Viral Soal UAS Mahasiswa Hukum, Waktu Pengerjaan Ujiannya Bikin Salah Fokus

Oleh Selma Intania Hafidha pada 20 Jan 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 20 Jan 2021, 11:30 WIB
Perlihatkan Soal UAS, Waktu Pengerjaan Ujian Ini Bikin Warganet Salah Fokus
Perbesar
Waktu Pengerjaan Soal Ujian Bikin Salah Fokus. (Sumber: TikTok/ @clp.bercahayaa)

Liputan6.com, Jakarta Saat tengah menghadapi ujian, setiap mata kuliah tentunya mempunyai waktu pengerjaan yang berbeda-beda. Pasalnya, setiap dosen mata kuliah mempunyai target waktu yang berbeda-beda untuk mahasiswanya menyelesaikan soal ujian. Umumnya, waktu pengerjaan ujian yakni sekitar 60 sampai 120 menit.

60 sampai 120 menit adalah waktu ideal untuk mengerjakan ujian baik ketika duduk di bangku SMA ataupun kuliah. Bahkan waktu pengerjaan ujian masuk PTN pun kisaran 60 menit sampai 120 menit, atau bisa saja sampai 180 menit.

Namun belum lama ini seorang mahasiswa membagikan soal ujian akhir mata kuliah hukum pajak yang sukses membuat warganet salah fokus. Bukan soal ujiannya yang membuat warganet salah fokus, namun waktu pengerjaan soal tersebut yang berbeda dari waktu pengerjaan ujian pada umumnya.

Waktu pengerjaan ujian hukum pajak ini sampai 30.240 menit. Bahkan video yang diunggah pada 22 Desember 2020 ini rela membuat warganet menghitung 30.240 menit sama dengan berapa hari. Tak heran jika kemudian video yang memperlihatkan waktu ujian ini kemudian viral di media sosial, pasalnya jarang ditemukan waktu pengerjaan sampai 30.000 menit.

Video yang memperlihatkan waktu pengerjaan soal ujian yang membuat warganet salah fokus ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @clp.bercahayaa pada Rabu (20/1/2021).

2 dari 3 halaman

Waktu Pengerjaan Soal Ujian 30.240 Menit

Perlihatkan Soal UAS, Waktu Pengerjaan Ujian Ini Bikin Warganet Salah Fokus
Perbesar
Waktu Pengerjaan Soal Ujian Bikin Salah Fokus. (Sumber: TikTok/ @clp.bercahayaa)

Mendapatkan waktu pengerjaan ujian 60 sampai 120 menit tentunya membuat mahasiswa menjadi bosan jika pengerjaannya di ruang kelas. Jika mendapatkan tugas yang bisa dikerjakan dari rumah (Take Home) biasanya waktu pengerjaan juga hanya 3 hari atau maksimal sampai seminggu. Tentunya jarang mendapatkan waktu untuk pengerjaan soal ujian sampai berbulan-bulan.

Jika mengerjakan makalah atau jurnal, waktu berbulan-bulan tentunya cukup ideal. Saat duduk di bangku kuliah, setiap dosen tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Banyak dosen yang memberikan keringanan untuk mahasiswanya dalam menyelesaikan tugas ataupun mengerjakan soal ujian sekalipun.

Seperti yang belum lama ini viral di TikTok seorang pria yang memperlihatkan waktu pengerjaaan soal ujian akhirnya yakni sampai 30.240 menit. Jika dihitung, waktu pengerjaan 30.340 menit ini setara dengan 21 hari. Waktu pengerjaan soal ujian yang tertera pada lembar soal ini pun membuat warganet tak percaya. Bahkan menurut sebagian warganet, soal ujian hukum pajak memang sulit.

@clp.bercahayaa

dosen gue debes

♬ antaresssadisson - REZA

Dalam video tersebut terlihat bahwa sang pemilik akun @clp.bercahayaa merupakan mahasiswa Hukum Pajak, Universitas Indonesia. Ada beberapa soal yang harus diselesaikan dengan waktu 30.240 menit dan diperbolehkan mencari jawaban di buku, internet, dan lain sebagainya. Bagi mahasiswa hukum pajak, sepertinya, waktu pengerjaan sampai 30 ribu menit sangat ideal untuk menyelesaikan soal hukum pajak.

Namun, dalam video yang diunggah pada 22 Desember 2020 ini, sang pemilik akun tidak memperlihatkan berapa jumlah soal yang harus diselesaikan dalam waktu 30.240 menit atau setara dengan 21 hari tersebut. Soal dan ketentuan pengerjaan hanya terlihat sekilas, dan bahkan tak sedikit warganet yang penasaran dengan soal ujian mahasiswa jurusan hukum pajak.

Dalam kolom komentar video tersebut banyak warganet yang memberikan komnetar kocak dan berbagi cerita tentang momen-momen saat pengerjaan ujian yang sulit. Bahkan ada salah satu pengguna bahwa jika waktu yang diberikan sampai 30 ribu menit tentunya dapat dibayangkan kalau soal tersebut memang sangat sulit.

 

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet

Perlihatkan Soal UAS, Waktu Pengerjaan Ujian Ini Bikin Warganet Salah Fokus
Perbesar
Waktu Pengerjaan Soal Ujian Bikin Salah Fokus. (Sumber: TikTok/ @clp.bercahayaa)

Video yang diunggah pada 22 Desember 2020 ini sudah ditonton lebih dari 120 ribu kali. Video yang melintasi linimasa For Your Page (FYP) ini bahkan sudah dibagikan beberapa kali dan mendapatkan hampir 6 ribu likes dari para pengguna TikTok. 79 komentar dibubuhkan warganet pada kolom komentar video tersebut.

“Jadi 30240 menit itu sama dengan 21 hari ya guys :v” kata DefisitCalorie

“Hahahaha hukum pajak memang meresahkan. Boleh pake kalkulator la nyatane tep raiso la bingung ini pake itungan yang mana astaga.” komentar ifamuara.

“Kalau hukum pajak, aku 240 jam juga kurang kayanya.” timpal Simariamercedes.

“Karena open all jadi durasinya lama berarti analsisnya. Ummmm. Eh gatausih kalau pajak gimana biasanya soalnya hehe.” imbuh Ebet.L.

“Aku yang ngerjain uas hukum pajak 12 jam aja mo pingsan.” tambah KANG KEBONNYA MANOBAL disertai dengan emot tertawa dan menangis.

“30140 menit=504 jam=21 hari.” tulis salah satu pengguna TikTok.

Lanjutkan Membaca ↓