10 Cara Gambar Anime Keren, Perhatikan Setiap Langkahnya

Oleh Laudia Tysara pada 06 Jan 2021, 19:20 WIB
Diperbarui 06 Jan 2021, 19:20 WIB
Anime
Perbesar
Ilustrasi anime | Wikimedia Commons

Liputan6.com, Jakarta Anime adalah istilah yang berasal dari serapan kata berbahasa Inggris, animation. Penggemar gambar anime, kini semakin banyak dan membuat cara gambar anime keren menjadi pertanyaan rutinannya.

Cara gambar anime keren memang tidak semudah menggambar karakter kartun biasa. Anime umumnya dibuat oleh seorang animator yang merangkaikan berbagai bentuk lukisan atau gambar dengan tambahan teknologi komputer.

Bagi pemula, cara gambar anime keren bisa dimulai dari lukisan tangan biasa. Menggabungkan ribuan pola gambar yang mirip dengan gambar manga atau komik khas Jepang favoritnya. Satu hal yang perlu dijadikan kunci, yakni ketekunan.

Berikut Liputan6.com ulas cara gambar anime keren dari berbagai sumber, Rabu (6/1/2021).

2 dari 6 halaman

Cara Gambar Anime Keren dengan Garis Halus dan Konstruksi

Menggambar
Perbesar
Ilustrasi menggambar | (pixabay.com)

Buat Garis Halus

Buat garis terang terlebih dahulu dan telurusi pada garis yang lebih gelap. Lakukan penekanan pensil dengan santai dan tidak terlalu kuat. Praktikkan dengan perlahan tetapi pasti.

Garis-garis halus atau tipis lebih mudah dihapus jika membuat kesalahan dan tentu lebih mudah dibuat. Membuat sketsa terlebih dahulu dan menyelesaikannya dengan garis yang lebih rapi setelahnya.

Buat Garis Konstruksi

Dilansir dari laman Animeoutline, jika ingin menggambar kepala atau wajah yang simetris dari tampilan depan. Mulailah menggambar garis horizontal terlebih dahulu di tengah-tengah tempat aingin menggambar wajah.

Garis konstruksi ini akan membantu memastikan kedua bagian wajah memiliki lebar yang sama. Kemudian bisa menggambar garis horizontal (atau beberapa garis), membantu memastikan bahwa kedua mata, dan telinga berada pada level yang sama.

3 dari 6 halaman

Cara Gambar Anime Keren dengan Perencanaan dan Pengulangan Sama

Menggambar
Perbesar
Ilustrasi menggambar | cottonbro dari Pexels

Perencanaan Lebih Besar

Karakter anime cenderung memiliki kepala yang lebih besar daripada tubuh mereka, dibanding orang sungguhan. Oleh sebab itu pada contoh gambar, gadis itu memiliki tinggi 6 1/2 kepala.

Mulailah dengan bentuk yang lebih besar terlebih dahulu. Jika menggambar area seseorang, mulailah dengan kepala dan terus turun ke seluruh tubuh. Jangan menggambar detail yang lebih kecil seperti fitur wajah, jika belum punya bentuk seluruh tubuh.

Menggambar dengan cara ini akan jauh lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan. Jika menggambar anime dan manga dengan wajaf beserta detail fiturnya, terkadang bisa menemukan bahwa tubuh sebenarnya tidak pas.

Pengulangan Sama di Bagian Berbeda

Cobalah mempertahankan berbagai objek gambar dalam kondisi penyelesaian yang kira-kira sama. Misalnya menggambar mata, maka gambarlah bentuk luar tiap mata, lalu gambar bentuk setiap iris.

Melalui cara ini, mulai lebih memperhatikan jika yang pertama tidak pada tempatnya. Sehingga pada tahap ini hanya perlu melakukan sedikit pelacakan ke belakang jika membuat kesalahan. Tujuannya agar tetap bisa selalu proporsional posisinya.

4 dari 6 halaman

Cara Gambar Anime Keren dengan Bagian Mata Atas dan Bawah

Menggambar
Perbesar
Ilustrasi menggambar | Karolina Grabowska dari Pexels

Bagian Mata Wanita Atas

Mulai menggambar mata bagian atas untuk mata anime perempuan yang berukuran besar. Gambar garis cembung ke atas dengan ujung kanan tebal, namun tipis di ujung kiri seperti yang terlihat pada gambar.

Jangan lupa bubuhkan alis mata lentik seperti alis mata perempuan. Karena ini mata kanan, kamu harus membuat ujung sebelah kiri menjulang sedikit lebih tinggi dari ujung kanan.

Bagian Mata Wanita Bawah

Gambar bagian bawah mata berupa garis-garis yang dikreasikan menjadi bulu mata lentik. Kamu dapat mengatur sendiri seberapa besar ukuran mata anime yang ingin kamu gambar. Panjang garis mata bagian bawah tidak sepanjang mata bagian atas, yang dapat kamu lihat di gambar.

Setelah menggambar garis atas dan bawah, selanjutnya kamu gambar lingkaran lonjong untuk membentuk bola mata. Kamu dapat mengatur seberapa besar bola mata dan juga bentuknya. Namun, pastikan untuk menyondongkan bola mata bagian atas ke garis mata bagian atas saat mengikuti cara menggambar mata anime.

Gambar lingkaran yang menggambarkan pupil dan pantulan cahaya seperti yang terlihat pada gambar. Pertebal sketsa mata yang sudah kamu gambar menggunakan spidol atau pena khusus menggambar. Lalu, hapus sisa pensil yang terlihat untuk mempertegas mata yang telah dipertebal itu.

5 dari 6 halaman

Cara Gambar Anime Keren dengan Bagian Tersembunyi dan Latihan

Menggambar
Perbesar
Ilustrasi menggambar | RF._.studio dari Pexels

Bagian Tersembunyi

Salah satu kesalahan pemula yang acap kali terjadi yakni mengabaikan bagian tersembunyi. Terkadang menggambar hal-hal yang tersembunyi oleh hal lain merupakan ide yang bagus.

Alasannya adalah untuk memastikan penempatan yang benar dari bagian-bagian yang terlihat. Misalnya dengan menggambar kedua mata secara tipis. Mulai periksa jarak antara keduanya yang akan membantu memastikan bahwa mata yang terlihat itu terletak dengan benar.

Selain itu, menggambar bagian yang tersembunyi dari bentuk luar telinga. Membantu memperkirakan volume yang dibutuhkan rambut untuk menutupi.

Terapkan Latihan

Latihan ini bisa dimulai dengan membuat garis dan bentuk geometris dasar yang cukup sederhana. Teratur latihan membuat garis lurus, garis lengkung, bentuk dasar (segitiga, lingkaran, persegi), dan latihan gambar campur.

Jangan diremehkan, latihan-latihan ini akan membantu menstabilkan tangan, serta melatih menghindari kesalahan umum. Selain itu, latihan ini juga sangat bagus untuk belajar menggambar bentuk simetris.

Hasil latihan bentuk dasar ini, kemudian dituangkan dalam membentuk wajah dan tubuh yang simetris. Niscaya gambar anime yang keren dan terstruktur akan didapatkan dengan lebih mudah.

6 dari 6 halaman

Cara Gambar Anime Keren dengan Mempelajari dan Memeriksa Kesalahan

Menggambar
Perbesar
Ilustrasi menggambar | Julia M Cameron dari Pexels

Mempelajari Anime

Mulailah lebih rajin mempelajari gaya anime. Membuat karya seni yang terlihat seperti anime dan manga, tentu harus memahami karakteristiknya. Ada berbagai tutorial menggambar anime dan manga secara online yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Semakin mengenali karakter, lekuk tubuh, wajah, dan bagian dari anime akan membuat proses menggambar lebih lancar. Kesempurnaan dan kesimetrisan gambar anime juga tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

Memeriksa Kesalahan

Terakhir, cara menggambar anime keren dengan kilas balik melihat kesalahan yang sudah pernah dilakukan. Balikkan gambar atau dekatkan ke cermin. Ini akan memberi "perspektif" baru, sehingga lebih mudah untuk melihat.

Jika perlu lakukan pencatatan pada bagian-bagian yang kerap salah. Lalu perbaiki dengan melakukan lebih banyak latihan dan percobaan. Keberhasilan seorang seniman bisa didapat dengan banyaknya kegagalan yang telah dilaluinya.

Lanjutkan Membaca ↓