Sukses

Penyebab Jantung Koroner dan Faktor Risikonya, Kenali Gejalanya

Penyakit jantung koroner termasuk penyakit mematikan di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab jantung koroner termasuk salah satu penyakit jantung yang umum ditemui. Penyakit jantung koroner (PJK) juga dikenal dengan sebutan penyakit arteri koroner atau penyakit jantung iskemik. Penyebab jantung koroner menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. 

Penyebab jantung koroner terkait dengan gangguan pada arteri koroner. Arteri koroner adalah pembuluh darah yang memasok oksigen dan darah ke jantung. Ada banyak faktor penyebab jantung koroner yang memicu rusaknya arteri koroner.

Penyebab jantung koroner sangat berhubungan dengan masalah kesehatan lainnya seperti kolesterol, darah tinggi, hingga diabetes. Mengetahui penyebab jantung koroner bisa membantu mencegah penyakit mematikan ini.

Berikut penyebab jantung koroner, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(13/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab jantung koroner secara umum

Penyakit jantung koroner (PJK), atau penyakit arteri koroner, berkembang ketika arteri koroner menjadi terlalu sempit. Arteri koroner adalah pembuluh darah yang memasok oksigen dan darah ke jantung. Jika arteri ini menyempit, jantung mungkin tidak menerima cukup darah kaya oksigen, terutama selama aktivitas fisik.

Melansir Medical News Today, Penyebab jantung koroner cenderung berkembang ketika kolesterol menumpuk di dinding arteri, menciptakan plak. Plak ini menyebabkan arteri menyempit, mengurangi aliran darah ke jantung.

Penyakit jantung koroner berkembang sebagai akibat dari cedera atau kerusakan pada lapisan dalam arteri koroner. Kerusakan ini menyebabkan timbunan lemak dari plak di lokasi cedera.

Endapan ini terdiri dari kolesterol dan produk limbah lainnya dari sel. Penumpukan ini disebut aterosklerosis. Jika potongan plak pecah atau pecah, trombosit akan berkumpul di area tersebut untuk memperbaiki pembuluh darah. Cluster ini dapat menyumbat arteri dan mengurangi atau menyumbat aliran darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung.

3 dari 5 halaman

Faktor penyebab jantung koroner

Dilansir dari MayoClinic, penyakit jantung koroner diperkirakan dimulai dengan kerusakan atau cedera pada lapisan dalam arteri koroner, terkadang sejak masa kanak-kanak. Kerusakan juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

Usia: bertambahnya usia meningkatkan risiko arteri rusak dan menyempit.

Jenis kelamin: pria umumnya berisiko lebih besar terkena penyakit arteri koroner. Namun, risiko wanita juga bisa meningkat setelah menopause.

Genetik: riwayat penyakit jantung keluarga dikaitkan dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih tinggi, terutama jika kerabat dekat mengembangkan penyakit jantung pada usia dini. Risiko paling tinggi jika ayah atau saudara laki-laki didiagnosis menderita penyakit jantung sebelum usia 55 tahun atau jika ibu atau saudara perempuan mengembangkannya sebelum usia 65 tahun.

Merokok: orang yang merokok memiliki risiko penyakit jantung yang meningkat secara signifikan. Menghirup asap rokok orang lain juga meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

Tekanan darah tinggi: tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan arteri. Ini mempersempit saluran di mana darah dapat mengalir.

4 dari 5 halaman

Faktor penyebab jantung koroner

Kadar kolesterol darah tinggi: Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko pembentukan plak dan aterosklerosis. Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh tingkat kolesterol jahat yang tinggi. Kadar kolesterol baik juga dapat berkontribusi pada perkembangan aterosklerosis.

Diabetes: diabetes dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit arteri koroner. Diabetes tipe 2 dan penyakit arteri koroner memiliki faktor risiko yang serupa, seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.

Kegemukan atau obesitas: berat badan berlebih biasanya memperburuk faktor risiko lainnya.

Ketidakaktifan fisik: kurang olahraga juga dikaitkan dengan penyakit arteri koroner dan beberapa faktor risikonya.

Stres tinggi: stres yang tidak berkurang dalam hidup dapat merusak arteri serta memperburuk faktor risiko lain untuk penyakit arteri koroner.

Pola makan tidak sehat: makan terlalu banyak makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, lemak trans, garam dan gula dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

5 dari 5 halaman

Gejala penyakit jantung koroner

Setelah mengetahui penyebab jantung koroner, penting mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkan. Pada awalnya, aliran darah yang menurun mungkin tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, karena plak terus menumpuk di arteri koroner gejala akan mulai bermunculan. Berikut gejala yang bisa muncul akibat penyakit jantung koroner:

Angina

Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan angina. Ini adalah jenis nyeri dada yang terkait dengan penyakit jantung. Kondisi ini didefinisikan sebagai rasa tekanan atau sesak di dada, seolah ada sesuatu berat yang duduk di dada. Angina biasanya terjadi di bagian tengah atau kiri dada.

Angina umumnya dipicu oleh stres fisik atau emosional. Rasa sakit biasanya hilang dalam beberapa menit setelah menghentikan aktivitas yang membuat stres. Pada beberapa orang, terutama wanita, rasa sakit mungkin singkat atau tajam dan terasa di leher, lengan atau punggung.

Sesak napas

Penyakit jantung koroner juga bisa menyebabkan sesak napas. Jika jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh, tubuh mungkin mengalami sesak napas atau kelelahan ekstrem saat beraktivitas.

Serangan jantung

Arteri koroner yang tersumbat sepenuhnya akan menyebabkan serangan jantung. Tanda dan gejala klasik serangan jantung termasuk tekanan di dada dan nyeri di bahu atau lengan, terkadang disertai sesak napas dan berkeringat. Gejala pertama biasanya nyeri dada yang menyebar ke leher, rahang, telinga, lengan, dan pergelangan tangan, dan mungkin ke tulang belikat, punggung, atau perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.