16 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Cepat, Gunakan Bahan Alami

Oleh Husnul Abdi pada 25 Mar 2021, 14:25 WIB
Diperbarui 25 Mar 2021, 14:25 WIB
Masker
Perbesar
Pori-Pori Wajah. Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat bisa menggunakan bahan-bahan alami. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami tersebut sebagai masker wajah untuk perawatan. Lidah buaya, mentimun, tomat, hingga lemon merupakan beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan.

Perawatan ini perlu kamu lakukan karena pori-pori kulit yang membesar cenderung lebih berminyak dan menyebabkan hasil riasan tidak bisa terlihat maksimal. Menggunakan bahan alami untuk perawatan tentunya lebih efektif dan aman untuk kulit.

Cara mengecilkan pori-pori wajah menggunakan bahan alami perlu memperhatikan kandungannya. Kandungan dalam bahan alami iniah yang bisa berdampak baik terhadap wajah.

Sebelum menggunakan masker alami ini, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter agar lebih aman dan penggunaannya tepat. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/3/2021) tentang cara mengecilkan pori-pori wajah.

2 dari 6 halaman

Lidah Buaya, Es Batu, dan Tomat

Es Batu
Perbesar
Es Batu : via : http://api2.ning.com/

Lidah Buaya

Cara mengecilkan pori-pori wajah yang pertama adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang sudah jadi bahan alami yang banyak digunakan untuk produk kecantikan. Mulai dari pelembap, hair mask, sampai face mask, lidah buaya kerap jadi andalan untuk berbagai fungsi, termasuk mengecilkan pori-pori.

Hal ini disebabkan karena sifat lidah buaya yang dapat melembapkan kulit. Mengoleskan lidah buaya atau aloe vera saat dingin dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Es Batu

Es batu bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami yang praktis. Caranya menggunakannya mudah saja, yaitu:

- Ambil es batu dari freezer,

- Bungkus sebongkah es batu dengan sapu tangan atau handuk wajah,

- Oleskan pada wajah,

- Lakukan selama 15 menit agar pori-pori wajah mengecil.

Tomat

Melansir Health Status, buah tomat bisa digunakan dengan berbagai cara untuk mengurangi kandungan minyak dan mengecilkan pori-pori. Tomat mengandung senyawa anti-oksidan yaitu lycopine yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk yang bisa menyebabkan pori-pori wajah mengecil.

Tomat juga bisa dimanfaatkan menjadi tabir surya alami untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. Kamu bisa mencelupkan bola kapas ke mangkuk jus tomat, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air sejuk.

3 dari 6 halaman

Lemon, Bengkuang, Mentimun

Manfaat lemon untuk wajah
Perbesar
Ilustrasi (sumber: Unsplash)

Lemon dan Tea Tree Oil 

Lemon dan tea tree oil juga bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mencegah kelebihan minyak di wajah. Sementara itu, lemon adalah senyawa pembersih yang bekerja dengan baik untuk mengecilkan pori-pori.

Cara menggunakannya mudah saja, kamu tinggal campurkan 1 sdt jus dan 5 tetes tea tree oil. Setelah tercampur merata, oleskan pada wajah menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Bengkuang

Buah bengkuang banyak sekali digunakan sebagai produk kecantikan untuk dijadikan pemutih. Tapi selain berguna sebagai pemutih wajah, bengkuang juga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Sebab buah bengkuang mengandung banyak vitamin B dan C yang menjaga agar sel kulit mati tidak menumpuk pada wajah yang akan mengakibatkan pori-pori wajah membesar. Cara menggunakannya mudah saja, pertama-tama parut buah bengkuang lalu peras dengan menambahkan air, lalu gunakan sarinya sebagai masker wajah alami. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan wajah kamu dengan air bersih.

Mentimun

Sama halnya dengan lidah buaya, mentimun juga merupakan bahan yang baik untuk menormalkan kembali tingkat pH pada kulit. Efek dingin dari mentimun juga dianggap efektif mengatasi permasalahan pori-pori besar. Kamu tinggal menjadikan masker mentimun sebagai perawatan yang digunakan secara teratur.

4 dari 6 halaman

Pepaya, Jeruk Nipis, dan Oatmeal

Masker oatmeal.
Perbesar
Masker oatmeal. (Via: www.agoodhue.net)

Masker Pepaya, Lemon, dan Madu 

Masker pepaya, lemon, dan madu juga merupakan campuran masker alami sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya bisa membantu pengelupasan sel kulit mati, sementara lemon bisa membantu mengangkat kotoran yang bersarang di pori-pori, dan madu memberi nutrisi serta menyeimbangkan pH kulit.

Cara membuatnya, siapkan ½ potong buah pepaya (yang telah dihaluskan), 1 sdt perasan lemon, dan 1 sdm madu. Campurkan ketiga bahan alami itu hingga merata. Jika sudah, oleskan campuran masker ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hingga bersih, lalu lakukan cara ini 2-3 kali seminggu.

Jeruk Nipis

Mengandung banyak anti-oksidan dan vitamin C, jeruk nipis berfungsi untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

Manfaatnya mengangkat sel kulit mati membuat jeruk nipis diyakini dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Caranya:

- Belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras airnya,

- Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah,

- Diamkan selama 15 menit,

- Bilas wajah Anda dengan air bersih.

Oatmeal

Oatmeal jadi salah satu bahan eksfoliasi yang baik untuk kulit. Bahan ini pun sudah populer khasiatnya dalam perawatan alami kulit. Jadi, kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai masker alami sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Kamu bisa mencampurkan 2 sdm oatmeal dengan yoghurt. Letakkan di lemari es selama beberapa jam. Kemudian, oleskan masker ini ke kulit selama 30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

5 dari 6 halaman

Alpukat, Air Rendaman Beras, dan Kulit Jeruk

Alpukat
Perbesar
Alpukat sangat bermanfaat untuk mencantikan wajah

Alpukat

Vitamin C adalah zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen yang menjaga agar kulit tetap kenyal. Dengan memanfatkan buah alpukat, akan mengatasi penyebab pori-pori membesar sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya.

Caranya belah buah alpukat dan keruk isinya, lalu haluskan daging buah alpukat, lalu gunakan sebagai masker wajah. Kemudian, diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah dengan air bersih.

Air Rendaman Beras

Saat mencuci beras dan hendak menanak nasi, jangan membuang airnya. Pada beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang dapat melindungi kulit dan mengecilkan pori-pori wajah. Caranya:

- Rendam beras dalam wadah,

- Biarkan air beras agar mengendap,

- Lalu gunakan endapan air beras sebagai masker wajah alami.

Kulit Jeruk

Ternyata kulit jeruk lebih banyak mengandung vitamin C bila dibandingkan dengan buahnya. Kulit jeruk dapat digunakan sebagai masker wajah yang bermanfaat sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Cara menggunakannya mudah saja, pertama-tama jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus dan campurkan air secukupnya hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada wajah (yang sebelumnya telah dibersihkan), kemudian diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

6 dari 6 halaman

Kentang, Lobak Putih, Gula Merah, dan Pisang

kentang untuk bahan perawatan wajah
Perbesar
kentang untuk bahan perawatan wajah

Kentang

Kentang mengandung mineral yang dapat menjadi antibiotik alami yang memperlambat penuaan pada wajah. Selain itu kentang dapat membantu regenerasi kulit serta menghilangkan kulit mati pada wajah sehingga pori-pori akan mengecil. Anti-oksidan yang alami juga berfungsi untuk menyamarkan atau menghilangkan noda atau flek pada wajah secara sempurna.

Caranya tumbuk halus kentang yang telah direbus, lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih.

Lobak Putih

Selain digunakan sebagai sebagai bahan dapur, ternyata lobak putih bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Kandungan pada lobak putih seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Lobak putih yang mengandung banyak air di dalamnya juga akan membuat kulit Anda menjadi lebih lembap dan sehat.

Gula Merah

Masker alami sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah selanjutnya adalah gula merah. Gula merah atau brown sugar bisa menjadi bahan rumahan untuk eksfoliasi sel kulit mati. Nantinya, masker gula merah diharapkan bisa mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori.

Pisang

Pisang mengandung banyak vitamin C, yang efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Caranya tinggal kupas 1 buah pisang, lalu tumbuk halus. Kemudian tambahkan 1 sdm madu, campur hingga merata. Lalu oleskan masker ini pada wajah dan diamkan beberapa saat. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih.

Lanjutkan Membaca ↓