Sukses

Film Minari Sabet Enam Nominasi Oscar 2021, Ini 7 Faktanya

Ikuti jejak kesuksesan Parasite, kini giliran Minari yang menorehkan penghargaan internasional.

Liputan6.com, Jakarta Mengikuti jejak kesuksesan Parasite, kini giliran Minari yang menorehkan penghargaan internasional. Pada Senin (15/3/2021), perhelatan Academy Awards ke-93 alias Piala Oscar 2021 telah mengumumkan nominasinya. Dalam berbagai kategori yang dibacakan melalui jalur virtual, film Minari berhasil masuk ke enam nominasi.

Enam nominasi tersebut di antaranya Best Picture, Best Supporting Actress untuk aktris veteran Youn Yuh Jung, Best Actor untuk Steven Yeun, Best Directing untuk Lee Isaac Chung, Best Original Screenplay, hingga Best Score. Sementara itu, penghargaan Oscar 2021 akan diselenggarakan pada 26 April 2021 mendatang waktu setempat.

Perlu diketahui, meski berbahasa Korea, Minari adalah film produksi Amerika Serikat. Dan setelah film ini ditayangkan, Minari kebanjiran penghargaan. Berikut fakta menarik dari Minari yang membuatnya sukses seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Berdasarkan Kisah Nyata

'Minari' merupakan film Amerika tahun 2020 yang ditulis dan disutradarai oleh Lee Isaac Chung. Film ini diangkat dari kisah nyata kehidupan sutradaranya.

Minari merupakan semi-otobiografi yang mengisahkan sebuah keluarga imigran Korea Selatan yang pindah ke pedesaan Amerika di tahun 1980-an.

3 dari 8 halaman

2. Sutradara Minari Berasal dari Amerika

Film ini disutradarai oleh sutradara Amerika, Lee Isaac Chung. Yang juga masuk dalam nominasi Piala Oscar 2021 kategori Best Directing.

4 dari 8 halaman

3. Dibintangi oleh Aktor dan Aktris Negeri Ginseng

Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris asal Korea Selatan yaitu Steven Yeun, Han Ye Ri, Alan Kim, Noel Kate Cho, Youn Yuh Jung, dan Will Patton. Sementara itu, aktor Steven Yeun juga masuk nominasi Best Actor tahun ini.

Menariknya lagi, aktris Youn Yuh Jung yang merupakan aktris veteran masuk sebagai salah satu nominasi Best Supporting Actress di Oscar tahun ini. Ini menjadi prestasi tersendiri karena Youn Yuh Jung menjadi aktris Korea pertama yang masuk dalam nominasi tersebut.

Sebelumnya, aktris senior Youn Yuh Jung telah dianugerahi Penghargaan Aktris Pendukung Terbaik di St. Louis Critics Association pada 17 Januari lalu dan sejauh ini ia telah meraih 12 piala.

5 dari 8 halaman

4. Menyabet 6 Nominasi Oscar 2021

Film Minari dan tim masuk dalam nominasi bergengsi Piala Oscar 2021. Nominasi tersebut antara lain, Best Picture, Best Supporting Actress, Best Actor, Best Directing, Best Original Screenplay, dan Best Score.

6 dari 8 halaman

5. Kisah Perjuangan Hidup

Minari mengisahkan tentang perjalanan yang sangat istimewa dari sebuah keluarga Korea yang pergi ke wilayah Amerika yang tidak dikenal untuk mencari harapan. Film ini menceritakan perjuangan mereka untuk bertahan hidup sebagai kaum minoritas di Amerika Serikat.

7 dari 8 halaman

6. Banjir berbagai Penghargaan

Film Minari telah meraih banyak penghargaan, termasuk Sundance Film Festival, LA, Boston, Florida, North Carolina, Chicago Critics Association Awards, dan festival film terkenal dunia lainnya serta masuk 74 nominasi dan mendapat rating 100 persen versi Rotten Tomatoes.

Film ini juga dinobatkan sebagai salah satu dari 10 film terbaik tahun 2020 oleh American Film Institute dan National Board of Review. Selain itu, Minari juga menyabet penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik di Golden Globe Award.

8 dari 8 halaman

7. Kuasai Box Office Korea Selatan

Film Minari berhasil menguasai box office Korea Selatan pada hari pertama perilisannya. Kamis (4/3/2021), sebagai hasil dari pengumpulan jaringan komputer terintegrasi oleh Komite Promosi Film, Minari yang dirilis pada Rabu (3/3/2021) di Korea Selatan berhasil memobilisasi 40.731 penonton.

Minari yang diproduksi oleh perusahaan milik Brad Pitt, telah mendapat perhatian hangat dari industri film domestik dan internasional, menggambarkan kisah hangat dan spesial dari sebuah keluarga Korea yang memilih untuk berimigrasi ke wilayah Amerika yang tidak dikenal untuk mencari harapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini