CSR adalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Simak Program Milik Perusahaan Dunia

Oleh Laudia Tysara pada 11 Feb 2021, 10:20 WIB
Diperbarui 11 Feb 2021, 10:20 WIB
Google
Perbesar
Kantor pusat Google di Mountain View. (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Liputan6.com, Jakarta Membangun sebuah perusahaan, tidak lepas dari yang namanya program CSR. CSR adalah kepanjangan dari Corporate Social Responsibility. Keberadaan CSR bukan lagi mencari keuntungan, tetapi diharapkan dapat memberi dampak tertentu.

Dalam sebuah perusahaan, CSR adalah bagian dari tanggung jawab sosialnya terhadap lingkungan yang dapat memberikan banyak manfaat. Paling utama untuk hubungan masyarakat, pelanggan, dan pemangku kepentingan. 

CSR di Indonesia diatur dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas (UUPT) pasal 1 ayat 3. Dalam Undang-Undang ini dijelaskan bahwa CSR adalah tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagai komitmen perusahaan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Agar bisa lebih memahami CSR adalah tanggung jawab sosial perusahaan, berikut Liputan6.com ulas penjelasannya dari berbagai sumber, Kamis (11/2/2021).

Pengertian CSR Menurut Para Ahli

Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels
Perbesar
Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels

Wibisono (2007: 7)

CSR adalah suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi dari komunitas setempat atau masyarakat luas, bersaman dengan peningkatan taraf hidup pekerja beserta keluarganya.

Suharto (2007: 16)

CSR adalah operasi bisnis yang berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara finansial, tetap juga untuk pembangunan sosial ekonomi kawasan secara holistik, melembaga dan berkelanjutan.

Commision of the European Communities

CSR adalah konsep di mana perusahaan memutuskan secara suka rela untuk memberikan kontribusi demi menciptakan lingkungan yang lebih bersih serta masyarakat yang lebih baik.

Kotler dan Nancy (2005)

CSR adalah komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan.

Fraderick

CSR adalah prinsip yang menerangkan bahwa perusahaan harus dapat bertanggungjawab terhadap efek yang berasal dari setiap tindakan didalam masyarakat maupun lingkungannya.

The World Business Council for Sustainable Development

CSR adalah suatu komitmen bisnis untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerja dengan karyawan perusahaan, keluarga karyawan tersebut, berikut komunitas setempat (lokal) dan masyarakat secara keseluruhan dalam rangka memperbaiki kualitas hidup.

Memahami CSR Lebih Jauh

Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels
Perbesar
Ilustrasi diskusi | fauxels dari Pexels

Kepanjangan CSR adalah Corporate Social Responsibility. Dalam sebuah lembaga atau perusahaan, peran CSR sangat diperlukan untuk pengembangan. CSR adalah bagian dari pembangunan berkelanjutan yang diinisasi oleh perusahaan.

CSR tidak sekadar diadakan untuk mendapat keuntungan atau laba bagi sebuah lembaga. Melainkan digunakan untuk bisa memberikan dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan perusahaan itu berada.

Bagi perusahaan yang menjalankan program CSR, kenyataannya bisa mendapat banyak keuntungan. CSR adalah salah satu program kuat yang harus dimiliki perusahaan agar bisa mendapat banyak manfaat dari hubungan masyarakat, pelanggan, dan pemangku kepentingan.

Intinya, CSR adalah bagian dari rasa tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya. Tanggung jawab ini meliputi kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan, menjaga lingkungan, memberikan beasiswa, dana pemeliharaan fasilitas tertentu, dan masih banyak lagi.

Implementasi CSR

CSR
Perbesar
Ilustrasi program CSR | Foto ilustrasi : pexels.com/@n-voitkevich

Konsumen

Implementasi dalam bentuk penggunaan material yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya.

Karyawan

Implementasi dalam bentuk persamaan hak dan kewajiban seluruh karyawan tanpa membedakan ras, agama, suku dan golongan.

Komunitas dan Lingkungan

Implementasi dalam bentuk kegiatan kemanusiaan ataupun lingkungan hidup.

Kesehatan dan Keamanan

Implementasi dalam bentuk penjagaan serta pemeliharaan secara rutin atas fasilitas dan lingkungan kantor.

Program CSR Perusahaan Dunia

Sejumlah Fakta Dibalik Logo Studio Film Terkenal
Perbesar
Fakta dibalik logo studio film Walt Disney. Source: Mentalfloss.com

Bloomberg

Bloomberg Philantropies adalah bagian dari kerajaan media Bloomberg yang berfokus pada peningkatan taraf hidup dalam berbagai aspek.

Mengupayakan perubahan lingkungan dengan penekanan pada pengembangan energi bersih serta membangun kota-kota yang berkelanjutan.

Program ini juga turut meningkatkan kesehatan publik dengan pencegahan kegemukan, pengendalian distribusi tembakau serta keselamatan di jalan.

Disney

Setiap tahunnya, Disney mempublikasikan laporan CSR-nya berkisar upaya-upaya apa saja yang sudah dilakukan untuk peningkatan standar kesejahteraan buruh, hidup sehat, perlakuan adil di lingkup kerja hingga komunitas. Contoh dari program yang diterapkan adalah standarisasi toleransi tingkat emisi pada taman-taman hiburan.

Program CSR Perusahaan Dunia

Logo Google
Perbesar
Kantor pusat Google. Foto: Digital Trends

Google

Menurut Reputation Institute, google sempat lama menduduki peringkat pertama di dunia untuk program-program CSR-nya. Penerapan transparansi dilingkungan kerja dengan menomorsatukan perilaku yang baik menjadi program andalan perusahaan raksasa yang satu ini.

Duracell

Dengan produk baterai yang dikenal bisa diandalkan, Duracell memiliki PowerForward program yang dirancang untuk membantu daerah-daerah yang terkena bencana. Sejak tahun 2011 lalu

program ini telah membagikan hampir setengah juta baterai secara cuma-cuma bagi sekitar 34 ribu keluarga yang membutuhkan. Bantuan ini juga termasuk akses internet dan tempat untuk mengisi ulang gadget sehingga mereka bisa berkomunikasi dengan sanak famili.

Lego

Produsen mainan edukasi ini memiliki reputasi yang baik dalam perilaku kerja yang etis, pelaksanaan bisnis yang adil, dan beroperasi setransparan mungkin.

Lego memiliki dua program yaitu Build the Change da Sustainable Materials Center dan bekerja sama dengan WWF untuk mendorong leibh banyak linkungan yang berkelanjutan.

perusahaan ini  juga berkomitmen pada tahun 2030 nanti akan memproduksi produknya denganmenggunakan bahan-ahan yang lebih ramah lingkungan.

Tujuan dan Manfaat CSR bagi Perusahaan

Ilustrasi Diskusi
Perbesar
Ilustrasi diskusi | (dok. Piixabay.com/Putu Elmira)

Tujuan CSR

Tujuan CSR (Corporate Social Responsibility) menurut (Saputri: 2011) adalah sebagai berikut.

1. Untuk meningkatkan citra dari perusahaan. Biasanya secara implisit. Asumsi bahwa perilaku perusahaan secara fundamental adalah baik.

2. Untuk membebaskan akuntabilitas organisasi atas dasar asumsi adanya kontrak sosial di antara organisasi dan masyarakat.

3. Sebagai perpanjangan dari pelaporan keuangan tradisional dan tujuannya ialah untuk memberikan informasi kepada investor.

Manfaat CSR

1. Mempertahankan serta mendongkrak reputasi dan citra perusahaan.

2. Mendapatkan lisensi untuk beroperasi secara sosial.

3. Melebarkan akses sumberdaya untuk operasional usaha.

4. Mereduksi risiko bisnis perusahaan.

5. Mereduksi biaya (salah satu contoh: dampak pembuangan limbah).

6. Membuka peluang pasar lebih luas.

7. Meningkatkan semangat dan produktivitas para karyawan.

8. Memperbaiki hubungan dengan stakeholder (pemangku kepentingan).

9. Memperbaiki hubungan dengan regulator.

10. Peluang untuk mendapatkan pekerjaan. 

Lanjutkan Membaca ↓