Sukses

30 Tempat Wisata di Malang Paling Populer, dari Alam sampai Sejarah

Wisata Malang termasuk destinasi favorit di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Malang termasuk destinasi favorit di Jawa Timur. Malang yang terdiri dari wilayah kota dan kabupaten menawarkan beragam destinasi untuk liburan. Tempat wisata di Malang menjadi salah satu potensi besar bagi daerah ini.

Tempat wisata di Malang juga cukup beragam. Di sini kamu bisa menemukan wisata alam, kota, sejarah, dan belanja. Tempat wisata di Malang ini juga cukup terjangkau baik dari segi transportasi maupun akomodasi lainnya.

Tempat wisata di Malang bisa jadi pilihan bagi kamu yang mau staycation atau sekadar melepas penat. Kamu juga bisa menemukan berbagai paket wisata yang menawarkan kunjungan ke tempat wisata di Malang.

Berikut 30 tempat wisata di Malang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(16/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Tempat wisata di Malang: kampung wisata

Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan termasuk tempat wisata di Malang yang sangat populer. Kampung ini bahkan sampai dijuluki Rio De Janeiro-nya Malang. Kampung Jodipan merupakan kawasan perkampungan padat di pinggir Sungai Brantas. Tembok perkampungan ini dicat dengan warna-warni cerah yang menjadi daya tarik wisatawan.

Kampung Putih

Selain kampung warna-warni, di Malang juga ada kampung serba putih. ampung Putih berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Klojen, Kota Malang. Kampung yang buka mulai pukul 6 pagi hingga 11 pagi ini terdiri dari rumah-rumah bercat tembok putih dan atap hitam.

Kampung Sanan

Kampung Sanan merupakan pusat produksi olahan tempe di Malang. Sentra Industri Tempe di kampung Sanan, Malang Jawa Timur ini menjadi sebagai salah satu pusat oleh –oleh khas Malang. Kawasan ini memproduksi tempe yang juga nantinya diolah menjadi olahan seperti keripik.

Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Kampung Dinoyo terkenal dengan industri keramiknya. Di Sentra Keramik Dinoyo kamu bisa menemukan berbagai kerajinan keramik dengan ragam bentuk. Di sepanjang jalan di kampung ini, terdapat deretan toko yang menjajakan berbagai jenis keramik lucu.

3 dari 9 halaman

Tempat wisata di Malang: pegunungan

Bromo

Gunung Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Malang adalah salah satu jalur favorit untuk mengunjungi Bromo. Perjalanan ke Bromo dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Banyak yang menawarkan paket wisata ke Bromo melalui Rute Malang. Paket yang ditawarkan pun beragam seperti paket sunrise, paket camping, dan masih banyak lagi.

Kebun Teh Wonosari

Tempat wisata di Malang dengan nuansa pegunungan selanjutnya adalah Kebun Teh Wonosari. Perkebunan ini berada di dua wilayah yaitu di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Produksi khas dari perkebunan teh ini adalah teh putih yang merupakan teh berbahan pilihan, sebab diambil dari pucuk daun teh (pucuk peko) yang belum mekar.

Petik apel

Malang terkenal dengan produksi apel lokalnya yang biasa disebut dengan apel malang. Perkebunan apel dapat ditemui di kota Batu. Disini terdapat wisata petik apel yang dikelola oleh warga sekitar yang dapat dinikmati wisatawan. Wisata petik apel bisa ditemukan di daerah Batu. Di sini wisatawan akan disuguhi oleh hamparan perkebunan apel yang segar. Selain itu wisatawan juga dapat memetik dan mencicipi sendiri apel dari pohonnya.

4 dari 9 halaman

Tempat wisata di Malang: air terjun

Coban Pelangi

Coban Pelangi merupakan tempat wisata di Malang yang berlokasi di kaki gunung Semeru tepatnya di Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang. Dinamakan pelangi karena di lokasi air terjun ini sering terdapat pelangi. Pelangi hanya akan muncul ketika sinar matahari menyinari air terjun ini. Coban Pelangi dikelilingi oleh pepohonan menjulang khas hutan hujan tropis. Total tinggi air terjun Coban Pelangi sekitar 110 meter dan ketika pagi hari suhu di sini mencapai 13- 19 derajat Celsius.

Coban Ciblungan

Coban Ciblungan berlokasi di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Malang. Air terjun di sini terdiri dari beberapa air terjun pendek. Air terjun utama Ciblungan berasal dari sungai yang tepat berada di atasnya. Sedangkan air terjun lain yang lebih rendah, muncul dari sumber air sekitar lokasi.

Coban Rondo

Coban Rondo berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Malang. Coban Rondo termasuk tempat wisata di Malang yang sangat populer. Fasilitas di Coban Rondo juga cukup lengkap. Di sini kamu bisa menemukan area perkemahan, dan beberapa wahana permainan seperti outbond, flyingfox, dan arena labirin.

Coban Sewu

Coban Sewu atau yang juga dikenal dengan Coban Tumpak Sewu merupakan air terjun yang berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru. Selain Air Terjun Tumpak Sewu, di sekitar lokasi ada juga wisata permainan arum jeram.

5 dari 9 halaman

Tempat wisata di Malang: pantai

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan tempat wisata di Malang yang sangat populer. Pantai ini berada di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.

Pantai Ngliyep

Tempat wisata di Malang yang tak kalah terkenal lainnya adalah Pantai Ngliyep. Di Pantai Ngliyep juga terdapat pulau kecil bernama Gunung Kambang. Pulau ini bisa dicapai dengan jembatan yang sudah disediakan. Gunung Kambang juga bisa menjadi spot yang menarik untuk melihat matahari terbenam.

Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna merupakan pantai istimewa di Malang. Pantai ini berada di tengah kawasan cagar alam. Untuk masuk ke dalamnya, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Pantai ini punya keindahan sesuai dengan namanya, yaitu memiliki tiga lapis warna pada airnya. Perairan di pantai ini terlihat memiliki warna biru, hijau, dan putih.

Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok termasuk pantai yang cukup unik di Malang. Pantai ini merupakan pertemuan air tawar dan asin, berupa air terjun yang langsung menuju pantai. Terdapat juga gua yang tak terlalu dalam dan bisa ditelusuri. Untuk sampai ke pantai ini cukup membutuhkan perjuangan, yakni perjalanan off road selama kurang lebih 30 menit melewati perkebunan kopi.

Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter menjadi salah satu habitat penyu abu-abu. Jika kamu berkesempatan, kamu bisa menemukan penyu abu-abu di sana. Di pantai ini terdapat bebatuan karang yang indah. Inilah yang membuat pantai ini dinamai Pantai Watu Leter.

6 dari 9 halaman

Tempat wisata di Malang: belanja

Pasar Besar

Pasar Besar menjadi pusat grosir kebutuhan primer di Kota Malang. Dulunya pasar besar disebut pasar pecinan karena lokasinya berada dekat dengan kawasan pecinan. Pasar ini ditata dalam kombinasi antara pasar tradisional dan modern.

Di lanai 1 dan dua pasar diisi sebagai pasar tradisional yang menjual sayur mayur, buah, dan kebutuhan pokok. Terdapat pula penjual baju, tas, elektronik, dan perabot rumah. Di lantai 3 dan 4 terdapat departement store, tempat bermain anak, dan tempat makan.

Pasar Bunulrejo

Pasar Bunulrejo berada di Jl. Hamid Rusdi, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang. Pasar ini dikembangkan dengan konsep pasar wisata. Pasar ini baru saja direnovasi dan direvitalisasi. Beragam barang dapat ditemukan di pasar ini seperti sembako, sayur, buah, dan pastinya oleh-oleh khas Malang. Terdapat pula pernak pernik souvenir khas Malang yang bisa ditemui di Pasar ini.

Pasar Oro-Oro Dowo

Pasar Oro-Oro Dowo atau Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo merupakan salah satu pasar tertua yang ada di Kota Malang. Pasar ini dibangun pada zaman kolonial Belanda tahun 1932. Pasar Oro-Oro Dowo juga mempertahankan bangunan tua peninggalan Belanda yang menghadap ke utara. Pasar ini menawarkan sembako, sayuran, buah, perabotan rumah tangga, oleh-oleh, dan beragam produk dengan harga terjangkau.

7 dari 9 halaman

Tempat wisata di Malang: candi

Candi Singosari

Tempat wisata di Malang yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Candi Singosari. Candi ini berlokasi di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Beberapa candi di Jawa Timur, terutama yang terletak di sekitar kota Malang, mempunyai kaitan sejarah yang erat dengan Kerajaan Singosari.

Candi Jago

Candi Jago terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Saat ini Candi Jago masih berupa reruntuhan yang belum dipugar. Keseluruhan bangunan candi berbentuk segi empat dengan luas 23 x 14 m. Candi Jago dipenuhi dengan panel-panel relief yang terpahat rapi mulai dari kaki sampai ke dinding ruangan teratas.

Candi Kidal

Candi Kidal berada di lembah Gunung Bromo dengan ketinggian 52 Meter di atas permukaan laut. Candi ini tepatnya berada di desa Rejokidal, kecamatan Tumpang, sekitar 20 km sebelah timur kota Malang. Candi Kidal merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Singosari. Candi ini dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar Anusapati, Raja kedua dari Singosari.

Candi Jawar

Tempat wisata di Malang ini juga dikenal sebagai Candi Samudro. Candi Jawar terletak di Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading. lokasi candi tersebut memang istimewa, karena, dikelilingi pemandangan pepohonan khas kawasan pegunungan. Candi ini ditemukan sekitar tahun 1982-1983 dengan kondisi terpendam di dalam tanah. Kini candi Jawar digunakan oleh sekitar 74 keluarga Hindu di Kecamatan Ampel Gading sebagai pura untuk beribadah.

8 dari 9 halaman

Tempat wisata di Malang: museum

Museum Brawijaya

Museum Brawijaya berisi benda peninggalan perjuangan kemerdekaan di Malang. Salah satu koleksi paling ikonis adalah 'Gerbong Maut' di halaman belakang museum. Gerbong Maut ini konon memiliki cerita mistis tersendiri karena dulunya merupakan gerbong yang digunakan militer Belanda mengangkut 100 tahanan pejuang republik dari penjara Bondowoso menuju penjara Bubutan, Surabaya.

Museum Singhasari

Museum Singhasari menampilkan diorama dan replika arca–arca yang menceritakan berdirinya kerajaan Singhasari. Ada juga peninggalan asli berupa patung berbahan kuningan seperti patung Dewi Sri dan Bathara Guru yang dipinjamkan pemilik aslinya ke museum.

Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa merupakan tempat wisata di Malang yang menyajikan koleksi-koleksi bersejarah kerajaan yang ada di Malang. Museum ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Koleksi yang ada di museum ini berupa peninggalan masa pra sejarah hingga masa sejarah Hindu-Buddha.

Museum Panji

Museum Panji berlokasi di Desa Slamet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Tempat wisata di Malang ini mengusung konsep sebagai wisata edukasi, budaya, dan rekreasi. Di sini terdapat koleksi askah sastra, topeng-topeng, hingga berbagai jenis wayang. Ada juga diorama Perang Ganter di kerajaan Kediri pada 1222 M silam.

9 dari 9 halaman

Tempat wisata di Malang: rekreasi

Jatim Park

Jatim Park merupakan destinasi wisata yang selalu ada pada paket wisata Malang. Jatim Park terdiri dari Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim park 3. Jatim Park 1 adalah taman hiburan yang punya daya tarik berupa kolam renang ukuran raksasa, yang berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur.

Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang yakni Secret Zoo, serta Museum Satwa yang memajang koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar bagi anak maupun dewasa. Sementara Jatim Park 3 mengandalkan taman Dino atau Dino Park sebagai wisata unggulan.

Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo merupakan tempat wisata di Malang andalan arek Malang. Di sini kamu akan disuguhkan nuansa alam yang rindang dan masih asri. Taman ini bisa menjadi destinasi rekreasi gratis bersama keluarga. Taman Trunojoyo memiliki pepohonan rindang dan sejuk. Taman ini juga menyuguhkan fasilitas bermain untuk anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan.

Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang merupakan tempat wisata di Malang yang juga tak boleh terlewat. Tempat ini merupakan lokasi rekreasi warga Malang yang sangat populer. Di sini terdapat air mancur, taman bermain, ruang terbuka hijau, dan aneka kuliner.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini