Sukses

Pria Ini Bayar Rp 5,7 Miliar Untuk Pindahkan Rumah Berusia 139 Tahun, Bikin Heboh

Meskipun sempat bikin heboh dan macet, namun rumah tersebut berhasil dipindahkan dengan sukses.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang menyebutkan bahwa membeli rumah itu bak mencari jodoh. Hal ini lantaran ada banyak faktor yang memengaruhi situasi dan kondisi dimana akhirnya orang memutuskan untuk membeli rumah.

Selain harganya yang tidak murah, ada faktor seperti lokasi, desain rumah, dan lain sebagainya yang memengaruhi keputusan untuk membeli rumah. Misalkan saja, lokasi sudah cocok, namun desainnya kurang sesuai.

Hal ini mungkin yang dirasakan oleh seorang makelar rumah bernama Tim Brown asal California yang baru-baru ini membuat heboh warganet. Pasalnya, bukanya membeli rumah baru, pria ini malah lebih memilih untuk memindahkan rumahnya ke lokasi yang lebih sesuai baginya.

Bangunan bergaya Victorian yang telah berusia 139 tahun ini pun sontak jadi sorotan ketika dalam proses pemindahannya ke lokasi baru yang berjarak kurang lebih 965 meter pada pekan lalu, Minggu (21/2/2021).

Berikut kisah selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (28/2/2021).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beli rumah sejak 2013

Tim Brown membeli rumah tersebut dengan harga $2.6 Milions atau senilai dengan Rp 37 Miliar pada tahun 2013. Rumah tersebut memiliki ukuran 480 Meter persegi dan terdiri dari dua lantai. Rumah ini memiliki desain bergaya Victorian dan telah di bangun sejak tahun 1882 yang artinya bangunan ini telah berusia 139 tahun.

Rumah ini berdiri di sebuah kawasan yang cukup strategis dan bernilai jual mahal. Ia pun terpikir untuk membangun apartemen modern yang berisi 48 unit di lokasi tersebut. Namun, karena desain rumah yang unik dan cukup bersejarah, akhirnya Tim merasa sayang jika harus menghancurkan atau melakukan perubahan yang terlampau banyak terhadap rumah ini.

Sebagai solusi, akhirnya Tim terpikirkan untuk memindahkan rumah tersebut ke lokasi baru.

 

3 dari 4 halaman

Rumah pindah 965 meter

Setelah mencetuskan untuk memindahkan lokasi bangunan, Tim Brown cukup dipusingkan dengan mengurus kurang lebih 15 perijinan agar rumah ini bisa menempati alamat barunya dari 807 Franklin St. menuju 635 Fulton St. Tak hanya mengurus perijinan gangguan lalu lintas, ia juga harus mengurus lahan parkir, serta lain sebagainya yang nantinya akan dilewati.

Pemindahan rumah berusia 139 tahun ini dimulai sejak pukul 6.15 pagi waktu setempat. Sejumlah alat berat pun dikerahkan dan membuat macet kawasan tersebut selama proses pemindahan rumah. Biaya yang dikeluarkan oleh Tim Brown selama proses pemindahan ini adalah $400,000 atau senilai dengan Rp 5,7 Miliar. 

Selain membuat jalanan macet, pemandangan tak lazim ini pun mengundang perhatian warga setempat. Banyak orang yang mengunggah momen pemindahan rumah ini di akun media sosialnya masing-masing dan membuatnya menjadi viral.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Berhasil dipindahkan

Rumah ini diangkut dengan kendaraan berat ke alamat barunya dari pagi hari dan selesai saat menjelang malam. Bahkan, roda kendaraan pengangkut rumah ini pun nampak kempes usai rumah tersebut berhasil dipindahkan.

Berdasarkan rencana Tim Brown, nantinya rumah ini akan diubah sebagai hunian mewah nan vintage dengan 7 unit yang terpisah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.