Sukses

25 Tempat Wisata Bandung Paling Keren, dari Alam hingga Perkotaan

Tempat wisata Bandung selalu dipenuhi wisatawan, terutama saat musim liburan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Bandung mungkin sudah terkenal di telinga orang Indonesia. Dengan berbagai destinasi syarat akan makna dan keindahan, Bandung menjadi favorit wisatawan lokal dan asing saat liburan.

Bandung bahkan dijuluki Paris Van Java karena keindahannya. Kamu bisa menikmati berbagai destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata edukasi untuk anak-anak, hingga wisata keluarga di Bandung.

Tempat wisata Bandung selalu dipenuhi wisatawan, terutama saat musim liburan. Suasana yang sejuk membuat kamu makin betah berjalan-jalan di Kota Kembang ini. Kamu bisa mengunjungi daerah wisata Kota, daerah Lembang, hingga Ciwidey.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/3/2021) tentang tempat wisata Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung di Daerah Lembang

Tangkuban Perahu

Wahana wisata gunung dan kawah paling terkenal di Bandung ini sering menjadi tujuan wisatawan saat libur hari biasa, termasuk Lebaran. Lokasinya hanya sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bandung menuju ke arah utara.

Selain itu, harga tiket masuk ke Tangkuban Perahu cukup terjangkau. Rp 22 ribu (hari biasa) dan Rp 31 ribu (hari libur atau weekend) per orangnya. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang tersaji bersama keluarga atau kerabat saat mengisi liburan nanti.

Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya Djuanda merupakan kawasan konservasi yang ada di Bandung. Tahura Djuanda terletak di sebelah utara Kota Bandung berjarak kurang lebih 7 km dari pusat kota. Di tempat wisata Bandung ini terdapat vegetasi tanaman pinus, kaliandra, dan bambu.

Tebing Keraton

Tebing Keraton berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Tebing Keraton merupakan kawasan tebing terjal dengan pemandangan super indah. Keindahan Tebing Keraton juga dipercantik dengan latar belakang gunung Tangkuban Perahu yang menyejukkan. Waktu yang paling tepat mengunjungi Tebing Keraton adalah saat menjelang matahari terbit.

Curug Maribaya

Curug Maribaya berlokasi di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug Maribaya dialiri oleh dua sungai yaitu sungai cigulung dan cikawari. Di kawasan ini pengunjung dapat menyaksikan 3 air terjun sekaligus yaitu curug cikawari, curug cigulung, dan curug cikoleang.

The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya dikenal sebagai tempat wisata Bandung kekinian di kawasan Maribaya, Lembang. Tempat wisata Bandung di daerah Lembang ini merupakan tempat wisata outdoor yang menawarkan berbagai fasilitas menarik. Di sini pengunjung bisa berkemah, bersepeda mengelilingi hutan pinus, atau berfoto di wahana yang instagramable.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung di Daerah Ciwidey

Kawah Putih

Kamu juga bisa mencoba melancong ke arah Bandung Selatan. Di sana ada Taman Wisata Alam Kawah Putih yang berada di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jika mengunjungi tempat ini, kamu dapat menikmati udara sejuk di tengah hutan. Kawahnya tampak berwarna putih kebiruan dengan pasir putih terhampar cocok bagi yang suka mengabadikan gambar dengan kamera. Selain itu di sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa dijelajahi pengunjung.

Situ Patenggang

Tidak jauh dari Kawah Putih, terdapat wisata Situ Patenggang yang juga tidak kalah menarik. Suasana pegunungan dan perkebunan teh, menjadi daya tarik Situ Patenggang. Nama Situ Patenggang berasal dari kata pateang-teang yang berarti saling mencari. Legenda Situ Patenggang memang tidak lepas dari sebuah cerita percintaan.

Situ Patenggang terletak kurang lebih 5 km dari wisata Kawah Putih. Selain hamparan pegunungan dan kebun teh, Situ Patenggang juga terkenal akan danaunya. Untuk menuju ke Situ Patenggang, kamu bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Tiket masuk menuju wisata ini juga cukup terjangkau.

Ranca Upas

Masih di Ciwidey, wisata Bandung selanjutnya adalah Ranca Upas. Selain bisa melakukan aktivitas camping, di sini kamu juga bisa bermain dengan ruas. Nuansa alam terbuka dan pemandian air panas yang luar biasa menjadi nilai utama tempat ini.

Bersantai di pemandian air panas Ciwalini bisa menjadi opsi lain yang bisa kamu ambil. Lokasinya juga tidak jauh dari Ranca Upas, jadi bisa sekali jalan.

Perkebunan Teh Rancabali

Kamu bisa ke Perkebunan Teh Rancabali untuk sekadar menghirup udara segar khas pegunungan dan merasakan ketenangan yang menyenangkan. Seperti tempat-tempat wisata lainnya di Ciwidey, di tempat wisata Bandung ini kamu juga akan menemukan berbagai spot instagramble.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung Kota

Alun-alun Bandung

Jika berwisata ke kota Bandung tak lengkap jika tak singgah ke alun-alun Bandung. Tempat ini telah menjadi objek wisata yang populer di Bandung. Kamu dapat menikmati sore di alun-alun Bandung ditemani dengan kuliner yang dapat kamu beli di sekitar tempat ini. Saat ini Alun-alun Bandung telah mengalami renovasi yang membuat tempat wisata Bandung ini ramah akan pengunjung.

Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika ini merupakan letak dari titik nol kilometer kota Bandung. Jalan ini dinamakan jalan Asia Afrika karena dulunya disini adalah tempat pertama kali berlangsungnya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, tepatnya di Gedung Merdeka.

Di jalan Asia Afrika ini, kamu bisa menikmati keramaian dengan berjalan kaki. Keindahan Jalan Asia Afrika ini lebih menarik juga dinikmati pada malam hari. Kumpulan lampu lampu yang menerangi jalanan, menambah sisi romantis wisata Kota Bandung ini. Jalan Asia Afrika, Bandung terkenal dengan bangunan-bangunan tempo dulunya.

Jalan Braga

Jalan Braga dikenal juga sebagai Paris van Java. Di sisi kanan kiri Jalan Braga terdapat kompleks bangunan yang masih mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda dengan kesan kemegahannya. Di sini kamu dapat merasakan kemegahan kota Bandung dari bangunan-bangunan tempo dulunya. Hingga saat ini kawasan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Jalan Dago

Jalan Dago merupakan salah satu tempat wisata Bandung kota yang sangat populer. Dago menjadi tujuan wisatawan untuk belanja dan nongkrong. Di sini terdapat beragam produk distro yang dijual dengan harga terjangkau. Terdapat pula beberapa outlet produk-produk branded dan wisata kuliner yang siap memanjakan wisatawan.

Jalan Cihampelas

Selain Dago dan Braga, Jalan Cihampelas termasuk salah satu ikon menarik dari kota Bandung. Jalan Cihampelas wisata dalam kota Bandung untuk berbelanja. Di kawasan ini pengunjung bisa menemukan kaos, baju, sepatu, dan pernak pernik khas bandung. Terdapat juga pusat oleh-oleh khas Bandung untuk para wisatawan.

Pasar Cibaduyut

Pasar Cibaduyut dikenal sebagai tempat wisata belanja berisi pusat tas dan sepatu bahan kulit. Di sini kamu bisa menemukan beragam produk lokal dengan kualitas tinggi. Kualitasnya tidak kalah dengan merek-merek sepatu terkenal yang ada di mall. Pengunjung juga bisa memesan sepatu dengan desain sendiri.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung di Daerah Lembang Lainnya

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kawasan ini memiliki luas lebih dari 7 hektar dengan sebuah danau bernama Situ Umar. Di sini pengunjung bisa menikmati suasana pasar apung dengan sejuknya udara pegunungan.

Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang

Dusun Bambu Family Leisure Park adalah sebuah resor dan juga tempat wisata Bandung yang berada di kaki Gunung Burangrang, Cisarua, Lembang. Keunikan yang dimiliki tempat wisata ini bisa kamu lihat dari sebuah danau besar yang dikelilingi bangunan pondokan yang terbuat dari bambu di tepiannya.

Karena pemandangannya yang sangat romantis itu, tak heran jika tempat ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding. Lokasi ini menawarkan wisata alam dan kuliner yang dilengkapi berbagai wahana permainan. Tak ketinggalan spot-spot cantik untuk penggila selfie maupun fotografi.

De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang merupakan tempat wisata Bandung Barat populer untuk keluarga. Wahana paling populer dari De’Ranch ini adalah menunggangi kuda layaknya koboi. Bahkan tempat wisata ini juga di desain sedemikian rupa sehingga mirip peternakan kuda di ala koboi di Meksiko.

Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha kerap membuka kunjungan untuk individu, kelompok, instansi, sekolah, atau organisasi.

Dalam kunjungan ini pengunjung bisa melihat cara kerja teleskop Zeiss dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia. Pada malam hari, pengunjung juga bisa meneropong langsung dengan teleskop portable dan teleskop Bamberg. Jadwal kunjungan bisa dilihat langsung di laman bosscha.itb.ac.id/kunjungan.

The Farmhouse

The Farmhouse, Lembang menawarkan suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan hewan seperti biri-biri, burung, sapi, kelinci, dan banyak lagi. Tersedia pula persewaan busana ala Eropa untuk berfoto di lokasi ini. Ada pula rumah kurcaci khas Selandia Baru yang sering dilihat di film The Hobbit. Rumah-rumah hobbit ini cocok sebagi spot instagramable.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bandung Kota Lainnya

Bandros

Tempat wisata Bandung selanjutnya sebenarnya bukan tempat, tapi bus jalan-jalan. Salah satu cara seru menikmati kota Bandung yaitu dengan mengunakan Bus Bandros, singkatan dari Bandung Tour on Bus.

Kamu bisa memilih rute yang kamu inginkan dan melakukan tur sejak pukul 08.00. Karena tujuannya untuk bus wisata, Bandros melayani lima rute wisata di kota Bandung. Tiap warna memiliki rutenya sendiri.

Gedung Sate

Gedung sate merupakan salah satu tempat wisata Bandung kota yang sangat ikonik dan menjadi peta wisata Bandung Kota. Ciri khasnya adalah ornamen menyerupai 6 tusukan sate di atas pucuk bangunannya. Gedung Sate ini juga merupakan pusat pemerintahan Kota Bandung sampai sekarang.

Karena bangunannya yang ikonik dan bersejarah, Gedung Sate telah menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan di Bandung. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto ria. Pengunjung juga dapat memasuki Gedung Sate ini namun pada waktu tertentu dan harus memperoleh izin dari staf keamanan.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 65. Kota Bandung. Museum Konferensi Asia Afrika merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18 sampai dengan 24 April 1955. Museum ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung memiliki berbagai ruang peragaan yang menampilkan kondisi geologi Indonesia tiap zamannya, fosil, flora-fauna dan sejarah terbentuknya kota Bandung, serta sumber daya geologi dan pemanfaatannya. Museum Geologi Bandung berada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kota Bandung.

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung termasuk tempat wisata Bandung pilihan keluarga. Dengan luas hampir 14 hektar, Bandung Zoo memiliki koleksi satwa lebih dari 800 individu dari kelas mamalia, burung, reptil & ikan. Satwa-satwa ini berasal dari dalam dan luar negeri. Di sini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Terdapat pula Wahana Unta Tunggang, Gajah Tunggang & Kuda Tunggang yang siap memberi pengalaman menyenangkan bagi keluarga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.