14 Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Bahan Alami, Tampil Awet Muda

Oleh Laudia Tysara pada 15 Jan 2021, 08:20 WIB
Diperbarui 15 Jan 2021, 08:20 WIB
Kulit Wajah
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Lembap | Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui cara mencegah penuaan dini dengan bahan alami penting bagi pria dan wanita yang tidak lagi muda. Meski usia termasuk faktor utama melambatnya proses regenerasi sel kulit mati, tetapi banyak pula penyebab penuaan dini di usia muda yang memengaruhi.

Penuaan dini yang terjadi di usia muda seperti muncul kerutan, keriput, bintik-bintik penuaan, garis halus, dan kulit mengendur cukup mengkhawatirkan. Agar bisa benar-benar terbebas, ada beberapa penyebab yang harus dihindari dan cara mencegah penuaan dini dengan bahan alami yang perlu dipraktikkan.

Selain usia, masalah paparan sinar UV, stres, kurang tidur, darah tinggi, jarang membersihkan wajah, tidak rutin memakai pelembap, dan kurang mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan risikonya.

Nah, cara mencegah penuaan dini dengan bahan alami ini bisa menjadi solusinya. Bahan alami yang digunakan dapat membantu meregenerasi kulit dengan cepat, melembapkan, menjaga elastisitas kulit, menghidrasi dari dalam, dan membuat kulit wajah awet muda.

Berikut Liputan6.com ulas cara mencegah penuaan dini dengan bahan alami dari berbagai sumber, Jumat (15/1/2021).

2 dari 7 halaman

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Minyak Kelapa
Perbesar
Ilustrasi Minyak Kelapa | Credit: pexels.com/Mareefe

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat melembapkan kulit dan mengurangi munculnya kerutan. Minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat menghilangkan aktivitas radikal bebas pada jaringan kulit.

Mengaplikasikannya dapat membantu menghilangkan atau memudarkan garis halus di dahi. Ambil sedikit minyak kelapa murni di telapak tangan. Pijat di dahi dan wajah selama beberapa menit atau sampai minyak terserap oleh kulit. Biarkan semalaman lalu bilas dengan air keesokan harinya.

Kentang

Kentang memiliki kandungan mineral yang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat. Termasuk membantu regenerasi kulit serta menyingkirkan kulit mati pada wajah.

Cara mencegah penuaan dini dengan kentang cukup mudah. Tumbuk halus kentang yang telah direbus. Lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Minyak Jarak

Asam Ricinoleic yang ditemukan dalam minyak jarak dapat membantu mencegah kerusakan kulit. Ini dapat menjaga kulit dahi tetap sehat dan bebas dari garis kerutan. Oleskan minyak jarak dengan gerakan mengetuk lembut di dahi. Biarkan semalaman lalu bilas dengan air setelah bangun tidur.

3 dari 7 halaman

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Tomat
Perbesar
Ilustrasi tomat | Photo by Deniz Altindas on Unsplash

Tomat

Cara mencegah penuaan dini juga bisa menggunakan bahan alami tomat. Tomat kaya akan beta-karoten dan likopen yang bisa mengatasi kerusakan akibat sinar matahari yang berbahaya. Garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, dan bintik-bintik semuanya dapat dikurangi dan diringankan dengan masker tomat.

Cara mencegah penuaan dini dengan tomat cukup mudah. Potong menjadi dua satu tomat kecil, gosokkan pada dahi selama satu menit. Biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air.

Pisang

Masker wajah menggunakan buah pisang, bisa membantu mencegah penuaan dini. Pisang memiliki kandungan nutrisi yang bisa membantu menyamarkan noda hitam, menghilangkan kerutan dan garis halus di wajah. Pisang memiliki kandungan vitamin A dan vitamin e, yang sangat baik untuk mencegah penuaan dini, dan membantu melembapkan kulit wajah. 

Cara membuat masker dengan ramuan bahan alami pisang sangatlah mudah. Hancurkan pisang secukupnya dengan tambahan 1 sendok air mawar. Lalu aplikasikan di wajah dan biarkan mengering selama 15 hingga 30 menit.

4 dari 7 halaman

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Kunyit
Perbesar
Ilustrasi Bubuk Kunyit | Credit: pixabay.com/SteveBuissine

Kunyit

Studi menunjukkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari kunyit dapat membantu memperlambat penuaan. Kunyit juga memiliki sifat antimutagenik yang dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan dapat menunda tanda-tanda penuaan. Alhasil dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kencang.

Cara menerapkannya mudah. Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dan 3 sendok teh air mawar. Aduk hingga tercampur rata, seperti pasta. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher dengan lembut dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

Teh Hijau

Teh hijau sarat dengan antioksidan yang membantu membersihkan tubuh, mengurangi keriput dan kulit kendur. Teh hijau dapat membantu mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV.

Seduh teh hijau segar dengan air panas selama beberapa menit. Tambahkan madu secukupnya. Minum selagi teh hangat. Teh hijau juga bisa diaplikasikan langsung ke dahi sebagai masker wajah.

Caranya dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan teh hijau halus. Aplikasikan pada dahi atau wajah, biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air dingin.

5 dari 7 halaman

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Mentimun
Perbesar
Ilustrasi Mentimun | Credit: unsplash.com/Louis

Mentimun

Mentimun kaya mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga. Mentimun juga berguna mengencangkan kulit wajah di bawah mata. Mentimun memiliki sifat mendinginkan yang bikin rileks kulit.

Cara menerapkannya mudah. Potong mentimun tipis-tipis lalu tempelkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu basuh menggunakan air bersih. Bisa juga dengan memarut mentimun dan ambil airnya. Lalu dengan menggunakan kapas, oleskan pada wajah.

Yogurt

Menerapkan probiotik seperti yogurt pada kulit membantu membuatnya lebih kuat melawan penyebab kerusakan seperti sinar matahari. Asam laktat dan enzim alami lainnya yang ada dalam yogurt membersihkan pori-pori dan mengecilkannya.

Ini memberikan efek pengencangan pada kulit, sehingga mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Campurkan 3-4 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan pada dahi dan wajah, biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

6 dari 7 halaman

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Alpukat
Perbesar
Ilustrasi Buah Alpukat | Credit: unsplash.com/Kelly

Alpukat

Masker alami yang terbuat dari alpukat, bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Alpukat memiliki kandungan antioksidan seperti karotenoid, vitamin E dan vitamin C, yang bisa membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Kandungan dalam alpukat, bisa membantu meningkatkan kadar air, dan menjaga elastisitas kulit agar tidak mudah mengalami penuaan dini. Untuk membuat ramuan bahan alami dari alpukat, caranya dengan menghaluskan setengah buah alpukat dalam mangkuk, dan tambahkan 1 sendok oats ke dalamnya.

Setelah itu oleskan masker ke wajah dan diamkan 10 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Gunakan masker wajah sekitar 2-3 kali seminggu.

Air Beras

Masker air beras merupakan bahan alami, yang bisa membantu merawat kulit wajah, dan mencegah penuaan dini di kulit. Air beras mengandung asam linoleat dan squalene, yang bisa membantu meningkatkan produksi kolage, dan menjaga elastisitas kulit.

Kandungan Squalene bisa membantu melindungi kulit, dari kerusakan akibat terlalu sering terpapar sinar matahari, dan meredakan kemerahan di kulit wajah. Cara mencegah penuaan dini dengan air beras cukup mudah. Buatlah ramuan bahan alami dengan mengambil secangkir air beras, lalu rendam tisu atau kapas selama 10 menit. Kmudian tempelkan pada wajah selama 15-30 menit.

7 dari 7 halaman

Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Wortel
Perbesar
Ilustrasi Wortel | Credit: pexels.com/Mali

Wortel

Wortel dan kentang dapat dijadikan masker alami untuk mengencangkan kulit wajah. Vitamin C dalam kentang dapat membantu meningkatkan kolagen yang mendukung elastisitas kulit.

Wortel kaya akan vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, dan kalium. Vitamin A adalah antioksidan yang menyerang radikal bebas, dan dengan demikian mencegah tanda-tanda penuaan seperti pigmentasi, keriput, dan warna kulit yang tidak merata.

Cara mencegah penuaan dini dengan wortel cukup mudah. Haluskan kentang dan wortel dalam perbandingan 1:1. Campurkan 1 sendok teh mawar hingga membentuk pasta. Oleskan pasta pada wajah dan leher secara merata dan biarkan selama 20 menit. Bilas masker dan keringkan.

Kopi

Menggunakan masker kopi untuk perawatan wajah, bisa membantu mencegah timbulnya penuaan dini di kulit, terutama bagi wanita usia 30-an. Kandungan kopi bisa membantu menyamarkan noda hitam, meredakan kemerahan di kulit, menghilangkan garis halus di wajah dan mencegah radikal bebas.

Campurkan 1 sendok makan kopi dengan satu sendok teh bubuk kakao, dan tambahkan minyak kelapa, campur hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta di wajah dan leher. Biarkan mengering selama 15-30 menit. Kemudian dengan lembut lepaskan dengan memijat bersama air dingin.

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut secara alami. Selain itu, lidah buaya pun memiliki manfaat untuk kulit wajah. Tanaman ini akan menyegarkan wajah, mencerahkan, dan mengencangkan kulit wajah secara alami.

Cara mencegah penuaan dini dengan lidah buaya cukup mudah. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah. Lalu oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Lanjutkan Membaca ↓