Sukses

15 Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat dan Aman

Sebenarnya cara menurunkan berat badan tidak sulit. Berikut ini tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Punya tubuh ideal kerap menjadi dambaan banyak orang. Untuk mencapai tujuan tersebut, tidak jarang cara menurunkan berat badan kelewat ekstrem dilakukan. Parahnya, bahkan ada yang tidak mau mengonsumsi makanan sama sekali, ditambah mengonsumsi obat diet dengan kandungan bahan kimia berbahaya.

Padahal cara menurunkan berat badan tersebut sangat salah dan akhirnya menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Itulah mengapa, perlu dilakukan cara menurunkan berat badan yang sehat dan tepat.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara menurunkan berat badan yang tepat dan tentunya aman bagi tubuh, Selasa (2/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara menurunkan berat badan

1. Hindari makanan olahan

Makanan olahan merupakan jenis makanan yang hampir seluruh nutrisi dan serat bermanfaatnya sudah hilang. Makanan olahan tersebut bisa meningkatkan risiko makan berlebihan dan penyakit. Jenis makanan olahan seperti tepung putih, roti putih, minuman kemasan, soda, makanan ringan, atau junk food.

 

2. Kurangi asupan karbohidrat

Cara menurunkan berat badan selanjutnya dengan mengurangi asupan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Namun tidak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya. Ganti jenis karbohidrat tersebut dengan karbohidrat kompleks. Tapi ingat, makan dengan porsi yang diperhatikan dan jangan berlebihan.

 

3. Kurangi asupan gula

Cara menurunkan berat badan bisa dengan mengurangi asupan gula. Selain meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit seperti diabetes tipe-2, konsumsi gula berlebih juga bisa menjadi penyebab berat badan bertambah.

Apabila membatasi konsumsi gula sulit dilakukan, bisa dengan mengganti jenis gula yang dikonsumsi. Seperti mengganti gula pasir dengan gula arena tau madu sebagai pemanis.

3 dari 6 halaman

Cara menurunkan berat badan

4. Konsumsi lemak sehat

Konsumsi lemak sehat adalah salah satu bagian dari cara menurunkan berat badan yang cepat. Ini karena lemak sehat diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta kolesterol jahat. Sumber lemak sehat yang bisa dikonsumsi seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan.

 

5. Cukupi kebutuhan protein

Cara menurunkan berat badan dengan asupan protein tinggi sangat tepat. Cara menurunkan berat badan dengan tinggi protein ampuh membuat tubuh jadi kenyang dan baik dalam menekan nafsu makan.

Biasanya tubuh akan membakar kalori saat mencerna serta melakukan metabolisme protein. Hal ini yang membuat diet tinggi protein turut berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh bahkan hingga 80-100 kalori per hari. Jenis protein yang bisa dikonsumsi seperti telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

 

6. Konsumsi buah serta sayur

Selain protein tinggi, jangan lupa konsumsi juga sayur dan buah. Buah mengandung air, nutrisi dan serat yang sangat tinggi, sehingga baik untuk menjaga pencernaan. Kemudian, serat tersebut juga membantu menekan nafsu makan karena serat akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat.

4 dari 6 halaman

Cara menurunkan berat badan

7. Perbanyak asupan air mineral

Walau mendapatkan asupan air dari buah, tetap saja konsumsi air mineral yang cukup sangat penting dalam membantu meningkatkan metabolisme. Selain itu, dengan minum air sebelum makan juga akan bisa bantu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

 

8. Minum teh hijau

Konsumsi teh hijau juga membantu peningkatan pembakaran lemak yang berujung pada penurunan berat badan. Teh hijau akan meningkatkan pengeluaran energi serta pembakaran lemak. Tapi, jangan tambahkan gula pada teh hijau tersebut.

 

9. Catat apa yang dimakan

Cara menurunkan berat badan selanjutnya dengan mencatat apa saja yang dimakan. Penting untuk mengingat apa saja yang Anda makan setiap hari. Tujuannya agar tidak makan berlebihan dan bisa memastikan jumlah asupan kalori harian terlalu berlebihan atau tidak.

5 dari 6 halaman

Cara menurunkan berat badan

10. Makan dengan perlahan

Makan cepat serta buru-buru akan meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi. Orang yang makan lebih cepat juga sangat mungkin mengalami obesitas. Itulah mengapa, coba untuk makan berlahan. Mengunyah lebih lambat bisa mencegah masuknya banyak kalori serta meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.

 

11. Makan dengan piring kecil

Banyak penelitian menunjukkan jika menggunakan piring yang lebih kecil akan membantu seseorang untuk makan lebih sedikit. Sebab piring yang lebih kecil akan merubah seseorang dalam melihat ukuran porsi makanannya.

 

12. Sarapan

Tidak sarapan justru sangat kurang disarankan. Sebab, sarapan menjadi bagian penting jika ingin berat badan turun. Usahakan mengonsumsi makanan 45 menit setelah bangun. Ini penting sebab saat bangun tidur, metabolisme tubuh rendah dan perlu dipacu dengan makanan. Saat makan, metabolisme akan meningkat dan bisa membantu pembakaran lemak.

6 dari 6 halaman

Cara menurunkan berat badan

13. Tidur cukup

Cara menurunkan berat badan tidak selalu dari segi nutrisi dan makanan. Kebisaan untuk tidur cukup juga penting dalam menurunkan berat badan. Dengan tidur cukup akan mencegah penambahan berat badan. Sebab kualitas tidur yang buruk akan mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan. Ini berdampak pada seseorang jadi lebih cepat lapar dan akhirnya berat badan bisa naik.

 

14. Olahraga

Olahraga merupakan cara menurunkan berat badan yang wajib dilakukan. Bahkan, cara ini sudah diyakini berdampak positif bagi banyak orang. Coba olahraga kardio seperti jogging, lari, bersepeda, jalan cepat, atau hiking. Atau, bisa juga mencoba olahraga angkat beban di gym.

 

15. Jangan menyerah dan tetap semangat

Mungkin sering disepelekan, namun cara menurunkan berat badan yang terakhir ini adalah cara menurunkan berat badan yang sangat ampuh dan menjadi dasar dari semua cara menurunkan berat badan di atas.

Pasalnya, jika tidak ada niat dan tekad yang kuat, maka hasil dan tujuan tidak dapat tercapai. Itulah mengapa, selalu semangat serta jangan putus asa jika jarum timbangan belum bergeser ke arah kiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.