Arti MasyaAllah Tabarakallah dan Jawabannya yang Perlu Diketahui

Oleh Husnul Abdi pada 25 Feb 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 18:45 WIB
Arti MasyaAllah Tabarakallah
Perbesar
Arti MasyaAllah Tabarakallah. Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Arti masyaallah tabarakallah perlu dimengerti dan dipahami benar oleh seorang muslim. Kalimat ini biasanya diucapkan saat seseorang melihat sesuatu yang membuatnya kagum. Sebagai umat Islam, hendaknya kamu menyadari bahwa segala sesuatu di bumi ini adalah atas kuasa Allah SWT.

Ungkapan ini merupakan pujian untuk Allah SWT sekaligus doa memohon keberkahan dari-Nya. Rasa kekaguman seseorang terhadap sesuatu yang ada di muka bumi ini tentu seharusnya diungkapkan pada Allah SWT sebagai tanda kekaguman atas ciptaan-Nya.

Arti masyaallah tabarakallah bisa diucapkan saat kamu mengagumi apa saja, baik manusia ataupun benda. Selain itu, jika ada yang kagum kepada kamu, sudah sepatutnya kamu kembalikan pujian tersebut hanya kepada Allah SWT dengan ucapan Alhamdulillah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/2/2021) tentang arti masyaallah tabarakallah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Arti MasyaAllah

Arti MasyaAllah
Perbesar
Arti MasyaAllah. (Sumber: Pixabay)

Arti Masyaallah tabarakallah perlu diketahui maknanya secara terpisah. Arti Masyaallah tabarakallah memang berbeda. Arti Masyaallah di dalam Al-Qur’an terdapat dalam surat Al-Kahfi ayat 39.

Surat Al-Kahfi Ayat 39

“Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu "maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.”

Ketika berperan sebagai predikat, arti Masyaallah adalah “Inilah yang dikehendaki Allah.” Sementara ketika berperan sebagai kata benda, arti Masyaallah adalah “Apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang terjadi.” Tujuan pengucapan Masyaallah adalah untuk memuji-Nya. Memuji karena begitu takjub dengan segala yang diciptakan dan ditetapkan oleh Allah SWT.

Secara harafiah, arti masyaAllah adalah ‘apa yang dikehendaki oleh Allah, maka hal itulah yang terjadi’. Istilah ini biasanya diucapkan ketika seorang muslim mengetahui sesuatu hal yang menakjubkan. Hal ini dapat berarti pula bahwa arti Masyaallah adalah bentuk pujian dan doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Rasa ketertarikan tersebut kemudian dapat memunculkan rasa kekaguman berlebih terhadap segala ciptaan Allah. Arti masyaallah tabarakallah bisa kamu pahami dengan memahami arti kedua kata tersebut secara terpisah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Arti Tabarakallah

Arti masyaallah tabarakallah memang perlu dikenali secara terpisah. Walaupun arti masyaallah tabarakallah hampir sama, yaitu untuk mengungkapkan kekaguman, ternyata penggunaannya berbeda. Arti Tabarakallah merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

Di dalam Al-Qur’an, arti Tabarakallah berarti Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi. Ibnu Katsier menafsirkannya sesuai arti sebenarnya. Sementara Kementerian Agama Arab Saudi menafsirkan sebagai berkah yang banyak dan luas.

Jika dilihat dari penafsiran, arti Tabarakallah tidak tepat ditujukan sebagai ungkapan doa. Ketika mengungkap kekaguman, arti Tabarakallah baiknya disandingkan dengan ungkapan MasyaAllah. Bunyinya menjadi Masyaallah Tabarakallah.

Ketika kedua kata ini disandingkan, artinya akan saling berkesinambungan. Arti masyaallah adalah apa yang dikehendaki oleh Allah SWT, maka itulah yang terjadi. Lalu ketika dilanjutkan dengan tabarakallah, akan menjadi ungkapan kekaguman untuk memuji Allah SWT secara lengkap. Jadi, itulah arti masyaallah tabarakallah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jawaban Ketika Mendengar Masyaallah dan Tabarakallah

Masyaallah Tabarakallah
Perbesar
Ilustrasi Masyaallah Tabarakallah. Credit: freepik.com

Jawaban Ketika Mendengar Masyaallah

Saat mendengar istilah masyaallah tersebut terucap dari seorang Muslimin yang lain, maka hendaknya seorang Muslimin juga memberikan respon dengan ucapan yang baik. Balasan yang dapat diucapkan oleh seorang Muslimin saat mendengar Masyaallah adalah dengan istilah sebagai berikut:

"Wafiika barakallah"

Artinya:

Semoga Allah memberkatimu juga.

Kedua istilah yang diucapkan tersebut sama-sama merupakan pujian terhadap kuasa Allah SWT. Maka hal tersebut semakin memperjelas bahwa seorang manusia bukanlah makhluk yang sempurna tanpa karunia dan berkah dari Allah SWT atas segala sesuatu dan kemampuan akal pemberian-Nya.

Jawaban Ketika Mendengar Tabarakallah

Saat mendengar Tabarakallah dari orang lain, hendaknya umat Islam juga memberikan tanggapan dengan ucapan yang baik pula.

Balasan ucapan yang tepat untuk tabarakallah adalah:

“Jazakallah khair”

Jazakallah khair adalah sebuah ucapan yang berarti Allah SWT akan membalasmu dengan kebaikan.

Ucapan lain yang juga dapat menjadi balasan dari istilah tabarakallah adalah:

“Barakallah fii”

Artinya: semoga Allah memberkahimu.

Kedua ucapan tersebut juga sama-sama memiliki doa dan pujian yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Hal tersebut dapat bermakna bahwa umat Islam bukanlah makhluk yang sempurna tanpa karunia dan berkah dari Allah SWT atas kemampuan serta akal manusia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Mengucapkan Masyaallah Tabarakallah

Arti masyaallah tabarakallah memang sangatlah dalam. Tak hanya baik dijadikan sebagai doa, mengucapkan masyaallah juga menjadi pujian agar lebih dekat dengan sang pencipta. Jika diucapkan kepada orang lain, kebaikan juga akan didapat keduanya. Sementara jika diucapkan untuk diri sendiri, manfaatnya akan merasuk dengan sendiri.

Mengucap Masyaallah akan menjauhkan manusia dari sifat dengki dan iri lantaran pemberian yang begitu melimpah di kehidupannya di dunia kepada orang lain. Padahal, dengki merupakan sifat manusia yang tidak disenangi oleh Allah SWT.

Maka, dengan mengucap dan memahami arti Masyaallah, manusia menjadi lebih tenang sebab semua pemberian Allah SWT dapat sewaktu-waktu juga terjadi di dalam kehidupan kita. Sebaliknya, semua pemberian Allah yang telah ada di dalam hidup kita juga dapat diambil sewaktu-waktu tanpa disadari.

Mengucap tabarakallah disebut dapat menjauhkan manusia dari sifat dengki hingga takabur atau sombong. Sebab, Allah SWT memang tidak menyukai hamba-Nya yang memiliki sifat dan sikap sombong terhadap apa yang menjadi miliknya.

Maka dengan mengucap dan memahami arti tabarakallah, manusia yang memiliki kelebihan hingga dirinya pun merasa terkagum akan selalu mengingat akan kuasa Allah SWT atas hidupnya. Ia tak lebih dari seorang hamba Allah SWT yang sewaktu-waktu dapat merasakan kehidupan yang berbalik dengan keadaannya saat ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya