan seperti rumah adat khas setempat.

 

Lanjutkan Membaca ↓