Sukses

Afiqah JKT48 Umumkan Kelulusan Akibat Restrukturisasi, Ini 5 Faktanya

Setahun bergabung, Afiqah umumkan kelulusan akibat pengurangan member dan staff di JKT48.

Liputan6.com, Jakarta Nama Amanina Afiqah Ibrahim tentunya sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Mengawali karier sejak usia belia tak sedikit penggemar Afiqah yang sudah mengikuti perjalanan Afiqah sejak mulai terjun ke industri hiburan yakni pada tahun 2012. Artis kelahiran 6 Januari 2006 ini mulai dikenal masyarakat karena membintangi iklan salah satu produk biskuit.

Pada tahun 2019, penyanyi muda berusia 15 tahun bergabung dengan JKT48. Ia merupakan anggota JKT48 generasi kedelapan yang berasal dari Jakarta. Sejak Juni 2020, sulung dari dua bersaudara ini berada di Tim J JKT48. Bergabung menjadi bagian dari JKT48 membuat ia semakin dikenal masyarakat Indonesia dan dicintai para penggemar.

Namun belum lama ini, melalui laman Twitter pribadinya ia membagikan curhatannya mengenai dirinya yang harus lulus dari JKT48 karena adanya restrukturisasi JKT48 yang besar-besaran. Tak hanya Afiqah, ada sebanyak 26 anggota JKT48 yang 'dipaksa' lulus lantaran restrukturisasi tersebut.

Pihak JKT48 menjelaskan bahwa akan meluluskan para member dalam event 'Upacara Kelulusan Khusus JKT48 yang dilaksanakan pada akhir Februari. Pandemi Corona Covid-19 menyebabkan aktivitas JKT48 menjadi sulit untuk dijalankan. Melakukan pengurangan salah satu langkah agar JKT48 dapat bertahan.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber fakta  Afiqah JKT48 umumkan kelulusan akibat restrukturisasi besar-besaran JKT48, Selasa (12/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Restrukturisasi JKT48

Pandemi Corona Covid-19 yang mewabah di Indonesia sejak awal tahun 2020 sudah menghambat beberapa aktivitas masyarakat, tak terkecuali aktivitas di industri hiburan. JKT48 merasakan dampak dari adanya pandemi tersebut dan hingga kini penyebaran pun semakin meluas. Sejak adanya pandemi, JKT48 sulit untuk melakukan kegiatan. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar JKT48 tetap bertahan dan tidak bubar adalah dengan melakukan pengurangan member dan staff.

Pada 11 Januari 2021, pihak JKT48 melalui laman Twitter @officialJKT48 membagikan pengumuman terkait anggota JKT48 yang 'dipaksa' lulus atau anggota yang terkena dampak dari restrukturisasi besar-besaran tersebut. Sejak pengumuman ini dibagikan, #KamiBersamaJKT48 menjadi trending di Twitter.

"Dari hasil diskusi tersebut, satu-satunya cara untuk bisa tetap bertahan adalah dengan melakukan pengurangan jumlah member dan staff JKT48. Kami memutuskan untuk melakukan perubahan skala besar dalam grup. Ini adalah hal yang sangat berat, tapi kami tidak punya pilihan lagi selain mulai membangun semua dari awal. Oleh karena itu, kami akan meluluskan para member yang akan berpisah dari grup ini dalam event “Upacara Kelulusan Khusus JKT48”. Event ini akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari." tulis pihak JKT48 pada pengumuman yang dibagikan melalui laman Twitter @officialjkt48.

3 dari 6 halaman

2. Afiqah Salah Satu Member yang Lulus Akibat Restrukturisasi

Amanina Afiqah Ibrahim merupakan salah satu member yang terkena dampak dari adanya restrukturisasi besar-besaran JKT48 tersebut. Afiqah adalah salah satu anggota Tim J yang lulus dari JKT48 akibat pengurangan member ini. Melalui pengumuman yang dibagikan pihak JKT48 di Twitter, ada 7 anggota Tim J yang terkena dampak dari pengurangan jumlah member dan staff JKT48 ini.

Beberapa diantaranya yakni adalah Adriani Elizabeth, Amanina Afiqah, Diani Amalia Ramadhani, Gabriel Angelina, Nabila Fitriana, Riska Amelia, dan Sania Julia. Diketahui, mantan bintang iklan cilik ini sudah bergabung di JKT48 sejak April 2019 lalu. 

Kabar tersebut tak hanya membuat kaget para anggota yang terkena dampak restrukturisasi tersebut, namun para penggemar juga menyayangkan hal tersebut. Namun pihak JKT48 sudah menjelasakan bahwa hal ini harus dilakukan agar JKT48 dapat bertahan di tengah pandemi Corona Covid-19.

4 dari 6 halaman

3. Curhatan Afiqah

Mengetahui bahwa para penggemarnya merasa kehilangan lantaran ia harus lulus dari JKT48, Afiqah kemudian menuliskan sebuan curhatan bahwa ini bukan akhir dari segalanya. Walaupun ia merasa sedih, namun ia yakin bisa lebih berkembang setelah lulus dari JKT48. Penyanyi berusia 15 tahun ini juga sudah mendapatkan banyak pelajaran dari JKT48 yang sudah membesarkan namanya.

"Maaf klo kata" nya msh berantakan Wajah memeluk❤ ily all so much pls dont be sad :(" tulis Afiqah pada kolom caption postingannya di Twitter.

"Kaget ya? iya sama aku juga kaget waktu di kasitau kalau aku tidak lama lagi di sini. But hey look at the bright side, di JKt48 aku menemukan banyak hal yang belum aku ketahui dan aku pelajari untuk diluar sana. Bahkan aku bisa merasakan berjuang bersama teman-temanku dan bersama kalian. Aku tidak akan mengatakan perjuanganku disini sia-sia thats a big no. Perjuanganku bukan sampai disini saja, karena aku akan lanjut berjuang lagi di luar sana." tulis penyanyi berusia 15 tahun itu.

Afiqah yakin bahwa ia akan terus mengembangkan bakat dan potensinya setelah lulus dari JKT48. Ia juga mengucapkan syukur karena telah banyak belajar dari JKT48 yang sudah membesarkan namanya.

"Dan disini pun aku tau Tuhan selalu memberikan jalan yang terbaik. Mungkin saja potensi ku diluar sana lebih tinggi dan bisa menjadi lebih sukses dan aku juga bersyukur karena telah menjadi bagian dari JKT48. Toh kita tidak pernah tau takdir kedepannya seperti apa dan kita hanya menjalaninya. Even sometimes we have a bad days dont forget untuk selalu bersyukur okie?" tambahnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Ucapan Terima Kasih

Even kelulusan anggota JKT48 yang terkena dampak dari restrukturisasi besar-besaran ini akan dilaksanakan pada akhir Februari mendatang. Melalui curhatannya di Twitter, Afiqah tak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada penggemarnya yang sudah mendukungnya sampai di titik ini. 

"Aku ingin berterima kasih kepada kalian yang sudah mendukung aku dari awal sampai saat ini. Maaf kalau aku masih belum bisa membalas kebaikan kalian semua. Aku sangat bersyukur karena telah diberi dukungan oleh orang -orang yang seperti kalian. kalo mau oshihen sebenernya  for me its not a very big problem atau kalian mau ninggalin aku its ok, tp kalau ada apa2 dan mau balik ke aku, im always here tho so dont worry." kata Afiqah.

 

6 dari 6 halaman

5. Beri Semangat untuk JKT48

Pada tulisan bagian terakhir, penyanyi kelahira tahun 2006 ini meminta bahwa penggemar JKT48 agar selalu mendukung JKT48 dan dirinya. Ia juga memberikan semangat untuk para sahabatnya di JKT48 agar bisa membawa nama JKT48 lebih luas lagi.

"hmm seperti nya kita akan mengubah yang tadi nya "Masa depanJKT48" menjadi "Generasi penerus Indonesia" that fits well tho. Dan untuk teman2ku yang masih bertahan semangat ya! Bawa nama JKT48 lebih luas lagi. Kutunggu JKT48 perform di GBK!" imbuh Afiqah.

Ia juga menambahkan bahwa ia memohon dukungan dari penggemarnya agar mendukung dirinya sampai hari kelulusan tiba.

"Mohon bantuannya sampai hari kelulusanku tiba ya. Mohon dukungannya selalu untuk JKT48 dan aku ya." tutup Amanina Afiqah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.