Sukses

Anti Tekor! Ini Tips Tetap Happy Belanja di Akhir Bulan

Agar aktivitas belanja bisa dilakukan kapan saja, termasuk di akhir bulan, kuncinya adalah pada pengelolaan keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Belanja di akhir bulan kerap dihindari banyak orang, alasan utamanya tentu saja karena belum waktunya gajian dan uang sudah semakin menipis. Padahal kebutuhan pokok, dapur, make up dan lainnya bisa saja habis di akhir bulan dan perlu segera berbelanja.

Agar aktivitas belanja bisa dilakukan kapan saja, termasuk di akhir bulan, kuncinya adalah pada pengelolaan keuangan. Karena salah dalam mengelola keuangan dapat membuat kamu cepat kehabisan uang, bahkan sebelum akhir bulan datang sudah tekor dan berhutang.

Agar itu tidak terjadi, simak beberapa tips tetap happy belanja di akhir bulan;

1. Bikin daftar belanja dan budget

Setiap kali mendapatkan gaji atau pemasukan lainnya, segera buat daftar belanja dan budget selama sebulan. Prioritaskan tagihan bulanan listrik, PDAM, internet, pulsa, dan kebutuhan pokok lainnya mulai dari stok makanan, perlengkapan mandi dan rumah tangga lainnya.

2. Mengatur intensitas belanja

Agar tetap berada dalam jalur aman meski sudah sampai akhir bulan adalah menerapkan peraturan intensitas belanja per satu minggu sekali. Seperti membagi belanja per minggu, misalnya Rp 300 atau 500 per minggu dan usahakan tidak mengeluarkan uang lebih dari yang ditetapkan.

3. Siapkan dana darurat

Selain memisahkan anggaran untuk kebutuhan dan keinginan, kamu juga perlu menyisihkan untuk dana darurat. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir atau bahkan repot-repot harus mencari pinjaman, karena sudah memiliki dana darurat untuk memenuhi kebutuhan yang darurat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Belanja online 

Belanja online bisa jadi alternatif terbaik untuk berbelanja cerdas dengan mudah dan lebih murah. E-commerce menawarkan produk bervariatif dengan harga menarik dibandingkan toko konvensional. Kamu juga bisa menghemat biaya transportasi, parkir dan konsumsi lainnya.

 

Selain itu, e-commerce juga kerap menghadirkan promo belanja akhir bulan. Seperti Tokopedia melalui program Waktu Indonesia Belanja yang menyediakan pesta promo, diskon gede-gedean, cashback spesial dan ongkos kirim sepuasnya di semua kategori. Dengan sederet promo itu, kamu jadi bisa membeli kebutuhan di akhir bulan.

Jangan lewatkan cashback 10x hingga Rp 50juta.

5. Waktu Indonesia Belanja TV Show

Tokopedia memang bisa menjadi destinasi belanja yang menyenangkan, bahkan di akhir bulan sekalipun. Selain berbagai promo menarik belanja, program bulanan Tokopedia TV Show juga memberikan hiburan musik berkualitas dengan mengusung tema Pesta Nostalgia Bintang Indonesia dengan menghadirkan bintang tamu yang spektakuler.

Selain nonton keseruan WIB TV Show, kamu juga bisa dapatkan promo seru diskon gede-gedean. Belanja aneka kebutuhan mulai dari produk elektronik, gadget, kecantikan, kebutuhan ibu dan anak, makanan & minuman dan lain sebagainya bisa, lho! 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.