7 Cara Mencegah Jamur pada Pakaian dan Tips Mengatasinya

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 29 Jan 2021, 09:20 WIB
Diperbarui 29 Jan 2021, 09:20 WIB
Ilustrasi Baju
Perbesar
Ilustrasi baju. (dok. Unsplash.com/Dan Gold/@danielcgold)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan daerah dengan iklim tropis. Dengan begitu tidak mengherankan apabila tingkat kelembapannya sangat tinggi. Padahal, hal ini bisa mempercepat pertumbuhan jamur di beberapa bagian tubuh. Bahkan, sebenarnya tidak hanya tubuh, jamur juga bisa tumbuh di pakaian yang dipakai sehari-hari hingga akhirnya akan menimbulkan gatal di kulit.

Biasanya noda jamur pada pakaian bisa terlihat seperti bintik hitam atau putih yang bisa menyebabkan iritasi pada pemakainya. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada cara mencegah jamur pada pakaian yang bisa dilakukan.

Lantas bagaimana cara mencegah jamur pada pakaian tersebut? Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai bagaimana cara mencegah jamur pada pakaian yang tepat dan efektif untuk dilakukan. Tentunya dilengkapi tips untuk membersihkan jamur yang sudah terlanjur membandel, Jumat (29/1/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mencegah Jamur pada Pakaian

Ilustrasi mesin cuci
Perbesar
Ilustrasi mesin cuci (sumber: Pixabay)

1. Cuci pakaian yang baru dibeli

Pertama-tama cara mencegah jamur pada pakaian dengan mencuci pakaian yang baru saja dibeli. Melansir Klikdokter, tentu sebagai konsumen tidak akan pernah tahu kapan, siapa, dan bagaimana kondisi kulit seseorang yang sebelumnya pernah mencoba pakaian yang Anda beli. Maka dari itu, segra cuci terlebih dahulu pakaian yang baru saja dibeli sebelum disimpan dan akan dikenakan. Selain menyebabkan timbul jamur pada pakaian, bisa meningkatkan risiko penyakit kulit.

 

2. Pastikan pakaian kering sempurna

Setelah dicuci, pastikan kondisi dari pakaian harus benar-benar kering ketika akan disimpan. Pasalnya, pakaian yang belum kering sempurna bisa menimbulkan jamur bahkan bau tidak sedap. Apabila memang masih lembap ada baiknya untuk dijemur atau angin-anginkan lebih dahulu sampai kering.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mencegah Jamur pada Pakaian

Kerapihan Pakaian
Perbesar
Ilustrasi Menyetrika Pakaian Credit: pexels.com/pixabay

3. Setrika pakaian

Kemudian, ada baiknya untuk menyetrika pakaian sebelum masuk ke dalam lemari. Cara ini dapat membantu untuk membunuh bakteri yang mungkin tertinggal dan melekat pada pakaian setelah dijemur.

 

4. Perhatikan sirkulasi udara lemari

Mengapa penting untuk memerhatikan kondisi sirkulasi udara pada lemari? Sebab hal ini sangat diburuhkan agar kondisi dalam lemari tidak pengap dan tetap sehat. Itulah mengapa, pastikan untuk rutin membuka lemari secara berkala supaya ada pergantian udara.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Mencegah Jamur pada Pakaian

Ilustrasi lemari baju - Image by moritz320 from Pixabay
Perbesar
Ilustrasi lemari baju - Image by moritz320 from Pixabay

5. Pakai alat penyerap kelembapan udara

Jika memang diperlukan, coba untuk meletakkan kamper atau alat penyerap kelembapan udara lainnya di dalam lemari. Tentu hal ini adalah salah satu cara mencegah jamur pada pakaian yang efektif.

 

6. Jangan tumpuk pakaian terlalu banyak

Selanjutnya, cara mencegah jamur pada pakaian yaitu dengan menghindari tumpukan pakaian yang terlalu banyak. Pasalnya, banyaknya tumpukan pakaian di dalam lemari bisa membuat lemari jadi lebih lembap. Tentunya, ini akan berisiko menimbulkan jamur jadi lebih mudah untuk berkembang biak. Cara mencegah jamur pada pakaian ini wajib diperhatikan pada lemari yang terbuat dari kayu maupun tripleks.

 

7. Bersihkan mesin cuci

Paparan bakteri atau jamur di pakaian bisa dari mesin cuci itu sendiri. Maka dari itu, pastikan mesin cuci yang digunakan selalu bersih. Cara membersihkan mesin cuci cukup dengan air dan cairan pemutih disinfektan. Kemudian masukkan cairan ke mesin dan jalankan mesin, tapi tidak perlu menjalankan mesin dengan diisi pakaian.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Menghilangkan Jamur pada Pakaian

Cara Ampuh Cegah Jamur Tumbuh di Pakaian
Perbesar
Cara Ampuh Cegah Jamur Tumbuh di Pakaian

Air panas

Cara menghilangkan jamur pada pakaian yang pertama dengan air panas. Bahkan, selain mudah diterapkan, cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan air panas ini efektif.

 

Cuka putih

Cara menghilangkan jamur pada pakaian bisa dengan cuka putih. Cuka putih adakan membasmi bintik-bintik pada pakaian berjamur. Cuka putih juga aman digunakan untuk berbagai jenis pakaian.

Langkah pertama dengan mencampur sedikit cuka dan air dingin dengan takaran sebanding, lalu usap larutan ke bintik-bintik jamur dengan kain atau sikat gigi bekas bersih. Diamkan, kemudian cuci dengan air bersuhu tertinggi yang dianjurkan. Jika jamur sudah parah, pakaian ada baiknya direndam semalaman dengan cuka.

 

Lemon dan garam

Kemudian, cara menghilangkan jamur pada pakaian bisa dengan larutan lemon dan garam. pemutih selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon dan garam. Cara menghilangkan jamur pada pakaian ini dijamin aman serta tidak merusak serat kain.

Pertama, peras air lemon dan gunakan airnya saja. Campur 1-2 sdm garam ke dalam air lemon. Kemudian, larutkan campuran lemon dan garam ini ke dalam air hangat. Rendam pakaian yang ternoda ke larutan. Setelah 30 menit, angkat dan cek apakah nodanya masih atau atau berhasil dihilangkan.

Jika jamur masih ada, tuang deterjen cair ke bagian yang ternoda jamur lalu gosok dengan sikat gigi bekas. Selanjutnya, cuci pakaian agar noda benar-benar hilang sempurna.

 

Baking soda

Lalu, cara menghilangkan jamur pada pakaian yang terakhir dengan baking soda. Langkah pertama yaitu dengan membuat pasta baking soda terlebih dahulu dengan air. Oles pasta baking soda ke bagian yang terkena jamur. Diamkan 15 menit, kemudian gosok dengan sikat berbulu halus atau sikat gigi bekas. Jangan lupa bilas dengan air bersih dan keringkan sempurna.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya