Sukses

5 Cara Cek Tagihan Listrik Cepat dan Mudah, Bisa Online

Cara cek tagihan listrik kini makin mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara cek tagihan listrik kini makin mudah. Bagi Anda yang masih menggunakan layanan listrik pascabayar, cara cek tagihan listrik menjadi hal yang penting diketahui. Dengan cara cek tagihan listrik, Anda jadi bisa memperkirakan pengeluaran bulanan.

Saat ini ada banyak cara cek tagihan listrik. Anda bahkan tak perlu datan ke kantor PLN untuk bisa mengecek tagihan listrik. Cukup dengan ponsel dan sambungan internet, cara cek tagihan listrik bisa dilakukan di rumah.

Cara cek tagihan listrik bukanlah hal yang rumit. Anda bisa mengetahui tagihan listrik bulanan dengan cepat dan mudah. PLN sendiri memberi layanan bagi pelanggannya untuk bisa mengecek tagihan listrik dengan mudah. Berikut cara cek tagihan listrik secara online, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(4/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara cek tagihan listrik dari website PLN

Cara cek tagihan listrik yang pertama adalah melalui situs resmi PLN. Cara ini bisa Anda lakukan di ponsel maupun PC. Berikut cara cek tagihan listrik dari website PLN:

1. Buka browser dan masuk ke alamat https://layanan.pln.co.id/

2. Untuk bisa mengecek tagihan listrik, Anda harus login terlebih dahulu. Jika belum pernah login sebelumnya, Anda harus registrasi akun.

3. Untuk registrasi, pada laman yang sudah dibuka, pilih "Daftar Akun". Isi nama pemohon, email, ID Pelanggan / No. Meter, nomor HP, kata sandi, konfirmasi kata sandi dan kode chapta. Lalu centang persetujuan syarat dan ketentuan. Klik daftar.

4. Setelah berhasil registrasi, Anda bisa membuka link https://layanan.pln.co.id/informasi-tagihan-listrik-pembelian-token-pln atau pada beranda, pilih menu "Info Lainnya" di pojok kanan atas, lalu pilih Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token.

5. Dari sini Anda bisa mengetahui tagihan listrik terbaru Anda.

3 dari 7 halaman

Cara cek tagihan listrik dari aplikasi PLN Mobile

PLN juga punya aplikasi untuk melayani pelanggannya yang diberi nama PLN Mobile. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk cek tagihan listrik, tapi juga bisa digunakan untuk mengecek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, info status listrik, info progres permohonan, dan sebagai sarana pengaduan keluhan pelanggan.

Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Play Store. Berikut cara cek tagihan listrik dari aplikasi PLN Mobile:

1. Download dan isntal aplikasi PLN Mobile di Play Store.

2. Pilih menu Informasi pada tab menu.

3. Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.

4. Masukan ID pelanggan atau nomor meteran.

5. Klik Cari.

6. Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik serta besaran nominalnya.

4 dari 7 halaman

Cara cek tagihan listrik lewat SMS

Cara cek tagihan listrik selanjutnya adalah melalui layanan SMS. PLN juga menawarkan layanan SMS bulanan untuk menginformasikan tagihan pascabayar. Layanan ini tersedia bagi pengguna operator Telkomsel, Indosat, dan XL. SMS akan dibebankan biaya sebesar Rp 500 tidak termasuk ppn 10%) per SMS.

Cara cek tagihan listrik lewat SMS ini bisa dilakukan secara berlangganan atau hanya sekali saja. Jika Anda mengaktifkan SMS berlangganan, PLN akan otomatis mengirim SMS untuk memberi informasi tagihan listrik tiap bulannya. Berikut cara cek tagihan listrik lewat SMS:

Cara cek tagihan listrik lewat SMS tanpa berlangganan:

Kirim SMS dengan format REK (Spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123

Cara cek tagihan listrik lewat SMS berlangganan:

Kirim SMS dengan format PLN (Spasi) ON (Spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123

Jika ingin berhenti kirim SMS dengan format PLN (Spasi) OFF (Spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123.

5 dari 7 halaman

Cara cek tagihan listrik lewat lewat telepon

Selain online dan SMS, Anda juga bisa mengecek tagihan listrik melalui telepon. Cara cek tagihan listrik lewat ini adalah dengan menelepon langsung call center PLN di 123.

Anda cukup menekan 123 pada telepon. Jika menggunakan ponsel, maka gunakan kode area sebelum 123. Misal, Anda berada di Jakarta maka tekan 021123. Setelah itu, Anda bisa menanyakan langsung tagihan telepon pada customer service dengan memberi tahu ID pelanggan.

6 dari 7 halaman

Cara cek tagihan listrik lewat Bukalapak

Selain menggunakan layanan resmi dari PLN, Anda juga bisa memanfaatkan fitur para pihak ketiga. Salah satu situs yang bisa membantu mengecek tagihan listrik adalah situs Bukalapak. Anda bahkan juga bisa membayar langsung tagihan PLN dari situs ini. Berikut cara cek tagihan listrik dari Bukalapak:

1. Buka https://www.bukalapak.com/listrik-pln/tagihan-listrik

2. Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran ke dalam kolom yang ada.

3. Tagihan listrik akan tertera pada halaman tersebut.

Selain melalui website Bukalapak, Anda juga bisa mengecek tagihan listrik dari aplikasi Bukalapak. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Bukalapak.

3. Kemudian pilih opsi Tagihan Listrik.

4. Masukkan 12 nomor ID pelanggan atau nomor meter.

5. Klik Beli.

6. Kemudian Anda akan masuk atau log-in melalui akun Bukalapak.

7. Jika belum memiliki akun Bukalapak, segera buat akun Bukalapak terlebih dahulu dan dapatkan pengalaman belanja online terbaik dan aman di Bukalapak.

8. Saat membayar iuran listrik di Bukalapak, secara otomatis tertera nominal yang harus dibayarkan, termasuk denda (bila ada).

9. Selesai.

 

 

7 dari 7 halaman

Cara mengetahui ID pelanggan PLN

Saat menggunakan cara cek tagihan PLN apapun, Anda pasti akan diminta memasukkan ID pelanggan. Jika Anda lupa ID pelanggan atau bahkan tidak tahu seperti apa ID pelanggan, ada beberapa cara untuk mengetahuinya.\\

Lihat Struk PLN

Cara mengetahui ID pelanggan PLN yang paling mudah adalah melihat struk pembayaran tagihan PLN sebelumnya. ada struk pembayaran tersebut biasanya terdapat nomor ID pelanggan.

Lihat meteran di rumah

Jika tidak bisa menemukan struk PLN, cara mengetahui ID pelanggan yang paling mudah adalah dengan melihat langsung meteran listrik di rumah. Coba periksa barcode dalam meteran tersebut. Biasanya di bawah barcode tertera 11 hingga 12 digit angka yang merupakan ID pelanggan PLN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini