Sukses

8 Tujuan Promosi dalam Pemasaran, Pengertian, Bentuk, dan Strateginya

Tujuan promosi sangat terkait dengan strategi pemasaran.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan promosi sangat terkait dengan strategi pemasaran. Promosi adalah istilah yang sering digunakan dalam pemasaran dan merupakan salah satu elemen bauran pemasaran. Tujuan promosi mengacu pada peningkatan kesadaran pelanggan terhadap suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan dan menciptakan loyalitas merek.

Ide dari tujuan promosi adalah untuk membuat orang sadar, menarik dan membujuk untuk membeli produk. Tujuan promosi melibatkan seluruh rangkaian aktivitas yang mengkomunikasikan tentang produk, merek, atau layanan kepada calon konsumen.

Tujuan promosi diwujudkan dengan sarana dan bentuk-bentuk promosi. Tujuan promosi memasukkan taktik komunikasi untuk mendidik konsumen, meningkatkan permintaan, dan membedakan merek.

Berikut tujuan promosi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (15/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian promosi

Kata promosi, berasal dari kata Latin 'Promovere.' Artinya adalah "bergerak maju" atau mendorong maju atau memajukan suatu gagasan.

Promosi adalah proses komunikasi pemasaran yang melibatkan informasi, persuasi, dan pengaruh. Promosi mengacu pada seluruh rangkaian aktivitas yang mengkomunikasikan produk, merek, atau layanan. Promosi juga membantu meningkatkan citra publik suatu perusahaan.

Promosi adalah komunikasi persuasif untuk menginformasikan pelanggan potensial tentang keberadaan produk, untuk meyakinkan mereka bahwa produk tersebut memiliki kemampuan yang memuaskan.

Promosi adalah salah satu dari bauran pasar atau marketing mix. Marketing mix terdiri dari 7P: price, product, promotion, and place.

3 dari 8 halaman

Tujuan promosi

Tujuan utama promosi adalah menangkap pasar dan meningkatkan volume penjualan. Tujuan promosi adalah untuk meningkatkan kesadaran, menciptakan minat, menghasilkan penjualan, atau menciptakan loyalitas merek.

Menginformasikan

Tujuan promosi adalah menginformasikan pasar mengenai keberadaan suatu produk baru. Tujuan promosi ini juga meliputi informasi cara pemakaian yang baru dari suatu produk, perubahan harga, jasa yang disediakan, meluruskan kesan yang keliru, dan mengurangi ketakutan atau kekhawatiran konsumen. Tujuan ini juga dapat membangun citra sebuah produk atau perusahaan.

Membujuk

Tujuan promosi yang kedua adalah membujuk. Promosi membantu pembentukan pilihan merek, mengalihkan pilihan ke merk tertentu, mengubah persepsi, dan mendorong calon konsumen untuk membeli produk tersebut.

4 dari 8 halaman

Tujuan promosi

Mengingatkan

Tujuan promosi selanjutnya adalah mengingatkan calon konsumen bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat. Promosi sebagai pengingat, mengingatkan calon konsumen akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan. Promosi juga membantu konsumen untuk tetap mengingat produk tersebut. Promosi menjaga agar ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan tersebut.

Membedakan sebuah produk

Tujuan dari promosi ini adalah mendiferensiasikan produk atau tujuan jasa perusahaan dengan produk atau jasa pesaing. Dengan promosi, perusahaan akan melatih konsumen untuk bisa membedakan sebuah produk. Pemasar berupaya meraih tempat didalam benak konsumen. Ini dilakukan dengan mengkomunikasikan perbedaan-perbedaan signifikan mengenai atribut, harga, kualitas, atau manfaat dari produk atau jasa konsumen.

5 dari 8 halaman

Tujuan promosi

Menaikan penjualan

Tujuan promosi yang paling utama adalah menaikkan penjualan. Beberapa strategi berkonsentrasi pada merangsang permintaan primer walaupun sebagian menstabilkan penjualan.

Menstabilkan penjualan

Stabilitasi penjualan adalah tujuan lain dari promosi, perusahaan biasanya mempromosikan konten penjualan selama periode penurunan penjualan, dan memotivasi tenaga penjualan dengan menawarkan hadiah- hadiah seperti liburan, televis, dan beasiswa kepada mereka yang meraih target tertentu.

Menonjolkan nilai produk

Sejumlah promosi diajukan untuk menonjolkan nilai produk dengan menjelaskan manfaat-manfaat kepemilikan dari produk yang kurang dikenal pembeli.

 

6 dari 8 halaman

Tujuan promosi jangka panjang

Menurut David Aaker, dalam Manajemen Ekuitas Merk, tujuan promosi dapat bersifat jangka panjang. Ini karena promosi dapat membuat konsumen menjadi setia dan loyal terhadap suatu produk atau jasa.

Promosi diharapkan mampu menguatkan asosiasi dan kesadaran merek. Tujuan promosi yang tak kalah penting adalah loyalitas merek. Promosi juga bertujuan memberi kesan kualitas yang diinginkan.

7 dari 8 halaman

Sarana promosi

Periklanan (Advertising)

Periklanan merupakan bentuk presentasi dan promosi tentang ide barang dan jasa. Tujuan utama periklanan adalah meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan.

Penjualan perorangan (personal selling)

Personal Selling, merupakan usaha untuk memperkenalkan suatu produk melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Promosi penjualan (sales promotion)

Promosi penjualan merupakan kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong efektivitas pembelian konsumen dengan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya, juga potongan harga seperti diskon pembelian produk.

Hubungan masyarakat (public relation)

Hubungan masyarakat merupakan kegiatan membangun hubungan baik dengan publik terkait untuk memperolehdukungan, membangun “citra perusahaan” yang baik dan menangani atau menyingkirkan gossip, cerita dan peristiwa yang dapat merugikan.

Pemasaran langsung (direct marketing)

Direct marketing adalah pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons langsung. Dengan demikian maka promosi merupakan kegiatan perusahaan yang dilakukan dalam rangka memperkenalkan produk kepada konsumen sehingga dengan kegiatan tersebut konsumen tertarik untuk melakukan pembelian.

8 dari 8 halaman

Strategi promosi

Strategi defensif

Strategi defensif atau strategi bertahan merupakan strategi promosi yang sifatnya hanya sekedar agar konsumen tidak lupa akan merek suatu produk atau berpaling ke merek lain.

Strategi serangan

Strategi serangan atau ekspansi merupakan strategi yang dilakukan guna memperoleh atau merebut pangsa pasar yang lebih besar lagi.

Strategi perkembangan

Strategi perkembangan umumnya digunakan oleh produk yangtelah memiliki pangsa pasar yang lebih relatif tinggi namun dengan tingkat pertumbuhan yang sangat lambat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini