Sukses

Viral Perempuan Senam Aerobik saat Kudeta Myanmar, Pakai Lagu Indonesia

Video senam aerobik berlatar detik-detik kudeta militer di Myanmar ini pun viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Pihak militer Myanmar resmi merebut kekuasan atau Kudetan terhadap pemerintah. Bahkan Kanselir Aung San Suu Kyi serta Presiden Myint ikut ditahan pada Senin (1/2/2021) pagi. Melalui televisi militer, mereka menyebutkan bahwa kudeta tersebut akan berlangsung selama satu tahun.

Kudeta Myanmar ini pun langsung mendapat sorotan dunia. Pasalnya, masyarakat mengetahui jika hal tersebut bukan kali ini saja dilakukan. Bahkan, kudeta militer secara besar-besaran pernah berlangsung pada 1962 lalu.

Sementara itu, bukan hanya kudeta Myanmar saja yang tengah menjadi sorotan dunia. Akan tetapi adanya sebuah video yang memperlihatkan seorang wanita yang diketahui bernama Khing Hnin Wai tengah melakukan senam aerobik berlatar kenadaraan militer yang memasuki kawasan parlemen saat kudeta berlangsung.

Video yang diunggahnya di akun Facebook pribadinya tersebut pun menjadi viral di media sosial. Bahkan, tak sedikit pula para netizen yang justru menyoroti jika wanita yang diketahui seorang guru olahraga tersebut secara tak sengaja merekam detik-detik kudeta militer di Myanmar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunakan lagu Ampun Bang Jago

Video seorang guru olahraga yang tengah merekam senam aerobik berlatar kendaraan militer saat kudeta berlangsung ini bahkan tersebar di media sosial lainnya. Akun Twitter @VonKoutli juga kembali mengunggah video berdurasi 1 menit 50 detik tersebut. Khing Hnin Wai yang berada dalam video tersebut bahkan terlihat tak sadar jika dibelakangnya tengah terjadi kudeta.

Namun, dilansir Liputan6.com dari mothership.sg, Selasa (2/2/2021) Khing hanya mengetahui jika terdapat cukup banyak militer yang tengah berjaga disekitar kawasan tersebut. Namun, ia tak mengetahui adanya kudeta dan tetap melanjutkan senam aerobic. Bahkan, diketahui dari akun Facebook pribadinya, Khing Hnin Wai sendiri memang terlihat kerap mengunggah video senam aerobik dengan latar belakang yang sama.

Bukan hanya latar belakang video saja yang menjadi sorotan netizen. Akan tetapi para netizen khususnya masyarakat Indonesia dibuat salah fokus dengan lagu yang dimainkan. Pasalnya, dalam senam aerobik tersebut Khing Hnin Wai terlihat menggunakan lagu Ampun Bang Jago yang tengah populer di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Lebih dari 12 juta kali ditonton

Video yang diunggah oleh akun Twitter @VonKoutli, pada Senin (1/2/2021) ini viral di media sosial. Bahkan, hingga tulisan ini dimuat unggahan tersebut telah ditonton lebih dari 12,5 juta kali dan mendapatkan retweet sebanyak lebih dari 44 ribu kali serta tanda suka lebih dari 186 ribu.

Banyak pula netizen Indonesia yang terlihat cukup terkejut mendengar lagu Ampun Bang Jago digunakan untuk senam aerobik dengan latar kudeta Myanmar. Bahkan Ampun Bang Jago juga masuk dalam trending topic Twitter.

"Barusan iseng scroll FB-nya Mbak-mbak Myanmar yg senam aerobik dgn latar kudeta. Ternyata, ada video lain pake lagu PRAHU LAYAR - Ki Narto Sabdo" ujar akun @Outstandjing.

"Gue cuma tau liriknya Ampun Bang Jago bahasa Menado tapi gak pernah ngeh isinya apa. Ternyata memang ada ttg "baku rampas tahta" tulis akun @dondihananto.

"Salah fokus dong sama lagu aerobiknya." ujar akun @_jagungsusukeju.

"iyeeee iyeeee lagunya ampun bang jago iyeeee im from indonesia misteeerrrr" tulis akun @closertog0d.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.