Sukses

Bikin Suasana Kerja di Rumah Lebih Asik dengan 6 Cara Ini, Ampuh Bos!

ini ada beberapa tips agar suasana kerja di rumah lebih asik, semangat dan terhindar dari rasa bosan.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa situasi pandemi sudah hampir satu tahun melanda Indonesia. Bulan Maret depan bisa dibilang genap setahun sudah Indonesia dilanda bencana virus yang telah menelan ribuan korban jiwa dan mengubah drastis kehidupan masyarakat kita.

Ruang gerak masyarakat kini terbatas demi mencegah penyebaran virus. Perkembangan teknologi digital bahkan tren sistem kerja dari rumah atau work from home. Kalau pandemi saja sudah hampir setahun, berarti ada orang-orang yang juga hampir setahun melaksanakan WFH. Rasa bosan, syukur, dan rindu dengan suasana kantor pasti sudah campur aduk.

Kalau yang sesekali masih harus datang atau piket ke kantor mungkin bisa merasakan suasana baru. Ini ada lho orang-orang yang berbulan-bulan dan hampir setahun WFH. Buat kamu yang termasuk kategori full WFH, ini ada beberapa tips agar suasana kerja di rumah lebih asik, semangat dan terhindar dari bosan.

1. Beri sentuhan baru di ruangan kerja

Biar gak bosan kerja di rumah, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memberikan sentuhan kesegaran di ruangan kerja atau sekitar meja kerja kamu. Pertama, bisa mulai dengan mengubah posisi meja dan kursi. Kedua, lengkapi dengan bunga yang cantik dan penuh warna.

Ketiga, beri pengharum ruangan atau aroma terapi yang melegakan. Keempat, putar musik favorit kamu untuk menemani seharian kerja di rumah. 

Kamu juga bisa terapkan untuk meja belajar sang anak, yang juga menjalankan aktivitas belajar di rumah. Untuk aksesoris atau hiasan yang bisa percantik ruang kerjamu bisa belanja online, tanpa perlu ke luar rumah.

2. Bikin aktivitas seru, bukan pekerjaan berat

Jika biasanya kamu menghabiskan waktu istirahat dengan bersama rekan kerja dan teman-teman, maka di rumah saatnya menikmati kebersamaan dengan keluarga. Ciptakan kegiatan seru di rumah dengan berbagai permainan kreatif. Misalnya main kartu, ular tangga, puzzle, monopoli hingga permainan tebak kata. Bikin challenge juga supaya permainan semakin seru dan tidak membosankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Makan siang yang variatif

Bayangin kantor pasti asik banget ya, apalagi kalau itu foodcourt mall sudah pasti bikin ngiler dengan berbagai menu enaknya. Sekarang ini gampang banget untuk wujudkan berbagai menu makan siang yang variatif. Kamu tinggal pesan online. Menu dari restoran mana saja tinggal pilih.

Namun, jangan terus menerus pesan diluar, nanti pengeluaranmu bisa boros. Untuk bisa hemat tetap masak makanan di rumah, tinggal request ke pasangan atau bikin sendiri menu makanannya. Untuk bahan-bahan makanan kamu tidak harus pusing atau dilema harus pergi ke supermarket. Kamu bisa memanfaatkan layanan belanja groceries online di Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

4. Jalankan hobi baru, ciptakan peluang

Kerja di rumah aja bisa jadi kesempatan menarik untuk mencoba hobi-hobi baru. Jika sebelumnya harus berangkat pagi dan pulang lama, sekarang lebih banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi. Dari olahraga di dalam ruangan, berkebun, bertukang, memasak, dekorasi rumah, bikin kerajinan, memelihara ikan cupang, hingga menekuni keterampilan biar bisnis sampingan bisa makin lancar.

 

Mumpung lagi kerja di rumah dan gak ada orang lain yang ganggu, kamu bisa juga kembangkan skill bikin konten-konten social media marketing, podcast hingga bikin youtube dan vidio.com channel. Segala aktivitas yang bisa menghasilkan karya dan cuan bisa jadi suasana kerja di rumah jadi lebih asik dan semangat

5. Manjakan diri, pijat-pijat cantik

Kerja terus tentu bikin badan dan pikiran lelah, apalagi jika di rumah harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga. Ditambah tidak banyak pemandangan yang bisa dilihat untuk menyegarkan mata. Jalan keluarnya adalah manjakan diri kamu, lakukan me time yang kamu sukai.

Kalau memang lelah banget, minta pasangan untuk memberikan pijatan cantik. Atau bisa menggunakan alat pijat yang ada di rumah. Aktivitas pijat ini juga penting untuk memperlancar sirkulasi darah.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya...

6. Olahraga dan minum vitamin

Untuk mendukung suasana kerja di rumah lebih asik dan penuh semangat, kamu juga perlu melakukan olahraga secara rutin. Jika sulit setiap hari secara teratur, minimal sebelum bekerja kamu melakukan peregangan tubuh, begitupun selesai bekerja. Supaya badan tidak kaku karena terlalu lama duduk dan lain sebagainya.

Terakhir, mengonsumsi makanan dirasa kurang cukup untuk menyehatkan dan memperkuat daya tahan tubuh, kamu bisa menambahnya dengan mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung multivitamin dan mineral. Salah satunya adalah suplemen dalam bentuk sediaan tablet effervescent yang diproduksi oleh Bayer Indonesia. 

Suplemen tersebut mengandung Kalsium, Vitamin B6, Vitamin D dan Vitamin C yang digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium untuk tulang pada orang dewasa dan membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian yang penting pada masa pertumbuhan. Selain itu juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil dan menyusui, serta bila diperlukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan setelah sakit.

Itulah beberapa cara untuk membuat suasana kerja di rumah lebih asik dan semangat. Selamat mencoba!

Stay healthy and happy.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini