13 Manfaat Jus Nanas bagi Tubuh, Mampu Tingkatkan Sistem Imun

Oleh Laudia Tysara pada 15 Jan 2021, 09:05 WIB
Diperbarui 15 Jan 2021, 09:05 WIB
Buah Nanas
Perbesar
Ilustrasi nanas | Any Lane dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta Buah nanas memiliki ciri khas warna kuning cerah dan disebut sebagai satu-satunya famili bromeliad yang bisa dikonsumsi. Alih-alih mengonsumsi buahnya secara langsung, cobalah jus nanas. Ada segudang manfaat jus nanas bagi tubuh yang semakin mudah diserap tubuh karena zat gizinya.

Buah berwarna kuning cerah ini dikenal kaya antioksidan yang berasal dari vitamin C dan A. Selain itu, terdapat vitamin B1 dan tiamin yang membuat manfaat jus nanas bagi tubuh dapat dijadikan sumber energi terbaik.

Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini menurut data dari US Department of Agriculture (USDA) dalam 165 gramnya hanya memiliki 50 kalori. Untuk manfaat jus nanas bagi tubuh, hindari menambahkannya gula karena gula dalam jus lebih tinggi dari buah utuh. Jika perlu, tambahkan sayuran untuk mengurangi kadar gula dalam jusnya.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat jus nanas bagi tubuh dari berbagai sumber, Jumat (15/1/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Jus Nanas bagi Tubuh

Jantung
Perbesar
Ilustrasi jantung | Sumber: Freepik

Meningkatkan Sistem Imun

Sumber utama antioksidan dari buah nanas adalah kandungan vitamin C-nya. Tak hanya itu saja, asam amino pada nanas sangat berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kedua zat ini sangat diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas. Maka tidak heran jika mengonsumsi jus nanas dapat membuat tubuh jauh lebih fit.

Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan vitamin C yang terdapat pada nanas tidak hanya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsi jus nanas dapat mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mencegahnya berubah menjadi plak penyumbatan arteri.

Nanas pun dikenal sarat dengan potasium, mineral yang membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan tubuh. Jika terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Nah dengan mengonsumsi jus nanas atau buahnya langsung secara rutin baik untuk memastikan elektrolit seimbang. Tidak perlu diragukan lagi manfaat ini.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Jus Nanas bagi Tubuh

Sesak napas
Perbesar
Ilustrasi sesak napas | Freepik

Menjaga Pernapasan

Jus buah nanas dipercaya dapat menjaga saluran pernapasan dengan mencegah asma. Hal ini berkat beta karoten yang terkandung dalam nanas, dapat mencegah peradangan saluran pernapasan.

Asma biasanya dicetuskan oleh polusi udara dan stres. Faktor-faktor yang mencetuskan asma menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan sehingga saluran pernapasan menyempit dan timbul gejala sesak. Efek antiinflamasi pada nanas mampu mengurangi peradangan tersebut.

Memperbaiki Mental

Nanas dikenal sebagai sumber asam amino triptofan yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan nanas menghasilkan serotonin yang merupakan salah satu sumber hormon bahagia utama bagi manusia.

Mengonsumsi cukup asam amino, selain nutrisi lain seperti vitamin B, penting untuk mendukung sistem neurologis, dan untuk produksi hormon mood yang baik. Manfaat ini bisa didapat dengan mengonsumsi jus nanas atau buahnya secara langsung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Jus Nanas bagi Tubuh

Mata
Perbesar
Ilustrasi mata | (dok. Bacila Vlad/Unsplash.com)

Menjaga Kesehatan Mata

Nanas kaya akan vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Seiring bertambahnya usia, sel-sel mata cenderung rusak. Ini disebut degenerasi makula. Salah satu untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi jus nanas.

Agar tetap sehat, tingkatkan asupan vitamin A salah satunya dengan rajin mengkonsumsi jus nanas. Kandungan beta karoten pada nanas akan diubah menjadi vitamin A pada hati.

Mengatasi Nyeri Menstruasi

Nyeri menstruasi atau nyeri datang bulan dapat diredakan dengan konsumsi jus nanas. Saat haid, beberapa wanita cenderung mengalami kram yang sangat mengganggu bukan? Tidak jarang rasa nyeri ini mengganggu aktivitas.

Efek dari buah nanas dapat mengurangi nyeri haid yang didapatkan dari antioksidan dan bromelain yang terkandung di dalamnya. Antioksidan dapat mengurangi peradangan yang menjadi penyebab kram perut saat haid.

Sementara, bromelain membantu merelaksasi otot-otot sekitar perut. Kombinasi antioksidan dan bromelain ini dapat meminimalkan rasa nyeri saat haid. Jadi saat nyeri terjadi, tidak perlu sungkan untuk mengonsumsi jus nanas.

Menjaga Pencernaan

Nanas kaya akan serat, kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Nanas memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang mampu menyerap air pada usus. Menurut Colorado State University Extension, makan buah nanas setengah potong mengandung 2,2 gram total serat makanan.

Nanas juga mengandung bromelain, yaitu enzim yang membantu memecah protein. Enzim ini memecah protein dalam makanan sehingga lebih mudah dicerna di usus halus. Bromelain juga melindungi usus dari bakteri penyebab diare.

Bromelain ini sangat baik untuk orang-orang dengan insufisiensi pankreas, yang merupakan suatu keadaan ketika pankreas tidak dapat memproduksi enzim pencernaan secara cukup. Untuk bisa merasakan penyerapan nutrisinya dengan cepat, konsumsi jus nanas sangat direkomendasikan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Jus Nanas bagi Tubuh

Kanker
Perbesar
Ilustrasi Penyakit Kanker | Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa menghilangkan nyawa. Perkembangan sel ini umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Mengonsumsi jus nanas dapat mengurangi risiko kanker. Hal ini dikarenakan nanas mengandung salah satu senyawa yang termasuk ke dalam kelompok enzim pencernaan yang disebut dengan bromelain. Senyawa inilah dapat melawan pertumbuhan kanker.

Menjaga Tulang

Terdapat kandungan mineral mangan pada buah nanas yang dapat membantu memperkuat tulang. Kandungan mineral mangan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki jaringan-jaringan tulang.

Secangkir jus nanas akan cukup memberi asupan hampir tiga perempat dari mangan yang dibutuhkan setiap hari. Tidak hanya bekerja untuk memperkuat tulang, tetapi juga akan memperkuat jaringan ikat (tendon, ligamen, dan lain-lain) di sekitar tulang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Jus Nanas bagi Tubuh

Sperma
Perbesar
Ilustrasi Sperma | (Istimewa)

Meningkatkan Kesuburan

Memiliki antioksidan yang tinggi membuat buah nanas baik untuk kesuburan. Vitamin C dan beta-karoten yang terkandung dalam nanas berkontribusi terhadap manfaat ini. Selain itu, bromelain membantu memberikan kesuburan bagi yang mengonsumsinya.

Nanas dikatakan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke rahim dan meningkatkan kualitas lendir pada serviks. Hal ini dapat membantu melancarkan pergerakan sperma untuk membuahi telur. Mengonsumsi jus nanas juga bermanfaat mencegah impotensi.

Menjaga Gigi dan Gusi

Gigi dan gusi dapat menjadi sehat kembali dengan mengonsumsi jus nanas. Hal ini berkaitan dengan gigi yang membutuhkan mineral, sementara buah nanas memilikinya. Mengonsumsi nanas dapat mencegah plak pada gigi dan membantu menguatkan gusi. 

Namun, nanas memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Gula dapat menyebabkan gigi berlubang. Jadi, selain membatasi jumlah konsumsi, usahakan selalu minum air putih dan rajin menggosok gigi setelah mengonsumsi jus nanas atau buahnya secara langsung.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Jus Nanas bagi Tubuh

Energi
Perbesar
Ilustrasi energi | Credit: freepik.com

Melindungi dari Radikal Bebas

Antioksidan merupakan zat yang membantu tubuh mengeluarkan zat-zat racun atau radikal bebas dari dalam tubuh. Radikal bebas bisa berasal dari polusi maupun zat-zat yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi.

Radikal bebas memiliki efek yang berbahaya bagi tubuh. Efek radikal bebas adalah merusak sel-sel dalam tubuh sehingga sel-sel mengalami peradangan, menurunkan imunitas tubuh, dan menjadi faktor risiko munculnya kanker. 

Antioksidan yang terkandung di dalam nanas, berupa vitamin A dan C memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Untuk bisa merasakan manfaatnya, konsumsi jus nanas direkomendasikan untuk mempercepat penyerapan tubuh.

Penambah Energi

Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam tubuh yang berfungsi sebagai cadangan energi. Ketika berolahraga, tubuh akan dipaksa melahap gula yang ada dan jus nanas bisa menggantikan glikogen yang hilang.

Kandungan gula dalam nanas bisa membantu tubuh pulih lebih cepat. Manfaat buah nanas ini bisa diperoleh dengan snacking buah nanas segar atau jus nanas pasca berolahraga. Jus nanas direkomendasikan karena berbagai nutrisinya mudah dan cepat dicerna tubuh.

 

Lanjutkan Membaca ↓