Sukses

5 Cara Menyimpan Buah Apel Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Cara menyimpan buah apel harus dilakukan dengan langkah-langkah yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan buah apel agar tetap segar dan tahan lama perlu kamu perhatikan. Apel menjadi salah satu buah favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan sedikit asam menyegarkan, serta dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman enak.

Selain itu, apel juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak mengherankan apel menjadi salah satu buah yang harus ada di meja makan. Namun, di balik beragam kelebihan tersebut, apel ternyata rentan mengalami kerusakan. Jika tidak disimpan dengan tepat, apel akan cepat membusuk.

Cara menyimpan buah apel harus dilakukan dengan langkah-langkah yang benar. Jika tidak, bisa saja apel yang kamu beli terbuang percuma sebelum kamu dapat mengonsumsinya. Menyimpan buah apel dengan cara yang tepat akan membuatnya lebih awet dan dan tetap segar dalam waktu lama.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/2/2021) tentang cara menyimpan buah apel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Buah Apel

Memilih Apel yang Berkualitas

Cara menyimpan buah apel agar tetap segar dan tahan lama tentunya perlu diperhatikan sejak kamu membelinya. Cara memilih apel yang berkualitas adalah dengan memperhatikan tekstur dan warnanya.

Salah satu tanda bahwa apel masih segar adalah teksturnya yang keras saat ditekan. Kamu bisa menekan permukaan apel dengan perlahan dan pastikan tidak ada bagian yang lembek atau lunak. Bagian yang lunak dan berwarna gelap di permukaan apel menandakan bahwa apel mulai mengalami pembusukan.

Selain itu, periksa juga warna apel. Apel berkualitas baik memiliki warna buah yang cerah, segar, dan tidak kusam. Hindari buah apel yang warnanya gelap.

Simpan di Dalam Kulkas

Cara menyimpan buah apel yang paling efektif tentunya menggunakan kulkas atau lemari pendingin. Suhu dingin akan memperlambat proses pembusukan pada apel. Namun, sebelum menempatkan apel di dalam kulkas, sebaiknya kamu meletakkanya terlebih dahulu di dalam wadah terpisah dan bungkus satu per satu menggunakan kertas atau tisu kering.

3 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Buah Apel

Hindari Menyimpan Apel Bersama Makanan Berbau Tajam

Selain itu, kamu juga harus menghindari menyimpan buah apel di dekat atau bersamaan dengan makanan yang berbau tajam. Hal ini disebabkan karena apel memiliki sifat yang mudah menyerap aroma makanan lain.

Oleh karena itu, kamu harus menjauhkan apel dari makanan berbau tajam seperti bawang, durian, atau daging-dagingan agar kesegarannya dapat bertahan lebih lama. Simpan apel dalam wadah yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Bila perlu, bungkus apel dengan kertas koran yang berfungsi sebagai penyerap air.

Jauhkan dari Sayur dan Buah Lain

Cara menyimpan buah apel selanjutnya adalah dengan menjauhkannya dari sayur dan buah lainnya. Selain mudah menyerap aroma makanan, apel mengandung zat ethylene yang dapat membuat sayur dan buah lain cepat matang dan membusuk.

Buah dan sayur yang membusuk ini akan mempengaruhi kualitas dan kesegaran apel sehingga cepat layu. Kamu harus menjauhkan apel dari sayuran seperti brokoli dan kembang kol.

Beri Perasan Air Lemon

Cara menyimpan buah apel dengan memberi perasan air lemon ini dikhususkan untuk apel yang sudah dipotong atau dikupas. Kamu tinggal menyiramnya dengan beberapa sendok air lemon agar tetap segar dan tahan lama.

Air lemon mengandung vitamin C yang membuat buah apel segar lebih lama. Tak hanya segar dan renyah lebih lama, air lemon juga akan memperlambat proses perubahan warna apel menjadi kecokelatan.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Setelah menerapkan cara menyimpan buah apel agar tetap segar dan tahan lama, kamu tentunya dapat menikmati berbagai manfaat kesehatannya. Berikut manfaat buah apel untuk kesehatan:

Meningkatkan Kesehatan Otak

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di Experimental Biology and Medicine, quercetin (salah satu antioksidan yang terdapat di dalam apel) dapat mengurangi risiko kematian sel saraf.

Studi lainnya, yang diterbitkan di Journal of Alzheimer’s Disease juga menyatakan bahwa asupan apel secara rutin dapat meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin di otak sehingga mampu memperbaiki daya ingat dan menurunkan risiko Alzheimer.

Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara memang bisa disebabkan oleh beragam faktor. Namun, berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengonsumsi satu buah apel setiap harinya mampu mencegah kanker payudara.

Selain apel, mengonsumsi buah dan sayuran dengan rutin juga dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Menaikkan Daya Tahan Tubuh

Meskipun kandungan vitamin C pada buah apel tak setinggi jeruk, tetapi apel juga mengandung vitamin C yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh, loh.

Buah apel berukuran sedang saja memiliki kandungan vitamin C sebesar 8 mg yang dimana dapat memenuhi 14 persen kebutuhan harian akan vitamin C kamu.

Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat buah apel lainnya adalah dapat menurunkan risiko gigi berlubang. Ya, saat kamu memakan buah apel, serat yang terkandung di dalamnya dan kandungan antibakteri dalam apel dapat menyingkirkan bakteri dan virus.

Selain itu, makan buah apel juga akan merangsang pengeluaran air liur sehingga mengurangi produksi bakteri di mulut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.