Sukses

26 Wisata Jogja Paling Hits, Jadi Paket Liburan Lengkap

Jogja menjadi paket lengkap untuk berwisata.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Jogja punya beragam pilihan destinasi yang menarik dikunjungi. Jogja menjadi paket lengkap untuk berwisata. Di daerah istimewa ini kamu bisa menemukan wisata kota, alam, budaya, belanja, sekaligus kuliner.

Wisata Jogja bahkan memiliki banyak wisata hits yang begitu populer. Akses menuju wisata Jogja yang hits ini juga sangat mudah dijangkau. Wisata Jogja paling hits ini tersebar di seluruh Jogja, baik kota maupun kabupaten.

Tempat wisata Jogja ini selalu menjadi destinasi favorit turis lokal maupun mancanegara. Wisata Jogja paling hits ini bisa masuk dalam daftar tujuanmu saat mengunjungi Kota Pelajar ini.

Berikut 26 wisata Jogja paling hits, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (8/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Wisata Jogja paling hits: keramaian kota

Titik Nol

Titik Nol Kilometer Jogja menjadi destinasi wisata Jogja yang selalu ramai. Di sekitar nol Kilometer kamu dapat menemukan bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri megah seperti Gedung BNI 46, Kantor Pos, dan Gedung Agung. Terdapat pula Monumen Serangan Umum Satu Maret yang dibangun untuk memperingati serangan tentara Indonesia terhadap Belanda pada tanggal 1 Maret 1949.

Tugu Jogja

Tugu Jogja juga kerap disebut sebagai tugu pal putih. Tugu ini menjadi lambang dari kota Jogja yang sangat ikonik. Tugu Jogja berada kurang lebih 1 kilometer dari Stasiun Tugu. Tugu ini menjadi simbol dari garis lurus yang menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Tugu Jogja menjadi salah satu wisata Jogja yang tak pernah sepi pengunjung.

3 dari 9 halaman

Wisata Jogja paling hits: sejarah dan budaya

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Taman Sari

Selain keraton, wisata Jogja yang tak boleh dilewatkan adalah Taman Sari. Tempat ini adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman Sari dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai tempat peristirahatan para istri dan selir raja. Taman Sari kini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan kemegahan kerajaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tempat ini juga termasuk tempat instagramable yang kerap digunakan untuk berfoto dengan latar belakang istana taman air.

Situs Warungboto

Sekilas Situs Warungboto yang juga dikenal dengan pesanggrahan Rejowinangun ini mirip dengan Taman Sari. Pada awalnya, situs ini merupakan lokasi sebuah pesanggrahan dan pemandian raja. Pesanggrahan yang dibangun era HB II ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam. Dulunya situs ini merupakan tempat untuk istirahat kerabat Keraton Yogyakarta.

Benteng Vredeburg

Dulunya, Benteng Vredeburg ini merupakan beteng peninggalan belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta. Kini, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum. Di dalamnya terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan benda benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

4 dari 9 halaman

Wisata Jogja paling hits: edukasi

Taman Pintar

Jika kamu mencari wisata Jogja yang edukatif, Taman Pintar adalah pilihan terbaik. Di sini terdapat banyak zona edukasi anak seperti gedung PAUD, gedung Oval - Kotak, gedung memorabilia, planetarium dan taman bermain. Masih dalam lokasi yang sama, kamu bisa menemukan jajaran kios buku yang menjual berbagai buku dalam kondisi bekas maupun baru.

Gembira Loka

Gembira Loka merupakan kebun binatang kebanggaan kota Jogja. Di sini terdapat beragam satwa mulai dari mamalia, reptil, hewan laut, hingga burung. Gembira Loka berdiri di atas lahan seluas 20 ha yang separonya berupa hutan lindung.

5 dari 9 halaman

Wisata Jogja paling hits: belanja

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional tertua yang ada di Jogja. Pasar ini juga menjadi wisata belanja yang menjadi tujuan utama para pelancong dari berbagai daerah. Pasar ini berada Jalan Jl. Margo Mulyo No.16, Yogyakarta tepat berada setelah jalan Malioboro.

Jalan Malioboro

Malioboro menjadi wisata legendaris di Jogja yang sangat hits. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara, Malioboro selalu memiliki daya tarik tersendiri. Di Malioboro terdapat banyak tempat belanja yang murah meriah. Mulai dari batik, tas, kaos, kuliner, hingga cenderamata, semua bisa ditemukan di Malioboro.

Pasar Senthir

Pasar Senthir berada di sebelah selatan Pasar Beringharjo. Pasar ini mulai buka pada 5.30 sore sampai 11 malam. Di Pasar Senthir kamu bisa menemukan aneka barang antik dan barang loak yang masih bernilai. Nama Pasar Senthir Jogja diambil dari arti senthir atau lampu minyak yang awalnya menjadi penerangan utama di pasar ini.

6 dari 9 halaman

Wisata Jogja paling hits: pantai

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara juga merupakan wisata hits yang patut untuk dikunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo merupakan pantai yang saling berdampingan. Kedua pantai ini termasuk pantai di Jogja yang paling banyak dikunjungi. Di sini kamu bisa menikmati deburan ombak pantai selatan, menyaksikan sunset dan sunrise, hingga berkeliling pantai menggunakan jeep sewaan.

Pantai Glagah

Pantai Glagah termasuk wisata Jogja hits karena terkenal dengan tetrapod dan lagunanya yang indah. Pantai Glagah memiliki tetrapod atau pemecah ombak yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

7 dari 9 halaman

Wisata Jogja paling hits: tempat unik

Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan perbukitan batuan breksi yang sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Penambangan di lokasi ini sudah ditutup sejak 2014 dan tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata Jogja hits. Tebing Breksi memiliki tebing putih yang indah yang sudah dipahat secara artistik.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Wisata Jogja paling hits selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi ini termasuk tempat unik karena terbentuk dari material Gunung Merapi yang mengalir melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai.

Material yang mengendap kemudian mengering dan terbawa angin lalu terbang kedaratan sehingga mengalami proses Deposisi menjadi Gumuk Pasir. Gumuk Pasir biasanya jadi paket wisata bersama pantai Parangtritis dan pantai-pantai lainnya.

Lava Bantal Jogja

Lava Bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal. Sederet batuan berbentuk seperti bantal yang di tengahnya mengalir sungai menjadi destinasi alam yang unik di kota ini.

Gamplong Studio Alam

Gamplong Studio Alam merupakan sebuah destinasi wisata Jogja yang masih dibilang baru. Gamplong Studio Alam merupakan lokasi yang dijadikan syuting film terbaru besutan Hanung Bramantyo, Sultan Agung The Untold Love Story. Mengambil setting abad ke-16 dan 17, lahan yang semula tanah kas milik desa disulap jadi kawasan Indonesia abad ke-16. Di dalam, Gamplong Studi Alam juga terdapat sebuah kereta kuda, gerbang replika benteng Batavia, replika bangunan di kampung Pecinan dan bangunan lainnya.

 

8 dari 9 halaman

Wisata Jogja paling hits: pegunungan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan termasuk wisata Jogja paling hits di kawasan Bantul. Kawasan ini kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Jika beruntung, di pagi hari kamu akan menemukan hamparan awan yang sangat indah membalut pegunungan Sewu.

Hutan Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan atau yang juga sering disebut Hutan Pinus Imogiri kamu dapat menikmati kesejukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri dan tenang. Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak titik bagus untuk berfoto, seperti bangunan rumah Hobbit yang Instagramable.

Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata Jogja yang sangat hits. Kawasan Puncak Becici banyak ditumbuhi pohon pinus. Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja dari ketinggian. Di sebelah utara kamu dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

Kebun Teh Nglinggo

Wisata Jogja paling hits selanjutnya adalah Kebun Teh Nglinggo. Kebun Teh Nglinggo merupakan hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 136 hektare di ketinggian 900-1000 mdpl. Ini merupakan satu-satunya kebun teh yang berada di Jogja.

9 dari 9 halaman

Wisata Jogja paling hits: candi

Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi ijo

Candi Ijo merupakan candi tertinggi yang ada di Jogja. Candi bercorak Hindu ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung. Dari lokasi ini kamu bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan Jogja yang asri.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan candi bercorak Hindu yang berlokasi di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9. Kini Candi Sambisari termasuk destinasi wisata bersejarah uang banyak dikunjungi wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini