Sukses

13 Manfaat Bunga Telang Ungu yang Jarang Diketahui, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Segudang manfaat bunga telang ungu berasal dari sifat alaminya.

Liputan6.com, Jakarta Belum banyak yang tahu tentang manfaat bunga telang ungu. Tanaman merambat ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikroorganisme, sampai antidiabetes.

Dari segudang sifat alami inilah yang menjadikan manfaat bunga telang ungu baik untuk kesehatan dan kecantikan. Mulai dari mengatasi diabetes, penyakit saraf, alzeimer, asma, kanker, penuaan dini, sampai mencerah kulit wajah secara alami.

Bunga dengan nama ilmiah Clitoria Ternatea ini cocok dikonsumsi dalam bentuk teh, tentu saja agar bisa merasakan manfaat bunga telang ungu, ya! Dilansir dari laman plantcaretoday.com, bunga telang ungu merupakan tanaman herbal asli dari Asia tropis.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat bunga telang ungu yang jarang diketahui dari berbagai sumber, Kamis (25/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Telang Ungu

Diabetes

Manfaat bunga telang ungu untuk kesehatan bisa diandalkan untuk atasi masalah diabetes. Diabetes Mellitus (DM) merupakan gangguan metabolik yang ditandai oleh hiperglikemia (gula darah tinggi), dislipidemia (gangguan metabolism lipoprotein), dan metabolism protein abnormal akibat terganggunya sekresi insulin.

Efek hipoglikemia ekstrak bunga telang sudah dibuktikan dengan percobaan pada tikus. Pemberian ekstrak air bunga telang secara oral (400 mg/kg berat badan) kepada tikus dapat menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin. Hal ini yang membuat manfaat bunga telang ungu dapat meningkatkan insulin serum, glikogen otot hati, dan tulang. 

Aktivitas antidiabetes suatu komponen aktif dapat pula melalui penghambatan pembentukan produk akhir glikasi lanjut (advanced glycation end products - AGEs). Ekstrak bunga telang pada konsentrasi 0,25-1,00 mg/ml dilaporkan secara signifikan menghambat pembentukan AGE, serta mengurangi kadar fruktosamin dan oksidasi protein.

Anti Kanker

Bunga telang memiliki komponen zat aktif antikanker. Tak heran jika manfaat bunga telang ungu cocok atasi masalah kanker. Bahkan sudah ada pula beberapa penelitian yang dengan gamblang memaparkan manfaat bunga telang ungu ini.

Aktivitas anti-proliferasi ekstrak bunga telang terhadap enam jenis lini sel kanker telah diamati oleh Neda et al. (2013) dalam International Food Research Journal. Ekstrak air bunga telang potensial menghambat lini sel kanker payudara MCF-7.

Hanya saja tidak terlalu efektif menghambat lini sel kanker payudara MDA-MB231, lini sel kanker ovarium, lini sel kanker serviks, lini sel kanker hati dan lini sel kanker kelamin pria.

Selain itu, ekstrak metanol bunga telang memiliki aktivitas menekan angiogenesis. Angiogenesis merupakan proses pembentukan pembuluh darah baru yang dilakukan oleh sel kanker.

Penyakit Saraf 

Manfaat bunga telang ungu dapat mencegah penyakit saraf karena kandungan antioksidannya. Antioksidan dalam bunga telang akan menangkal radikal bebas, penghambatan enzim oksidatif, sebagai pengkelat ion logam, dan sebagai kofaktor enzim antioksidan.

Banyak penelitian menunjukkan, ada hubungan antara radikal bebas dan gangguan suasana hati, seperti kecemasan dan depresi, serta penyakit neurologis seperti Parkinson dan Alzheimer. 

Antioksidan bisa berfungsi memerangi peradangan saraf yang disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dianggap jadi penyebab penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. 

Maka dengan mengurangi radikal bebas dengan manfaat bunga telang ungu, antioksidan dapat memperbaiki gejala yang terkait dengan kecemasan dan depresi. Berdasarkan metode ORAC, aktivitas antioksidan bunga telang lebih baik dibandingkan dengan buah Ardisia colorata dan buah jamblang.

3 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Telang Ungu

Antiinflamasi

Bunga telang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. Tak heran jika manfaat bunga telang ungu mampu menghilangkan rangsangan berbahaya. Termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, patogen, dan memulai proses penyembuhan.

Antiinflamasi merupakan komponen yang dapat untuk mengurangi peradangan. Bahan antiinflamasi pun berperan sebagai analgesik yang dapat memengaruhi sistem saraf untuk menghambat sinyal nyeri ke otak. 

Efek antiinflamasi dan analgesik ekstrak petroleum eter bunga telang (masing-masing dengan kadar 200 mg/kg berat badan dan 400 mg/kg berat badan) pada tikus percobaan dilaporkan oleh Shyam kumar & Ishwar (2012) dalam International Research Journal of Pharmacy.

Aktivitas inflamasi dari ekstrak etanol bunga telang menunjukkan bahwa kinerja ekstrak bunga telang setara dengan kinerja aspirin. Efek antiinflamasi ekstrak manfaat bunga telang ungu pada peradangan dapat melindungi penyakit peradangan kronis. Terutama dengan menekan produksi mediator pro-inflamasi yang berlebihan dari sel makrofag.

Asma

Manfaat bunga telang ungu untuk kesehatan selanjutnya bisa mengatasi masalah asma. Pengobatan ini pun sudah banyak diterapkan di India, atasi masalah asma dan batuk. Serangkaian studi telah dilakukan untuk mengonfirmasi kinerja bunga telang sebagai antiasma dan pereda batuk.

Rangkaian studi itu meliputi aplikasi ekstrak bunga telang dosis tinggi (100, 200, dan 400 mg/kg berat badan hewan percobaan) sebagai antiasma akut dan kronis, meredakan batuk yang diinduksi sulfur dioksida dan asam sitrat, serta aktivitas anti-inflamasi pada tikus yang diinduksi karagenan dan asam asetat.

Rangkaian studi manfaat bunga telang ungu tersebut menghasilkan satu kesimpulan. Ekstrak bunga telang yang terstandar berpotensi sebagai terapi alternatif asma. Terutama dalam penanganan asma yang diinduksi oleh alergi.

4 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Telang Ungu

Kerusakan Hati

Masalah kerusakan hati memang menakutkan sekali. Untungnya manfaat bunga telang ungu ini bisa membantu mengatasi. Aktivitas bunga telang untuk mencegah kerusakan hati (efek hepatoprotektif).

Manfaat bunga telang ungu ini dilaporkan oleh Nithianantham, et al. (2013) dalam Asian Pacific Journal of Tropical Disease. Pada penelitian mereka ekstrak bunga telang diberikan kepada tikus percobaan yang mengalami kerusakan hati.

Hasil percobaan menunjukkan bahwa tikus yang diberi ekstrak bunga telang (200 mg/kg) mengalami penurunan kadar keempat senyawa indikator kerusakan hati. Jadi manfaat bunga telang ungu ini memang tak perlu diragukan lagi.

Kekebalan Tubuh

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci sehat. Berbagai macam penyakit berbahaya bisa ditangkal dengan mudah karenanya. Mulai dari masalah flu, pilek, batuk, dan infeksi lainnya.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat ini bisa didapat dari manfaat bunga telang ungu. Kandungannya sudah teruji efektif dalam melawan berbagai bakteri yang merugikan tubuh. Saat flu menjadi ancaman di cuaca yang tidak bersahabat.

Selain itu, manfaat bunga telang ungu bisa mengatasi masalah metabolisme. Terutama untuk mengontrol berat badan. Hal ini dipengaruhi oleh kemampaunnya mendorong pembakaran kalori dan meningkatkan hormon pembakaran lemak.

5 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Telang Ungu

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi memang sumber penyakit berbahaya. Untuk bisa menghindarinya, mengontrol tekanan darah bisa dijadikan solusinya. Untungnya kontrol ini bisa didapat dari manfaat bunga telang ungu.

Jika tekanan darah dapat dikontrol dengan baik, maka hipertensi tak akan terjadi. Begitu juga masalah gagal jantung bisa dihindari dengan mudahnya. Cobalah konsumsi teh telang untuk merasakan manfaat bunga telang ungu.

Selain itu, masalah stres bisa diatasi dengan kandungan adaptogenik bunga telang. Stres ini yang dapat terkontrol ini sangat efektif menjaga tekanan darah tinggi. Bahkan terdapat antsiolitik yang ampuh atasi masalah depresi.

Antimikroorganisme

Bunga telang memiliki aktivitas antimikroorganisme yang luas. Mulai dari bakteri gram positif, bakteri gram negatif, dan fungi. Manfaat bunga telang ungu untuk kesehatan sebagai antimikroorganisme ini patut digaris bawahi.

Sifat yang dimiliki ekstrak bunga telang ini bisa membantu menghambat pertumbuhan tiga bakteri patogen. Bakteri Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus and Escherichia coli. Jadi tak heran jika manfaat bunga telang ungu bisa jauhkan dari berbagai macam penyakit berbahaya.

6 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Telang Ungu

Obesitas

Obesitas memang sumber dari berbagai masalah penyakit berbahaya. Obesitas ini dipengeruhi oleh indeks massa tubuh yang berlebihan. Untuk bisa mengontrolnya dan terhindar dari obesitas, manfaat bunga telang ungu ini bisa diandalkan.

Obesitas terkait dengan pembentukan jaringan lemak. Bunga telang bisa dipakai sebagai antiobesitas. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuannya menghambat adipogenesis (pembentukan jaringan lemak).

Mencerahkan Kulit

Manfaat bunga telang ungu dapat membantu mencerhakan kulit karena kandungan antioksidannya. Studi terhadap aktivitas antioksidasi 15 jenis bunga menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang merupakan salah satu dari bunga yang memiliki aktivitas antioksidasi paling tinggi.

Salah satu manfaat bunga telang ungu dari antioksidan untuk kulit adalah untuk mencerahkan. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dan paparan sinar matahari sering memicu perubahan dalam produksi melanin kulit sehingga warna kulit tidak merata.

Antioksidan ini dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal. Beberapa antioksidan, seperti vitamin C, juga berfungsi sebagai penghambat tirosinase (enzim yang merangsang produksi melanin).

7 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Telang Ungu

Mencegah Kanker Kulit

Kerusakan DNA pada kulit akibat radikal bebas dapat menyebabkan mutasi sel yang memicu terjadinya kanker kulit. Manfaat bunga telang ungu, ajaibnya bisa membantu mencegah kanker kulit ini karena antioksidannya dapat berperan menangkal radikal bebas.

Antioksidan dapat menghalau pembentukan dan menetralkan radikal bebas jika telah terbentuk. Beberapa antioksidan, seperti vitamin A, C, dan E, memiliki sifat antikarsinogenik yang dapat membantu mencegah timbulnya kanker. Tentunya, manfaat bunga telang ungu untuk kulit yang satu ini tak dapat diremehkan. 

Satu penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak manfaat bunga telang ungu dapat melindungi eritrosit anjing dari hemolisis dan kerusakan oksidatif. Hal inilah yang kemudian membuat ekstrak bunga telang efektif melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif.

Mencegah Penuaan

Antioksidan bukan hanya mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker kulit. Manfaat bunga telang ungu juga efektif mencegah masalah penuaan dini. Aktivitas antioksidasi bunga telang yang diekstraksi dengan berbagai prosedur dan pelarut pada sejumlah penelitian.

Jika jumlah radikal bebas terlalu banyak di dalam kulit, akan terjadi proses penuaan dini di kulit dengan cara mengurangi produksi kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit, dan memicu peradangan. 

Di sinilah peran manfaat bunga telang ungu dari antioksidan dibutuhkan, yaitu dengan mencegah aktivitas oksidatif sel dan meregenerasi vitamin E agar kulit dapat meningkatkan produksi kolagennya. Jadi dapat dipastikan bahwa manfaat bunga telang ungu efektif mengatasi masalah penuaan dini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini