Sukses

10 Sayuran yang Bisa Dijadikan Sayur Bening, Tak Cuma Bayam

Banyak sayuran yang bisa diolah menjadi sayur bening.

Liputan6.com, Jakarta Sayur bening merupakan olahan yang sudah tak asing sebagai masakan rumahan. Olahan sayur ini sangat sederhana dengan asupan nutrisi yang kaya. Sayur bening juga sangat cepat dibuat.

Sayur bening identik dengan olahan sayur bayam. Sayur bening ini biasanya juga dipadukan bersama jagung manis dan potongan tomat. Dengan bumbu sederhana seperti bawang merah, bawang putih, garam, dan temu kunci, sayur bening bayam terasa sangat segar.

Selain bayam, sayur bening juga bisa dibuat dari sayuran lainnya. Pilihan sayur bening ini bisa menambah variasi hidangan sayur di rumah. Sayur mayur ini juga sangat tinggi nutrisi dan mudah ditemukan.

Dengan olahan aneka sayur bening, tidak ada lagi rasa bosan untuk menyantap sayur bening. Berikut sayuran yang bisa dijadikan sayur bening, selain bayam, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(25/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sayuran yang bisa dijadikan sayur bening

Daun kelor

Daun kelor termasuk jenis sayur yang bisa dijadikan sayur bening. Rasa sayur bening daun kelor juga sangat mirip dengan sayur bening bayam. Daun kelor juga termasuk sayuran kaya vitamin dan mineral. Nutrisi ini meliputi protein, vitamin B6, vitamin C, riboflavin dan zat besi. Daun kelor juga kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bermanfaat.

Daun katuk

Selain kelor, sayuran yang bisa dijadikan sayur bening adalah daun katuk. Daun ini dikenal manfaatnya untuk melancarkan ASI. Di samping melancarkan ASI, daun katuk juga kaya akan manfaat kesehatan lainnya. Daun katu kaya akan vitamin A, B kompleks, dan C. Sayuran ini juga memiliki beragam antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas.

3 dari 6 halaman

Sayuran yang bisa dijadikan sayur bening

Kangkung

Kangkung biasanya diolah menjadi tumis kangkung atau direbus sebagai sayuran pecel. Namun, sayuran ini juga bisa dijadikan sayur bening. Dengan bumbu yang sama, sayur bening kangkung tak kalah lezat dengan bayam. Kangkung kaya akan vitamin A dan C. Sayuran ini juga kaya akan kalium, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Daun singkong

Daun singkong bisa menjadi variasi sayur bening yang lezat. Sayuran ini memang dikenal dengan rasanya yang sedikit pahit. Namun, dengan pengolahan yang tepat, sayur daun singkong akan memiliki rasa yang segar. Daun singkong yang cocok dijadikan sayur bening adalah bagian daun yang masih muda. Ini karena daun yang masih muda cenderung tidak pahit seperti daun yang sudah tua. Daun singkong kaya akan protein, mineral, dan vitamin.

4 dari 6 halaman

Sayuran yang bisa dijadikan sayur bening

Sawi hijau

Sayuran selanjutnya untuk sayur bening adalah sawi hijau. Anda bisa menggunakan beragam jenis sawi hijau seperti caisim atau pakcoy. Sawi hijau memiliki rasa segar yang cocok diolah menjadi sayur bening. Sawi hijau rendah kalori namun tinggi serat dan banyak vitamin dan mineral penting. Secara khusus, sawi hijau adalah sumber vitamin C dan K.

Sawi putih

Selain sawi hijau, sawi putih juga bisa dijadikan olahan sayur bening. Sawi putih adalah sumber asam folat dan Vitamin B yang luar biasa. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan dan tinggi serat makanan. Jika dipadukan dengan wortel, sosis atau daging ayam, sayur bening sawi putih akan terasa semakin menggugah selera.

5 dari 6 halaman

Sayuran yang bisa dijadikan sayur bening

Daun kacang

Daun kacang panjang atau lembayung merupakan daun yang kerap dimanfaatkan sebagai olahan sayur. Daun ini memiliki tekstur yang kasar. Untuk olahan sayur bening, pilih daun kacang yang masih muda. Daun kacang mengandung vitamin A dan B, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Oyong

Oyong atau gambas bisa dijadikan pilihan untuk bahan sayur bening. Sayuran ini memang sering dijadikan tambahan sayur bening bayan. Namun oyong juga bisa dimasak sendiri sebagai sayur bening. Dengan tambahan tauge kacang kedelai, sayur bening oyong akan memberi kesegaran tersendiri.

Rasa oyong yang khas dipadukan dengan kuah yang gurih menjadikan sayuran ini favotrit banyak orang. Oyong mengandung protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan C. Oyong dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah.

6 dari 6 halaman

Sayuran yang bisa dijadikan sayur bening

Labu siam

Labu siam biasa diolah menjadi sayur bersantan. Sayuran satu ini juga bisa dijadikan sayur bening. Sayur labu bisa dimasak bersama daun bayam, tauge kacang kedelai atau tauge kacang hijau. Sayur ini juga bisa dijadikan sayur bening sendiri.

Labu siam kaya akan banyak nutrisi terutama folat (vitamin B9). Labu siam menyediakan banyak antioksidan - termasuk vitamin C dan myricetin - yang melawan penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Kacang panjang

Dimasak bersama tauge kacang kedelai dan taburan bawang merah, sayur bening kacang tak kalah lezatnya dari sayur bening lainnya. Kacang panjang mengandung beta-karoten, Vitamin C, B1 dan B2, klorofil, riboflavin, protein, fosfor, tiamin, serat, zat besi, pektin dan rendah kalori. Kacang panjang juga merupakan sumber folat yang baik. 100 g kacang panjag menyediakan 62 μg atau 15% dari kebutuhan harian folat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini