15 Cara Menguruskan Badan yang Cepat dan Sehat

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 04 Feb 2021, 11:40 WIB
Diperbarui 04 Feb 2021, 11:40 WIB
Memulai Topik Pembicaraan dengan Mengomentari Bentuk Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh ideal memang jadi dambaan banyak orang. Untuk mencapai tujuan tersebut, tidak jarang cara menguruskan badan yang kelewat ekstrem dilakukan. Parahnya, banyak yang sampai tidak mau mengonsumsi makanan sama sekali, bahkan mengonsumsi obat diet yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Padahal cara menguruskan badan tersebut sangat salah dan bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Maka dari itu, perlu dilakukan cara menguruskan badan yang sehat dan tepat dan tidak perlu takut untuk konsumsi makanan.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara menguruskan badan yang tepat dan tentunya aman bagi tubuh, Kamis (4/2/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menguruskan Badan

Makanan dengan Kandungan Karbohidrat yang Tinggi
Perbesar
Ilustrasi Nasi Credit: pexels.com/pixabay

1. Kurangi asupan karbohidrat

Cara menguruskan badan yang pertama dengan mengurangi asupan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Tapi tidak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya. Coba ganti jenis karbohidrat tersebut dengan jenis karbohidrat kompleks. Namun ingat, tetap dengan porsi yang diperhatikan dan jangan berlebihan.

 

2. Hindari makanan olahan

Makanan olahan adalah jenis makanan yang hampir seluruh nutrisi dan serat bermanfaatnya sudah hilang. Makanan olahan tersebut bisa meningkatkan risiko makan berlebihan dan penyakit. Makanan olahan sendiri jenisnya seperti tepung putih, roti putih, minuman kemasan, soda, makanan ringan, atau junk food.

 

3. Kurangi asupan gula

Cara menguruskan badan yang selanjutnya, bisa dengan mengurangi asupan gula. Selain meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit seperti diabetes tipe-2, konsumsi gula berlebih juga bisa menjadi penyebab berat badan bertambah.

Jika membatasi konsumsi gula sulit dilakukan, maka bisa dengan mengganti jenis gula yang dikonsumsi. Contohnya mengganti gula pasir dengan gula arena tau madu sebagai pemanis.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menguruskan Badan

Tekstur Daging Sapi Lebih Padat dan Keras
Perbesar
Ilustrasi Daging Sapi Credit: freepik.com

4. Cukupi kebutuhan protein

Cara menguruskan badan dengan asupan protein tinggi sangatlah tepat. Cara menguruskan badan dengan tinggi protein ampuh membuat tubuh merasa lebih kenyang dan sangat baik dalam menekan nafsu makan.

Umumnya, tubuh akan membakar kalori ketika mencerna serta melakukan metabolisme protein. Hal ini yang membuat diet tinggi protein turut berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh bahkan hingga 80-100 kalori per hari. Protein yang dapat dikonsumsi seperti telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, serta kacang-kacangan.

 

5. Konsumsi buah dan sayur

Selain konsumsi protein tinggi, jangan lupa konsumsi juga sayur dan buah. Buah mengandung air, nutrisi dan serat yang sangat tinggi, sehingga baik dalam menjaga pencernaan. Selain itu, serat tersebut juga membantu menekan nafsu makan karena serat akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat.

 

6. Konsumsi lemak sehat

Perlukah konsumsi lemak saat sedang diet? Konsumsi lemak sehat adalah salah satu bagian dari cara menguruskan badan yang cepat. Ini karena lemak sehat diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta kolesterol jahat. Sumber lemak sehat yang bisa dikonsumsi seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menguruskan Badan

ilustrasi minum air putih di waktu yang tepat/unsplash
Perbesar
ilustrasi minum air putih di waktu yang tepat/unsplash

7. Perbanyak minum air

Meski bisa mendapatkan asupan air dari buah, namun tetap saja konsumsi air mineral yang cukup sangat penting dalam membantu meningkatkan metabolisme. Selain itu, dengan minum air sebelum makan juga akan bisa bantu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

 

8. Minum teh hijau

Konsumsi teh hijau akan membantu peningkatan pembakaran lemak yang berujung pada penurunan berat badan. Teh hijau akan meningkatkan pengeluaran energi serta pembakaran lemak. Namun, jangan tambahkan gula pada teh hijau tersebut.

 

9. Catat apa yang dimakan

Cara menguruskan badan selanjutnya dengan mencatat apa saja yang dimakan. Penting untuk mengingat apa saja yang Anda makan setiap hari. Tujuannya supaya tidak makan berlebihan dan bisa memastikan jumlah asupan kalori harian terlalu berlebihan atau tidak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menguruskan Badan

makan vegan
Perbesar
ilustrasi makan sayuran/Photo by Oleg Magni from Pexels

10. Makan dengan piring kecil

Beberapa penelitian menunjukkan jika menggunakan piring yang lebih kecil akan membantu seseorang untuk makan lebih sedikit. Sebab piring yang lebih kecil akan merubah seseorang dalam melihat ukuran porsi makanannya.

 

11. Makan dengan perlahan

Makan cepat dan terburu-buru akan meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi. Orang yang makan lebih cepat juga sangat mungkin mengalami obesitas. Itulah mengapa, coba makan berlahan. Mengunyah lebih lambat bisa mencegah masuknya banyak kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.

 

12. Sarapan

Kebiasaan tidak sarapan justru tidak disarankan. Pasalnya, sarapan menjadi bagian penting jika ingin berat badan turun. Usahakan untuk mengonsumsi makanan 45 menit setelah Anda bangun. Hal ini penting sebab ketika bangun tidur, metabolisme tubuh rendah dan perlu dipacu dengan makanan. Ketika Anda makan, metabolisme akan meningkat dan bisa membantu pembakaran lemak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menguruskan Badan

Ilustrasi tidur, mimpi kalajengking
Perbesar
Ilustrasi tidur, mimpi kalajengking. (Photo by Free-Photos on Pixabay)

13. Tidur cukup

Ternyata, cara menguruskan badan tidak melulu dari segi nutrisi dan makanan. Kebisaan untuk tidur cukup juga sangat penting dalam menurunkan berat badan. Dengan tidur cukup dapat mencegah penambahan berat badan. Sebab kualitas tidur yang buruk akan mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan. Hal ini berdampak pada seseorang bisa jadi lebih cepat lapar dan akhirnya berat badan bisa naik.

 

14. Olahraga

Cara menguruskan badan ini sangat penting dilakukan. Anda bisa mencoba olahraga kardio seperti jogging, lari, bersepeda, jalan cepat, atau hiking. Atau, Anda bisa juga mencoba olahraga angkat beban di gym.

 

15. Jangan menyerah

Cara menguruskan badan yang terakhir mungkin sering disepelekan. Tapi, ini adalah cara menguruskan badan yang sangat ampuh dan menjadi dasar dari semua cara menguruskan badan di atas.

Apabila tidak ada niat dan tekad yang kuat, maka hasil dan tujuan tidak dapat tercapai. Itulah mengapa, selalu semangat serta jangan putus asa jika jarum timbangan belum bergeser ke arah kiri. Jalani dengan sabar dan yakin niat baik akan sejalan dengan hasilnya.

Lanjutkan Membaca ↓