Media adalah Alat untuk Menyampaikan Pesan dan Informasi, Ketahui Jenis-Jenisnya

Oleh Laudia Tysara pada 27 Jan 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 10:58 WIB
Membaca
Perbesar
Ilustrasi membaca | pexels.com/@olly

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak pengertian media dari para ahli komunikasi yang bisa dipahami. Media adalah alat untuk menyampaikan pesan dan informasi. Peran media begitu beragam dan menjadi sangat krusial seiring perkembangan zaman.

Jenis media adalah ada visual, audio, audio visual, dan multimedia. Jenis-jenis ini yang menjadikan pengertian media adalah bentuk perantara yang bisa digunakan untuk memengaruhi alat indra pendengaran, penglihatan, peraba, atau kombinasi. 

Selain memengaruhi indra, media adalah alat yang fungsi utamanya merangsang pikiran, perasaan, minat, perhatian, persetujuan, penolakan, dan pengetahuan. Media sangat berperan untuk pendidikan, bisnis, dan dunia seni.

Berikut Liputan6.com ulas media adalah alat untuk menyampaikan pesan dan informasi dari berbagai sumber, Rabu (27/1/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengertian Menurut Ahli Komunikasi

Membaca
Perbesar
Ilustrasi Membaca Buku | Credit: freepik.com

Ahmad Rohani

Media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap oleh indra manusia, yang berfungsi sebagai perantara, sarana, atau alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).

Arsyad

Media adalah dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan, dari pengirim pesan ke penerimanya. Media disini dapat berupa suatu bahan (software) dan/ atau suatu alat (hardware).

Association of Education and Communication Technology (AECT)

Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan penyampaian pesan dan informasi.

Blake dan Horalsen

Media adalah saluran komunikasi (baca juga: komunikasi yang efektif). Digunakan untuk menyampaikan pesan antara pemberi pesan (sumber) dengan penerima pesan.

Leslie J. Briggs

Media adalah alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi. Dapat berupa buku, video recorder, tape recorder, kaset, video kamera, gambar, grafik, televisi atau komputer.

National Education Asociation (NEA)

Media adalah sarana komunikasi, baik dalam bentuk cetak maupun audio visual. Mencakup teknologi perangkat lunak dan perangkat kerasnya.

Sadiman

Media adalah mencakup segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan/mengirimkan pesan kepada penerima pesan, sehingga siswa dapat dirangsang pikiran, perasaan, minat, atau perhatiannya dalam proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memahami Media

Menonton TV
Perbesar
Ilustrasi Menonton TV | Kredit: Mohamed Hassan from Pixabay

Media berdasarkan asal mula katanya disebut dari bahasa latin medius. Medius dapat dimaknai tengah, perantara, dan pengantar. Secara etimologi, media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti perantara atau pengantar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan media adalah alat, sarana komunikasi, perantara, dan penghubung. Jika ditelisik dari pernyataan para ahli komunikasi, media memiliki peran cukup beragam.

Media adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi. Media adalah bagian dari perantara untuk merangsang pemikiran, perasaan, minat, perhatian, persetujuan, penolakan, dan pengetahuan.

Media ada banyak sekali jenisnya. Jenis-jenis media adalah visual, audio, audio visual, dan multimedia. Media visual meliputi gambar, teks, dan peragaan. Media audio adalah merangsang indra pendengaran.

Media audio visual merupakan kombinasi perangsang indra penglihatan dan pendengaran. Terakhir multimedia adalah media yang mengombinasikan format teks, gambar, grafik, suara, animasi, sampai gerakan tertentu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fungsi Media

Tertawa
Perbesar
Ilustrasi tertawa | (Sumber: Rawpixel)

1. Fungsi media adalah untuk sumber informasi dan pengetahuan.

2. Fungsi media adalah mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan kemampuan indra manusia.

3. Fungsi media adalah sarana untuk mengekspresikan pendapat, ide, dan gagasan dengan lebih gamblang.

4. Fungsi media adalah untuk hiburan, relaksasi, dan pengalihan perhatian dari ketegangan sosial yang dialami seseorang.

5. Fungsi media adalah sarana pendidikan yang memudahkan segala metode pembelajaran.

6. Fungsi media adalah pengawasan dan kontrol sosial tertentu.

7. Fungsi media adalah mencari perhatian khalayak.

8. Fungsi media adalah memengaruhi khalayak.

9. Fungsi media adalah menunjukkan eksistensi.

10. Fungsi media adalah tempat menyampaikan pesan tertentu.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jenis-Jenis Media

Koran
Perbesar
Ilustrasi koran | (dok. pexels.com/Kaboompics)

Media Visual

Media visual adalah media yang mengandalkan indra penglihatan. Biasanya memanfaatkan alat proyeksi atau proyektor sebagai perantara. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam bentuk visual.

Jenis media visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. Keduanya bisa dikombinasikan atau digunakan salah satunya.

Selain itu, fungsi media visual juga berguna untuk menarik perhatian, memperjelas materi yang disajikan, menggambarkan fakta yang mungkin dapat dengan mudah dicerna dan diingat dalam bentuk visual.

Media Audio

Media audio dapat digunakan untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio berkaitan erat dengan indra pendengaran.

Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi).

Contoh media audio antara lain radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.

Media Audio Visual

Media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Jenis media ini lebih menarik dibanding visual saja atau audio saja. Kombinasi untuk merangsang indra pendengaran dan penglihatan.

Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak.

Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya