Sukses

20 Wisata Bogor Terpopuler yang Indah dan Wajib Dikunjungi, Pelepas Penat

Wisata Bogor yang murah bisa menjadi alternatif liburan dari rutinitas pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bogor yang murah bisa menjadi alternatif liburan dari rutinitas pekerjaan. Apalagi lokasi Bogor tidak terlalu jauh dari Jakarta yang penuh dengan hiruk pikuk, tentunya berlibur sejenak ke Bogor bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang tinggal di bu kota negara tersebut.

Bogor menawarkan berbagai jenis wisata yang sangat menarik. Dengan sajian alam yang beragam, mulai dari pegunungan atau dataran tinggi, hingga berbagai wisata air bisa kamu nikmati. Bagi kamu yang memiliki budget yang tipis pun tidak ada masalah. 

Wisata Bogor yang murah bisa menjadi pilihan untuk melepas penat. Mulai dari tempat wisata yang tidak berbayar atau gratis, hingga berbagai tempat wisata yang tidak memerlukan kamu untuk merogoh kocek yang dalam bisa kamu nikmati di Bogor.

Berikut Liptuan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/3/2021) tentang wisata Bogor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Bogor

Istana Bogor

Wisata Bogor yang murah pertama adalah Istana Bogor. Kalau berkunjung ke Bogor setidaknya harus mampir ke istana negara. Selain menyaksikan kemegahan bangunan istana, pengunjung juga bisa menikmati keasrian taman dan memberi makan rusa yang dipelihara di sana.

Biasanya ada pedagang yang menjual wortel mentah dengan harga sekitar RP 10.000,00. Kamu tidak dipungut biaya saat berkunjung ke Istana Bogor ini.

Kebun Raya Bogor

Kalau sudah mampir ke Istana Bogor, wisata Bogor yang murah selanjutnya adalah Kebun Raya Bogor. Bukan cuma pohon dan tumbuhan hijau yang ada di sini. Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor, kamu hanya perlu membayar sebanyak Rp. 15.000 saja

Lahan luas yang dulunya cuma berfungsi sebagai halaman istana ini juga dilengkapi berbagai atraksi modern. Salah satu yang paling baru adalah Rumah Masa Depan. Buat kamu yang suka berfoto, kamu bisa mengeksplor berbagai tempat di sini.

Warso Farm

Buat kamu yang hobi makan, terutama makan buah, tempat wisata Bogor yang murah satu ini bisa menjadi pilihan selanjutnya. Di sini wisatawan bisa mencicipi buah durian yang baru dipanen.

Ada juga buah naga yang juga siap dipetik. Lokasi tempat wisata Bogor ini adalah Desa Cihideung, Cipelang, Kecamatan Cijeruk. Kamu tidak dipungut biaya untuk masuk ke Wraso Farm ini. Namun untuk memakan buah, tentunya kamu harus bayar sesuai berapa yang kamu makan.

Highland Park Resort

Tempat wisata Bogor ini suguhkan glamping, konsep berkemah ala hotel berbintang yang saat ini sedang marak di Indonesia. Berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort menawarkan sensasi menginap dengan latar pemandangan Gunung Salak.

Mereka juga menyediakan tenda-tenda ala Mongolia dengan fasilitas lengkap dan berbagai wahana permainan. Antara lain kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox.

Taman Safari Indonesia

Taman Safari memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya. Taman Safari merupakan wisata yang sangat populer dan menjadi kebanggaan Indonesia. Taman Safari berlokasi di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari ini bahkan sudah berstandar Internasional, lho. Di sini pengunjung bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

3 dari 5 halaman

Wisata Bogor Alam

Leuwi Lieuk

Wisata alam Bogor satu ini tergolong masih baru dan tak kalah dari Green Canyon Pangandaran atau Angel's Billabong-nya Bali. Berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah. Untuk mencapai Leuwi Lieuk kamu harus berenang dari Leuwi Cepet, kemudian trekking sekitar 5 menit. Kamu cukup membayarkan Rp 10.000 untuk menikmati segala keindahan di sini.

Cianten Bakukung

Cianten Bakukung menawarkan alam dengan udara yang sejuk, pemandangan yang hijau dan nuansa alam yang bikin nyaman. Lokasinya berada di kaki gunung Halimun. Tidak hanya udara sejuk pegunungan yang bisa kamu dapatkan, pemandangan kebun teh yang hijau, dan masuk ke hutan pinus yang instagramable juga bisa kamu lakukan di wisata alam Bogor ini. Tempatnya berada di Desa Cianten, Purasari, Leuwiliang, Bogor.

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Wisata alam Bogor selanjutnya ada di daerah Parung. Tempat ini menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami. Airnya yang mengandung belerang dan garam baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit.

Di Tirta Sanita juga tersedia kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Terapi lintah dan fish pedicure pun ada. Untuk anak-anak ada area outbond dan permainan seperti becak mini dan perahu. Tarif masuknya juga cukup murah, yaitu Rp. 8.000 untuk anak-anak dan Rp. 12.000 untuk orang dewasa.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan taman indah tematik pertama di Indonesia. Ada lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya di taman ini. Di destinasi wisata Puncak Bogor ini ada taman-taman dengan tema tertentu.

Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih.

Selain itu, ada juga Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratau, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa kamu jelajahi.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata keluarga yang terkenal di Bogor, Jawa Barat. Taman Buah Mekarsari merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia. Agrowisata seluasa 264 hektare ini dilengkapi dengan aneka sarana wisata yang siap memuaskan pengunjung.

Di sini pengunjung bisa berkeliling kebun buah-buah tropis yang dikembangkan dengan baik. Buah-buah ini juga bisa dinikmati langsung dari kebunnya. Tak cuma wisata perkebunan buah, di wisata Taman Buah Mekarsari Anda juga dilengkapi wisata air, taman bermain anak, tempat tingga berbagai satwa dan edukasi alam.

4 dari 5 halaman

Wisata Bogor Curug

Curug Love

Wisata alam Bogor selanjutnya adalah Curug Love. Lokasi curug ini berada di tengah persawahan dan perkebunan milik warga, yang disisinya dikelilingi bukit. Berada di antara bebatuan yang terkikis oleh abrasi sungai, lanskap dinding bukit yang mengagumkan menambah nilai eksotis wisata alam Bogor ini. Ada yang menyebut curug ini sebagai Grand Canyon mini di Bogor.

Kamu juga tidak perlu bersusah payah untuk menikmati wisata Curug love ini, karena lokasinya dekat dengan tempat memarkir kendaraan. Lokasinya

Curug Cibaliung

Selain Taman Wisata Gunung Pancar, Karang Tengah juga punya objek wisata alam berupa curug cantik. Inilah Curug Cibaliung yang berair biru jernih dan sejuk. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan curug ini sebagai salah satu tempat wisata di Bogor yang murah. Tarif masuknya hanya Rp. 10.000 saja.

Curug Ciherang dan Jembatan Kayu Gantung

Gardu pandang di ketinggian bukit dengan pemandangan sekitar yang indah bisa ditemui di kawasan wisata Curug Ciherang. Di salah satu tempat wisata alam Bogor ini baru dibangun rumah pohon dan jembatan kayu gantung untuk menikmati keindahan alam sekitar. Kamu hanya perlu menyiapkan Rp. 5.000 untuk masuk ke tempat wisata ini.

Curug Cikaluwung

Curug Cikaluwung juga bisa menjadi destinasi wisata alam Bogor yang tak kalah indah. Di sini, kamu akan disajikan nuansa alam yang sangat indah. Kolam air yang jernih dan berwarna kebiruan, tebing batu menjulang dan hawa sejuk yang menyegarkan akan menemanimu saat liburan di Curug Cikaluwung. Kamu bisa menikmati sejuknya air di sini, atau sekadar bersantai menghabiskan waktu. Lokasinya berada di Pemijahan, Bogor.

Curug Bidadari

Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari juga merupakan wisata alam Bogor yang sudah cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi Curug Bidadari berada di Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Memiliki ketinggian kurang lebih 70 meter, air dari curug ini berasal dari mata air hutan lindung di daerah tersebut. Untuk menambah keistimewaan lokasi wisata alam ini, pihak pengelola sudah menambahkan water park tepat berada di bawah air terjun. Water park ini memiliki luas kurang lebih 6.000 meter persegi dan dilengkapi dengan pasir putih yang menawan.

5 dari 5 halaman

Wisata Bogor Bukit

Bukit Alesano

Bukit Bintang-nya Bogor ini tawarkan sensasi berkemah di ketinggian bukit, dikelilingi pemandangan kota Bogor yang tampak seperti taburan bintang di malam hari. Sunrise dan pemandangan Gunung Salak-Gede Pangrango yang terlihat dari puncak Alesano ini juga cantik. Kamu hanya perlu menyumbang dengan sukarela untuk menikmati segala keindahan wisata alam Bogor ini.

Bukit Kapur Ciampea

Bagi kamu yang ingin mendapatkan foto di perbukitan yang indah, Bukit Kapur Ciampea bisa menjadi pilihan. Wisata alam Bogor ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah. Dari puncaknya, kamu bisa melihat pemandangan kota Bogor dari ketinggian. Bahkan, kamu juga bisa menikmati sunrise yang sangat indah di bukit ini. Lokasinya berada di Jalan Raya Cikampek, Bojong Rangkas, Ciampea, Ciaruteun Ilir, Kec. Cibungbulang, Bogor.

Paralayang Bukit Gantole

Destinasi wisata Puncak Bogor yang satu ini cocok buat kamu yang suka olahraga ekstrem. Di Bukit Gantole Puncak Bogor kamu bisa paragliding, mengudara sambil berswafoto.

Bukit Gantole menawarkan pengalaman yang berbeda untuk menikmati indahnya alam. Pengunjung bisa terbang menggunakan gantole dari ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Nantinya pengunjung juga akan didampingi oleh seorang instruktur berpengalaman dengan menggunakan perlengkapan yang aman dan terjamin. Jadi tidak perlu takut dan was-was, ya.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah tempat wisata alam Bogor selanjutnya bagi kamu yang hobi melakukan pendakian dan menikmati suasana pegunungan. Di sini kamu akan menemukan berbagai macam flora dan fauna unik.

Ikon utama dari Taman Nasional Gunung Pangrango adalah Edelweis Jawa atau dalam bahasa latinnya sering disebut Anaphalis javanica. Jika beruntung, kamu bisa menemukannya di area taman nasional ini. Taman nasional ini juga merupakan yang paling tua karena telah diresmikan sejak tahun 1980. Wilayahnya berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango.

Taman Wisata Gunung Pancar

Untuk kamu yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di kawasan Taman Wisata Gunung Pancar, sebagai salah satu wisata alam bogor yang murah. Taman Wisata Gunung Pancar ini merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. Hanya dengan Rp. 5.000 saat tengah pekan, dan Rp. 7.500 pada akhir pekan, kamu sudah bisa menikmati Taman Wisata Gunung Pancar ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini