Sukses

Viral 'Ustaz Gondrong' yang Bisa Gandakan Uang Diamankan Polisi, Ini 4 Faktanya

Setelah video pria gondrong dapat gandakan uang viral, kini ia ditahan bersama keluarga

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu media sosial dihebohkan dengan sebuah video pria mengenakan peci hitam berambut gondrong yang dapat menggandakan uang. Dalam video yang diunggah oleh akun Boger Panglima Srigala Tempur tersebut menjadi viral dan jadi perbincangan netizen.

Aksi penggandaan uang seperti yang dilakukan oleh pria yang dikenal sebagai 'ustaz gondrong' ini tidak hanya terjadi sekali dua kali. Banyak kasus oknum yang mengaku dapat menggandakan uang akhirnya mendekam dipejara karena ditangkap polisi dengan pasal penipuan.

Saat 'ustaz gondrong' ini pun telah ditangkap polisi. Penangkapan ini terjadi bukan karena sudah adanya korban, namun karena videonya saat menggandakan uang viral di media sosial.

Berikut ulasan ustaz gondrong bisa gandakan uang yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Senin (22/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Viral di media sosial, ustaz gondrong kini ditahan polisi

Viral sebuah video yang memperlihatkan aksi pria gondrong saat menggandakan uang pecarah Rp 100 ribu dalam media sosial Facebook. Aksinya tersebut dilakukan di rumah dan disaksikan banyak orang.

Karena video aksi penggandaan uang ini viral, Polsek Babelan, Bekasi telah mengamankan pria berinisial H.

Mengutip dari Merdeka.com, Kapolsek Babelan Kompol Gulam mengatakan, pelaku yang ditangkap tersebut berjumlah lima orang dan sudah dilakukan pemeriksaan serta penahanan.

"Iya sudah ditangkap, hari ini penahanan. Berlima sekeluarga," kata Gulam saat dihubungi merdeka.com, Senin (22/3/2021).

3 dari 5 halaman

2. Polisi mengembangkan kasus dan mencari korban

Penangkapan yang dilakukan polisi bukan karena laporan dari korban. Melainkan dari viralnya video tersebut, sampai saat ini belum diketahui adanya pelaku dan masih dilakukan pencarian.

"Ditahan, sementara mencari korban ini kan belum ada korban yang melapor. Kita sementara ada waktu sebentar lagi deh, untuk mencari calon korban yang mau melapor," ungkap Kompol Gulam.

4 dari 5 halaman

3. Mengaku baru beberapa kali melakukan aksi penggandaan uang

Usai penangkapan pria berinisial H yang disebut sebagai Ustaz Gondrong, ia mengaku baru beberapa kali melakukan aksinya. Namun polisi pun masih menyelidikinya mengenai kemampuannya tersebut.

"Keterangan dia baru beberapa kali, tapi kan enggak bisa dipercaya ya," ungkap Kompol Gulam.

Aksi penggandaan uang di Indonesia sendiri bukan baru pertama kali. Banyak kasus terjadi dan hal ini merupakan aksi penipuan.

5 dari 5 halaman

4. Polisi belum merilis pasal yang akan menjerat 'Ustaz Gondrong'

Ditangkap bersama kelima keluarganya, pria berinisial H saat ini tengah diamankan dan dimintai keterangan. Untuk saat ini polisi pun belum merilis dan menjelaskan secara rinci pasal apa yang akan menjerat oknum tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini