Rayakan Pesta Sampai Mengotori Kafe, Aksi Pengunjung Ini Bikin Emosi

Oleh Selma Intania Hafidha pada 10 Mar 2021, 14:25 WIB
Diperbarui 10 Mar 2021, 14:25 WIB
Rayakan Pesta Sampai Mengotori Kafe, Aksi Pengunjung Ini Bikin Emosi
Perbesar
Aksi Pengunjung Kafe Bikin Emosi. (Sumber: TikTok/ @sabicisss)

Liputan6.com, Jakarta Kafe merupakan salah satu tempat untuk anak muda menghabiskan waktu bersama teman. Selain itu, kafe bisa dijadikan pilihan untuk mengadakan pesta bareng teman. Walaupun bisa bebas melakukan hal apapun, namun mematuhi peraturan dan etika sangat penting ketika mengunjungi tempat umum.

Walaupun di kafe ada seorang pelayan yang bertugas untuk melayani keinginan dan pesanan pelanggan, namun pelanggan harus tetap menghormati dan tidak merepotkan pelayan tersebut. Pasalnya, seorang pelayan juga bisa merasa kesal dan emosi jika ada sikap pelanggan yang tidak beretika.

Belum lama ini viral di TikTok aksi pengunjung yang bikin emosi warganet ataupun pelayan yang bertugas di kafe tersebut. Rombongan yang datang ke kafe tersebut datang dan memesan makanan di 5 menit terakhir close order kafe tersebut. Hal yang bikin emosi yakni rombongan tersebut mengotori kafe tersebut karena sedang mengadakan pesta.

Mengadakan pesta di kafe tentunya sering terjadi. Namun mengadakan pesta sampai membuat kafe sangat kotor tentu saja membuat siapapun yang melihat aksi tersebut menjadi emosi. Pasalnya setelah rombongan tersebut selesai, rombongan tersebut tidak bertanggung jawab dan langsung pulang begitu saja tanpa merasa bersalah.

Video viral aksi pengunjung yang mengotori kafe sampai bikin emosi ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @sabicisss pada Rabu (10/3/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Aksi Pengunjung Kafe Bikin Emosi

Rayakan Pesta Sampai Mengotori Kafe, Aksi Pengunjung Ini Bikin Emosi
Perbesar
Aksi Pengunjung Kafe Bikin Emosi. (Sumber: TikTok/ @sabicisss)

Mengunjungi tempat umum penting untuk memperhatikan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan agar tidak merugikan orang lain ataupun pelayan yang bertugas di tempat umum tersebut. Kafe merupakan salah satu tempat umjum yang kerap dikunjungi, salah satunya anak muda.

Saat mengunjungi kafe, pengunjung tentunya akan dilayani dengan baik oleh pelayan kafe. Namun tak sedikit pengunjung yang tak tahu etika dan merepotkan pelayan kafe. Tak semua orang paham etika ketika mengunjungi tempat umum, etika terbentuk karena kesadaran pada diri sendiri. 

Belum lama ini melintasi linimasa FYP dimana aksi pengunjung kafe yang bikin geleng kepala dan emosi. Pengunjung kafe tersebut datang bersama rombongan dan datang di 5 menit terakhir sebelum close order. Setiap kafe tentunya punya peraturan tentang tata cara memesan dan batas akhir memesan makanan. Namun kerap ditemukan pengunjung yang tidak memerhatikan peraturan tersebut, salah satunya seperti yang belum lama ini viral.

@sabicisss

dimana letak hatimu, wahai manusia? #fyp #coffeshopjogja #jogja #jogja24jam #viral #kulinerjogja #fypdongggggggg

♬ Digi digi bom bom - Ariesganggg

Dalam video tersebut terlihat kondisi kafe yang sangat berantakan karena minuman dan makanan yang sengaja ditumpahkan. Hal tersebut tentu saja bikin pegawai kafe dan warganet yang meluihat tersebut menjadi kesal. Paslanya setelah melakukan aksi mengotori kafe tersebut, rombongan tersebut langsung pulang dan tidak bertanggung jawab.

Ada baiknya jika ingin menggelar acara di kafe dan mengotori kafe, izin terlebih dahulu kepada pelayan kafe dan mematuhi peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan. Dalam video tersebut juga terlihat bahwa sepertinya rombongan pengunjung tersebut sedang merayakan acara ulang tahun temannya dan terekam di CCTV kafe tersebut.

Aksi tersebut menuai ragam komentar dari warganet. Bahkan sang pemilik akun yang mengunggah video tersebut mengunggah beberapa video klarifikasi untuk menjelaskan kronologi kejadian di kafe tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kronologi

Lantaran banyak warganet yang penasaran, tak sedikit warganet yang meminta pemilik akun untuk memberikan klarifikasi terkait kejadian tersebut. Pasalnya, video tersebut menimbulkan pro dan kontra dari warganet. Ada warganet yang menuturkan bahwa memang sudah tugas pegawai kafe yang membersihkan kafe tersebut jika kotor. Namun ada juga yang beranggapan bahwa ini masalah etika dan perilaku yang penting untuk menghargai satu sama lainnya, salah satunya menghargai pegawai kafe tersebut.

Dalam video lanjutan tersebut sang pemilik akun menjelaskan bahwa pengunjung rombongan tersebut datang 5 menit sebelum close order kafe tutup. Sang pemilik akun juga menjelaskan bahwa pegawai kafe tidak berekspektasi bahwa kafe akan sangat kotor setelah pengunjung tersebut melakukan pesta. 

@sabicisss

Balas @sagebcby #voiceeffects #fyp #fypdongggggggg #jogja #coffeeshopjogja #viral

♬ To the Bone - Pamungkas
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kronologi dan Klarifikasi

@sabicisss

Balas @gusti200506 #voiceeffects #fyp #fypシ #coffeeshopjogja #jogja24jam #jogjakarta

♬ To the Bone - Pamungkas

Lantaran ada banyak komentar warganet yang pro dan kontra, sang pemilik akhirnya mengunggah klarifikasi dari pegawai kafe yang saat itu memang sedang bertugas di kafe tersebut (shift malam). Dalam unggahan tersebut terdengar bahwa rombongan tersebut memesan 13 minuman di 5 menit terakhir sebelum close order. Lantaran penjelasan dan klarifikasinya panjang, sang pemilik sepertinya akan mengunggah video tersebut menjadi beberapa bagian untuk menjawab komentar-komentar warganet.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dibersihkan Oleh Pegawai Kafe

@sabicisss

Balas @ysfilham #fypシ #viral

♬ Iyuz misterius music - Iyuz misterius

Lantaran para pengunjung tidak bertanggung jawab dan langsung pulang begitu saja, alhasil kafe tersebut dibersihkan oleh pegawai kafe yang pada malam itu bertugas. Membersihkan kafe memang tugas pegawai, namun bukan berarti pengunjung kafe bisa seenaknya mengotori kafe tersebut sampai benar-benar berantakan dan bikin emosi.

Oleh sebab itu sangat penting untuk memahami peraturan dan etika ketika sedang berada di tempat umum. Penting untuk saling menghormati agar adanya ketentraman antar pengungung dan pegawai kafe.

Lanjutkan Membaca ↓