Sukses

Orang Indonesia Dituduh Curang saat Lawan Pecatur Internasional, Berakhir Damai

Main catur online, orang Indonesia dituduh curang karena menang.

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi bermain catur online merupakan salah satu aplikasi yang dapat mewadahi seseorang yang hobi bermain catur. Tak perlu papan catur, hanya dengan smartphone seseorang bisa langsung bermain catur bahkan mendapatkan lawan untuk bermain.

Belum lama ini viral di media sosial akun milik pecatur orang Indonesia di platform Chess.com mendadak viral dan ramai diperbincangkan. Pasalnya akun orang Indonesia ini berhasil mengalahkan pecatur dunia yang bernama Levy Rozman atau yang lebih dikenal sebagai Gotham Chess.

Akun orang Indonesia dengan nama Dewa_Kipas ini diblokir karena dituduh sudah berlaku curang. Namun anak pemilik akun Dewa_Kipas tersebut menuturkan bahwa ayahnya tidak berlaku curang. Sang ayah memang pandai bermain catur dan sudah memenangkan banyak kejuaraan.

Ramai menjadi perbincangan di media sosial, anak dari pemilik akun Dewa_Kipas dan Gotham Chess sepakat akan mencari solusi yang positif agar tidak merugikan salah satu pihak.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang kronologi dan fakta orang Indonesia dituduh curang, Kamis (4/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dewa Kipas Dituduh Curang

Orang Indonesia yang dituduh curang saat main catur melawan Gotham Chess kini tengah menjadi perbincangan. Lantaran dituduh curang oleh Gotham Chess dan penggemarnya, akun orang Indonesia yang bernama Dewa_Kipas ini di blokir. Namun melalui Facebook Ali Akbar yakni anak dari pemilik akun Dewa_Kipas menjelaskan bahwa ayahnya merupakan pecatur profesional yang sudah memenangkan banyak turnamen.

Tak terima ayahnya dituduh curang, Ali Akbar mengunggah potret ayahnya saat bermain catur melawan Gotham Chess di laman Facebooknya. Ia juga mengunggah sertifikat yang pernah didapatkan sang ayah saat lomba bermain catur.

3 dari 5 halaman

2. Berakhir Damai

Melalui laman Twitter pribadinya, Gotham Chess menjelaskan bahwa ia dan pemilik akun Dewa_Kipas yang bernama Dadang Subur dan anaknya, Ali Akbar sepakat untuk mencari solusi terbaik. Gotham Chess membagikan tanggapan layar pesannya dengan Ali Akbar di Twitter. Gotham Chess dan Ali Akbar akan segera membahas masalah tersebut secara kekeluargaan.

4 dari 5 halaman

3. Postingan Pertama Sudah Dihapus

Setelah sang ayah dituduh curang saat bertanding catur online bersama Gotham Chess dan dituduh curang, Ali Akbar langsung memberikan penjelasan di laman Facebooknya bahwa sang ayah adalah pecatur profesional. Namun unggahan tersebut sudah dihapus Ali Akbar di laman Facebooknya karena Ali Akbar dan Gotham Chess sudah sepakat akan mencari solusi bersama namun harus menghapus postingan pertama.

Hal tersebut diutarakan Ali Akbar pada kolom komentar salah satu unggahannya lantaran banyak warganet yang bertanya kenapa postingan pertamanya sudah dihapus. Melalui unggahnnya, Ali Akbar menuliskan bahwa semua ini hanya salah paham.

“Jadi Gw udah dihubungi oleh Pihak Levy (GothamChess) dan menjelaskan semua masalahnya baik-baik. Akhirnya kita berdua udah mencapai kesepakatan kalau masing-masing post akan dihapus. Besok gw akan bikin Klarifikasi beserta kronologis lengkapnya. Ini semua hanya kesalahpahaman.” tulis Ali Akbar di laman Facebooknya pada (3/3/2021)

 

5 dari 5 halaman

4. Komentar Dadang Subur (Dewa Kipas)

Baik Ali Akbar maupun Gotham Chess sudah sepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan kekeluargaa dan mencari solusi positif. Dadang Subur atau pemilik akun Dewa_Kipas juga memberitakan komentar tentang pertandingannya saat melawan Gotham Chess. Melalui laman Facebook Ali Akbar, Dadang Subur juga menceritakan tentang kiprahnya di dunia catur selama ini.

Melalui unggahan tersebut, Ali Akbar juga mengingatkan warga Indonesia untuk berhenti membully atau menjatuhkan Gotham Chess. Ali Akbar juga menambahkan bahwa masalahnya dengan Gotham Chess sudah selesai dan menempuh jalan damai.

Komentar Pak Dadang Subur (Dewa_Kipas) tentang Pertandingannya melawan GothamChess kemarin, sekaligus cerita singkat...

Posted by Ali Akbar on Wednesday, March 3, 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini