Sukses

25 Tempat Wisata di Semarang yang Ikonik, Populer dan Hits

Tempat wisata di Semarang ini bisa menjadi destinasi untuk berekreasi.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Semarang punya banyak destinasi ikonik. Semarang sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah memiliki pesona wisata menarik. Tempat wisata di Semarang tersebar mulai dari pusat kota hingga kabupaten.

Tempat wisata di Semarang ini bisa menjadi destinasi untuk berekreasi. Ada banyak pilihan tempat wisata di Semarang yang bisa dikunjungi. Mulai dari sejarah, kemegahan kota, dan keindahan alam, semua punya daya tarik sendiri.

Tempat wisata di Semarang juga menjadi salah satu tujuan wisata populer dan hits bagi wisatawan. Jika kamu berencana pergi ke Semarang, tempat wisata di Semarang bisa jadi pilihan untuk berekreasi.

Berikut 25 tempat wisata di Semarang yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (14/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tempat wisata di Semarang: tengah kota

Lawang Sewu

Di Semarang, siapa yang tak kenal Lawang Sewu. Bangunan ikonik ini selalu jadi destinasi utama para wisatawan saat berada di Semarang. Tempat wisata di Semarang satu ini dulunya adalah bekas kantor administrasi Nederlandsch–Indische Spoorweg (NIS), sebuah perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia Belanda. Dinamakan Lawang Sewu karena pintu di bangunan ini sangat banyak.

Simpang Lima

Simpang Lima Semarang merupakan pusat Alun-alun kebanggaan Semarang. Tempat ini selalu ramai dikunjungi warga yang ingin menghabiskan waktu luang. Simpang lima merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Nasional 14, Jl. Pahlawan Nasional 14, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada dan Jl A Dahlan.

Kota Lama

Kawasan Kota Lama merupakan lokasi ikonis di Semarang. Kawasan seluas 31 hektare ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menyusuri sejarah Semarang di masa kolonial. Tempat wisata di Semarang ini bahkan sering disebut sebagai "Little Netherland". Meski sudah berusia 200 hingga 300 tahun, bangunan khas Eropa di kawasan wisata Kota Lama Semarang tetap berdiri kokoh dan megah.

3 dari 8 halaman

Tempat wisata di Semarang: tempat nongkrong

Tugu Muda

Tugu Muda merupakan tempat berkumpulnya warga Semarang untuk sekadar melepas penat. Tugu Muda tepat berada di depan Lawang Sewu. Jadi, setelah puas berkeliling Lawang Sewu, kamu bisa bersantai sejenak di Tugu Muda.

Pasar Semawis

Kawasan Pasar Semawis merupakan kawasan pecinan Kota Semarang yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Pasar Semawis berlokasi di Jalan Gang Warung, Kecamatan Semarang Tengah. Di Pasar Semawis pengunjung dapat menemukan pasar malam yang menjual berbagai jenis kuliner serta oleh-oleh khas Semarang. Pasar ini hadir tiap akhir pekan (jumat, sabtu, dan minggu) dari pukul 18.00 – 23.00 WIB.

Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan Kota Semarang adalah salah satu jalan penghubung menuju Simpang Lima. Jalan Pahlawan sebenarnya menjadi pusat perkantoran pemerintah. Namun, kawasan ini juga menjadi tempat nongkrong warga pada malam hari khususnya akhir pekan. Di malam hari pengunjung bisa menikmati jajaran kuliner malam yang lezat.

Taman Tabanas

Taman Tabanas merupakan taman kota yang berada di Tanjakan Gombel Semarang. Taman ini begitu indah ketika dikunjungi pada malam hari. Dari sini pengunjung bisa menikmati keindahan kota Semarang dari ketinggian. Di sekitar Taman Tabanas juga sudah banyak kafe, restoran, dan hotel yang menawarkan lanskap kota Semarang dari ketinggian.

4 dari 8 halaman

Tempat wisata di Semarang: wisata religi

Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho. Kompleks Sam Po Tong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Kompleks bangunan seluas 3,7 hektar ini didominasi warna merah dengan beragam ornamen khas Tiongkok. Kelenteng Sam Poo Kong selalu menyambut para tamu yang ingin tahu sejarah kaum peranakan di Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah befada di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari. Masjid ini merupakan masjid megah kebanggaan warga Semarang. Masjid ini dibangun dengan perpaduan arsitektur antara Jawa, Roma, Arab dan memiliki 6 payung yang bisa membuka dan menutup sendiri.

Gereja Blenduk

Selain Lawang Sewu, ada juga bangunan tua yang terkenal di Kota Semarang yaitu Gereja Blenduk. Gereja Blenduk merupakan gereja Kristen Protestan dengan nama asli Gereja Immanuel Semarang. Bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1753 ini seringkali dikunjungi para wisatawan untuk mengagumi cantiknya arsitektur masa lampau yang megah.

 

5 dari 8 halaman

Tempat wisata di Semarang: rekreasi dan edukasi

Banjir Kanal Barat

Tempat wisata di Semarang yang tak kalah hits lainnya adalah Banjir Kanal Barat. Banjir Kanal Barat merupakan sungai yang direvitalisasi menjadi ramah pengunjung. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya Bridge Fountain. Pada malam hari Bridge Fountain menampilkan warna-warni lampu yang seperti air mancur. Jembatan ini jadi tak kalah menarik dari Jembatan Banpo di Korea Selatan.

Kebun binatang Mangkang

Kebun binatang Mangkang merupakan Salah satu tempat wisata di Semarang yang menjadi destinasi favorit wisatawan. Kebun binatang ini terletak di Jl. Walisongo KM 16, tepatnya di seberang terminal Mangkang. Di sini terdapat ratusan koleksi satwa. Selain itu terdapat beragam wahana untuk berekreasi.

Grand Maerakaca

Grand Maerakaca atau Puri Maerokoco kerap disebut sebagai Taman Mininya Jawa Tengah. Di sini terdapat berbagai miniatur rumah adat dari seluruh Indonesia. Tempat wisata di Semarang sangat cocok sebagai tempat rekreasi edukasi untuk anak dan keluarga.

Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang Contemporary Art Gallery merupakan galeri seni modern yang menampilkan karya seni kontemporer dalam interior serba putih minimalis. Tempat wisata di Semarang satu ini berada di kawasan Kota Lama Semarang.

6 dari 8 halaman

Tempat wisata di Semarang: sejarah

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berada di desa Candi, kecamatan Bandungan yang berjarak 9 Km dari Kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran. Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke-8 (tahun 927 Masehi). Tempat wisata di Semarang ini menawarkan wisata sejarah yang sejuk dan tenang.

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan tempat wisata di Semarang yang cocok untuk berekreasi. Di dalam museum kereta api ini, pengunjung dapat melihat-lihat koleksi lokomotif kereta api dan juga peralatan komunikasinya yang masih sangat kuno. Di sini Anda juga bisa menaiki langsung kereta dengan rute Ambarawa – Bedono serta Ambarawa – Tuntang.

Monumen Palagan Ambarawa

Monumen ini merupakan tempat untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa yang berlangsung 12 Desember – 15 Desember 1945. Di sini terdapat koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang. Ada pula pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa atau juga disebut dengan Benteng Fort Willem I merupakan bangunan bersejarah di Ambarawa, Semarang. Dinamakan Benteng Pendem karena awalnya benteng ini didesain berada di bawah tanah atau terkubur, sebagai siasat perang.

7 dari 8 halaman

Tempat wisata di Semarang: alam

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan tempat wisata di Semarang yang sangat terkenal. Di sini pengunjung juga dapat menikmati ikan bakar di salah satu resto yang dapat menampung kapasitas besar, menginap di pondok wisata dan menikmati panorama alam pegunungan yang asri.

Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo, tepatnya di Jl. Wisata Gedong Songo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Tak hanya menawarkan hamparan bungan Celosia, tempat ini juga memiliki replika landmark terkenal dari berbagai negara.

Rawa Pening

Rawa Pening merupakan sebuah danau alami yang merupakan cekungan terendah di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Danau ini berada di 4 kecamatan yakni Bawen, Tuntang, Ambarawa dan Banyubiru. Rawa Pening menawarkan birunya air danau dengan dihiasi tanaman enceng gondok di setiap sudutnya.

Curug Benowo

Curug Benowo merupakan air terjun yang terletak di Lereng Gunung Ungaran tepatnya di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat. Curug Benowo menawarkan suasana segar khas pegunungan. Di dekat Curug Benowo ini juga terdapat curug lainnya, yaitu Curug Lawe.

Brown Canyon

Brown Canyon merupakan bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang. Tempat ini merupakan bekas penambangan di Semarang. Brown Canyon kerap disebut Grand Canyon-nya Semarang. Brown Canyon memang memiliki tampilan mirip Grand Canyon dengang bukit-bukit batu yang menjulang tinggi.

8 dari 8 halaman

Tempat wisata di Semarang: Pantai

Pantai Marina

Pantai Marina merupakan pantai yang paling terkenal di Semarang. Pantai Marina berlokasi di Jalan Yos Sudarso, kurang lebih 4 km dari Tugu Muda dan bersebelahan dengan Puri Mareokoco.

Pantai Baruna

Pantai Baruna merupakan tempat wisata di Semarang yang tak kalah indah dari Pantai Marina. Pantai ini terkenal dengan padang ilalangnya yang hijau dan segar. Pantai Baruna terletak di kawasan Baruna, Semarang Tengah. Tepatnya berada di sisi timur Pantai Marina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.