16 Makanan Penyebab Jerawat Meradang, Bikin Bruntusan Sampai Breakout

Oleh Laudia Tysara pada 14 Jan 2021, 13:10 WIB
Diperbarui 14 Jan 2021, 13:10 WIB
Jerawat
Perbesar
Ilustrasi jerawat | Pexels

Liputan6.com, Jakarta Kemunculan jerawat sudah sejak lama menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Meski begitu, masih banyak pula yang acuh dengan makanan penyebab jerawat meradang. Selain dipengaruhi kondisi minyak dan sel kulit mati, makanan yang dikonsumsi memiliki dampak cukup signifikan pada peradangan.

 

Masalah jerawat umumnya bisa timbul di beberapa area tubuh manusia. Tidak hanya wajah sampai menyebabkan breakout parah, tetapi bisa muncul di punggung, leher, dan dada. Nah, makanan penyebab jerawat inilah yang memicunya dengan memengaruhi produksi minyak dan hormon.

Agar bisa terhindari dari jerawat atau acne, mulai hindari makanan penyebab jerawat meradang dan terapkan kebiasaan sehat lainnya. Rutin membersihkan wajah agar bebas kuman dan bakteri, menghindari stres, dan pahami produk kosmetik yang dapat memicunya.

Berikut Liputan6.com ulas makanan penyebab jerawat meradang dari berbagai sumber, Kamis (14/1/2021).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan Penyebab Jerawat

Tahu goreng
Perbesar
Ilustrasi gorengan | copyright pixabay.com/focusonpc

Gorengan

Salah satu makanan makanan penyebab jerawat yang sudah terkenal adalah gorengan. Makanan yang digoreng adalah makanan favorit semua orang, mulai dari ayam hingga kentang goreng.

Namun, mengonsumsi makanan yang digoreng berarti dapat menyebabkan kelebihan lemak, yang membuat kulit terilhat lebih kusam dan berkurang keelastisannya. Gorengan dapat merusak nutrisi dan vitamin yang sangat penting bagi penampilan kulit dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Gorengan dan jerawat seperti menjadi hal yang sulit untuk dipisahkan. Sudah banyak yang membuktikan bahwa konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak juga berpotensi meningkatkan produksi minyak pada wajah. Sebum yang berlebihan memang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Kacang

Produk-produk kacang dan olahannya juga tak lepas menjadi makanan penyebab jerawat. Hal ini memang tidak berlaku pada setiap orang namun kacang-kacang juga dapat merangsang minyak berlebih sehingga muncul jerawat. Kacang menyebabkan produksi sebum meningkat, sehingga bakteri pada kulit bisa berkembang menjadi jerawat.

Bagi sebagian orang, kacang merupakan salah satu Makanan Penyebab Jerawat yang wajib untuk dihindari. Kacang yang dimaksud adalah kacang tanah karena kacang tanah merupakan kacang yang paling umum ditemukan dalam makanan. Meskipun begitu, banyak juga orang yang sensitif terhadap jenis kacang lainnya.

Daging

Konsumsi daging, terutama daging dengan lemak bisa meningkatkan risiko jerawat. Daging yang diproses juga menjadi bagian dari makanan yag buruk untuk jerawat.

Daging non-organik biasanya juga mengandung hormon steroid alami atau sintetis yang digunakan untuk meningkatkan laju pertumbuhan hewan. Mengkonsumsi daging semacam ini juga dapat memicu jerawat dengan meningkatkan aksi androgen dan Insuli.

Sebaliknya, mengurangi kondisi daging dan meningkatkan konsumsi sayur dan buah bisa membantu menyembuhkan jerawat. Menambahkan antioksidan, serat, dan mineral dalam pola makan nabati membantu sistem detoksifikasi setiap hari. Ini berkontribusi pada kulit yang lebih sehat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan Penyebab Jerawat

Alkohol
Perbesar
Ilustrasi alkohol | Unsplash

Keripik

Makanan penyebab jerawat berikutnya adalah Keripik kentang. Keripik kentang ternyata memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu meningkatnya insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain keripik kentang, kentang goreng, dan roti juga memiliki indeks glikemik yang tinggi yang sebaiknya kamu hindari.

Alkohol

Alkohol meningkatkan produksi urin, yang berarti tubuh akan kehilangan cairan, dan itu membuat kulit terasa kering. Ketika kulit kering, sebenarnya akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk mencoba dan menghilangkan semua kekeringan, sehingga mengurangi atau menghilangkan asupan alkohol akan lebih bermanfaat bagi hati dan pori-pori.

Mayones

Kebanyakan mayo dibuat dengan minyak kedelai, yang juga bersifat inflamasi. Mayonais yang terbuat dari kedelai bisa menyebabkan jerawat. Kedelai mengandung isoflavon, yang dapat bertindak seperti estrogen dalam tubuh. Begitu hormon ini tidak seimbang, ia akan menimbulkan jerawat hormonal yang timbul di mulut dan rahang.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan Penyebab Jerawat

Cokelat
Perbesar
Ilustrasi cokelat | (sumber: Tetiana Bykovets on Unsplash)

Soda

Soda mengandung gula dalam jumlah banyak. Gula adalah salah satu makanan yang paling sering memicu peradangan. Tubuh akan menyerap minuman bersoda lebih cepat, menyebabkan menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan sodarespons peradangan. Soda akan meningkatkan peradangan dan membuat kondisi jerawat bertambah parah.

Roti Putih

Roti putih terbuat dari karbohidrat olahan. Jenis makanan ini bisa mempercepat proses penuaan kulit dan mendatangkan jerawat yang lebih parah. Jenis karbohidrat olahan lain yang perlu dijauhi di antaranya adalah oatmeal, pretzel, pasta, dan sereal. Mengganti roti putih dengan roti gandum utuh dapat membantu membersihkan kulit.

Cokelat

Cokelat sebagai salah satu makanan penyebab jerawat memang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat sejak dulu. Hal ini berkaitan dengan kandungan olahan cokelat yang banyak mengandung gula sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Peningkatan gula darah dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat. Mengonsumsi cokelat putih bisa menimbulkan jerawat karena bisa memicu panas dalam kulit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan Penyebab Jerawat

Keju
Perbesar
Ilustrasi Keju | Credit: unsplash.com/Waldimer

Keju

Seperti kebanyakan makanan dalam kategori produk olahan susu, keju merupakan salah satu bahan makanan penyebab jerawat. Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang paling digemari.

Produk olahan susu ini ternyata dapat memicu kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak sehingga dapat menimbulkan jerawat. Sekarang ini mungkin kamu bisa menemui keju dimana-mana dalam bentuk berbagai olahan, kamu harus jeli dalam melihat dan memesan makanan.

Ayam

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah ayam. Ayam merupakan makanan yang sangat digemari dan menjadi makanan sehari-hari orang Indonesia. Namun, ayam merupakan salah satu pemicu jerawat tumbuh.

Mulai konsumsi ayam untuk menjaga kulit wajah. Kamu perlu mengatur pola konsumsi ayam sehari-hari agar jerawat tidak tumbuh. Jangan terlalu sering bila kamu menginginkan wajah yang bersih mulus.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan Penyebab Jerawat

Telur
Perbesar
Ilustrasi Telur | Credit: pexels.com/Boil

Whey Protein

Makanan penyebab jerawat yang berikutnya adalah whey protein. Makanan ini merupakan alah satu jenis protein yang banyak digunakan dalam makanan dan suplemen olahraga. Whey protein merupakan sumber yang kaya akan asam leusin dan glutamin.

Dilansir dari jurnal Milk And Milk Products In Human Nutrition, whey protein dapat menjadi salah satu makanan penyebab jerawat. Beberapa penelitian bahkan menemukan hubungan antara konsumsi whey protein dan jerawat pada atlet pria yang mengonsumsinya.

Penelitian tersebut mengamati bahwa whey protein ternyata dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan insulin yang lebih tinggi. Whey protein juga merangsang sel-sel kulit tumbuh dan membelah dengan cepat. Kombinasi dari ini bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat mudah didapat. Keistimewaan telur ini ternyata tidak dapat disarakan oleh semua orang. Sebagian orang justru merasakan reaksi seperti jerawat bahkan bisul setelah mengonsumsi telur.

Sama seperti ayam, kamu harus mengatur agar tidak terlalu sering makan telur. Sebenarnya tidak ada larangan untuk mengonsumsinya, namun disarankan saja untuk tidak terlalu sering karena bisa menjadi salah satu makanan penyebab jerawat di wajah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Makanan Penyebab Jerawat

Susu
Perbesar
Ilustrasi Susu | Credit: pexels.com/pixabay

Fast Food

Makanan yang menyebabkan jerawat yang berikutnya adalah makanan cepat saji. Jenis makanan seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake sudah sejak lama disinyalir menjadi penyebab jerawat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa penelitian tentang makanan cepat saji hanya menunjukkan pola kebiasaan makan dan risiko jerawat. Bukan berarti makanan cepat saji adalah penyebab jerawat yang pasti setiap kali Anda memakannya. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian.

Gula

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah gula. Semua hal yang lezat dalam hidup seperti kue, minuman manis, atau permen dapat meningkatkan tingkat insulin yang mengarah ke peradangan, yang membentuk jerawat.

Selain meningkatkan hormon penyebab jerawat, makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga dapat merusak kerja kolagen dan elastin kulit sehingga kulit dapat turun elastisitas dan gejala penuaan bisa muncul lebih cepat. Sebaiknya, perbanyak makan buah dan camilan yang mengandung pemanis alami untuk menjaga pori-pori tetap sehat.

Susu

Susu sapi sebenarnya terdiri dari hormon, dan produk yang dihasilkan dari susu sapi juga termasuk hormon-hormon ini serta pengawet lainnya yang dapat menyebabkan jerawat. Jika memiliki kulit berminyak, maka susu mungkin menjadi musuh terbesarmu.

Banyak penelitian yang sudah menemukan hubungan antara produk susu dan keparahan jerawat. Sebuah studi menyebutkan bahwa orang dewasa yang sering mengonsumsi susu dan es krim empat kali lebih tinggi memiliki risiko berjerawat. Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya