Awas, Jangan Sepelekan Kutu Pada Kucing

Oleh Reza pada 19 Mar 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 19 Mar 2021, 06:00 WIB
Bukan Gatal-Gatal, Ini Alasan Lain Kucing Doyan Berguling di Jalanan 
Perbesar
Tingkath laku kucing. (Credit: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Kucing memiliki bulu yang lembut dan halus jika dirawat dengan baik. Namun, acapkali terdapat kutu pada bulu tersebut. Hal itu wajar, pasalnya bisa saja kucing kesayanganmu berada di ruangan yang lembab atau dipengaruhi oleh cuaca.

Namun, hal itu kerap dianggap sepele oleh sebagian orang padahal jika terus dibiarkan kutu pada kucing bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kucing lho. Dilansir liputan6, berikut penjelasannya.

Mempengaruhi kesehatan kucing

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika kutu dibiarkan hidup di dalam bulu kucing, akan mempengaruhi kesehatan kucing dikemudian hari. Pada kutu kucing terdapat jenisnya, seperti kutu caplak. Kutu ini mampu menempel pada kulit kucing dan mampu menghisap darah sehingga kulit kucing bisa iritasi disertai timbul bintik kemerahan.

Selain itu ada pula kutu pinjal. Kutu jenis ini sangat bahaya jika terus dibiarkan, soalnya kutu ini mampu membawa cacing pita pada tubuh si kucing dan bisa menularkan kepada seseorang.

Pakai sisir khusus kutu

Untuk pertolongan pertama, kamu bisa menggunakan sisir khusus kutu. Kamu cukup menyisir bulu kucing secara rutin untuk menghilangkan kutu pada bulu kucing. Dengan sisir ini, kutu bakal terbawa melalui jari-jari pada sisir. Jangan terlalu dipaksa jika terdapat bulu yang kusut, nanti bulu kucing bisa rontok.

Pakai sampo anti kutu

Setelah itu, rawat kucing dengan menggunakan sampo anti kutu. Sampo ini dapat membantu membunuh kutu pada bulu kucing. Selain itu, sampo ini juga bisa merawat bulu agar lembut dan halus.

Selalu bersihkan kandang

Kandang kucing yang tidak dirawat bisa menjadi penyebab kucing kutuan. Maka dari itu, setidaknya bersihkan kandang 2-3 hari sekali. Selain itu, bersihkan juga tempat makan dan box pasir untuk kotoran kucing.

Beri makanan bergizi

Untuk menaga kesehatan kucing, kamu perlu memberikan makanan yang bergizi dan kaya nutrisi. Coba beri Muezza.

Muezza merupakan brand makanan kering. Sebagai makanan dry food Muezza sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi.

Bicara halal, Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Jadi aman banget pastinya dikonsumsi untuk si kucing kesayangan.

Ada beberapa pilihan rasa yang lezat dan penuh nutrisi dari Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor.

Agar lebih praktis, kamu bisa mendapatkan Muezza dengan paket bundling sekaligus. Tentu dengan varian rasa dan harga yang terjangkau. Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan paket bundling dengan 2 varian sampai 3 varian rasa dari Muezza.

Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

 

(*)

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia