Daftar Tempat Wisata di Singapura yang Instagramable, Wajib Dikunjungi

Oleh Husnul Abdi pada 05 Jan 2021, 20:37 WIB
Diperbarui 05 Jan 2021, 20:37 WIB
Daftar Tempat Wisata di Singapura
Perbesar
Daftar Tempat Wisata di Singapura (Image by Nirut Phengjaiwong from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Daftar tempat wisata di Singapura cocok buat kamu yang ingin liburan ke negara tetangga dengan suasana baru. Singapura didaulat sebagai surganya belanja bagi warga dunia, dan juga memiliki wisata modern yang sangat terkenal.

Singapura juga menyediakan paket akomodasi yang memadai bagi para wisatawan. Mulai dari transportasi publik yang sangat nyaman, tempat kuliner dengan menu yang khas, hingga tempat menginap dengan harga yang bervariasi. 

Daftar tempat wisata di Singapura pun beraneka ragam. Mulai dari taman, maskot, hingga pusat perbelanjaan murah bisa kamu kunjungi di negara tetangga ini. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia tentunya bisa membuat kamu lebih mudah menjangkau Singapura.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/1/2020) tentang daftar tempat wisata di Singapura.

Marina Bay Sands dan Merlion Park

wisata singapore
Perbesar
Merlion Park (sumber: pixabay)

Marina Bay Sands

Daftar tempat wisata di Singapura yang pertama adalah Marina Bay Sands, bangunan yang menjadi ikon Singapura. Ini merupakan kompleks pusat perbelanjaan, hotel, dan casino yang sangat megah. Tempat ini merupakan destinasi wajib wisatawan ketika berkunjung ke Singapura.

Buat kamu yang ingin menikmati langit malam di Singapura, enggak ada salahnya untuk sekedar duduk-duduk di area ini. Kamu akan dimanjakan dengan Spectra Light & Water Show yang digelar setiap malam jam 20.00.

Merlion Park

Merlion Park merupakan daftar tempat wisata di Singapura yang sudah sangat populer, sehingga menjadi tempat wisata favorit para pelancong. Patung kepala singa ini menjadi maskot negara tersebut dan tempat wisata di Singapura yang murah. Ketika berkunjung ke Singapur, tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen di lokasi ini.

Patung yang ada di kawasan Marina Bay ini memiliki tinggi sekitar 8-9 meter. Selain itu, ada juga patung Merlion di Pulau Sentosa. Kamu bisa datang ke Merlion Park kapan saja, karena tempat wisata ini buka selama 24 jam.

Gardens by the Bay dan Esplanade

Gardens By The Bay Singapura
Perbesar
Gardens By The Bay Singapura (Sumber: PIxabay)

Gardens by the Bay

Daftar tempat wisata di Singapura selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Gardens by the Bay. Tempat wisata ini merupakan rumah bagi 2.000 spesies dan 700 ribu tanaman sungguhan.

Memiliki luas sekitar 101 hektar, Gardens by the Bay terbagi ke dalam beberapa area yang dapat kamu kunjungi. Walaupun enggak semua bisa kamu datangi secara gratis, namun spot tersebut tidak kalah memesona dari yang berbayar.

Salah satu wisata gratis di Singapura di sini adalah Garden Rhapsody Music & Light Show. Pertunjukan musik dan cahaya di Supertree Grove ini digelar setiap malam mulai pukul 19.45.

Esplanade

Setelah dari Merlion Park, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke daftar tempat wisata di Singapura ini, yaitu Esplanade. Kamu juga wajib banget mengabadikan momen dengan latar belakang gedung berbentuk unik mirip durian ini.

Lokasi gedung ini tepat di seberang Merlion Park. Untuk menuju ke situ, kamu bisa jalan kaki melewati jembatan yang dihiasi tanaman bougenville. Esplanade ini merupakan gedung pusat seni dan pertunjukan yang ada di Singapura.

Kamu bisa menikmati liburan gratis di sekitar gedung dengan mengabadikan momen. Selain itu, pemandangan di sekitar gedung yang sangat indah cukup untuk menghabiskan waktu sejenak. Terkadang ada juga pertunjukan seni dan musik yang bisa kamu nikmati secara gratis.

 

Bugis Street dan Haji Lane

Haji Lane Singapura
Perbesar
Haji Lane Singapura

Bugis Street

Selain Orchard Road, kamu juga bisa berkunjung ke Bugis Street. Daftar tempat wisata di Singapura ini juga tidak kalah populer dari yang lainnya. Di sini kamu akan menemukan barang-barang yang dijual dengan harga miring alias murah.

Selain itu, banyak aneka pillihan barang-barang yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Jadi, buat kamu yang ingin mencari oleh-oleh, Bugis Street adalah pilihan yang wajib kamu kunjungi. Cukup naik MRT jalur hijau atau biru dan turun di Bugis MRT Station.

Haji Lane

Daftar tempat wisata di Sinagpura berikutnya adalah Haji Lane. Destinasi ini semakin populer dan sangat digandrungi wisatawan karena tempatnya yang unik dan terpenting adalah gratis.

Lokasinya berada di di kawasan Kampong Glam. Haji Lane sebenarnya sebuah gang kecil. Selain sebagai tempat singgah bagi masyarakat usai menunaikan ibadah haji di Mekah, dulunya, lokasi ini merupakan hunian warga Melayu kurang mampu.

Kemudian, pemerintah Singapura menata lokasi ini lebih indah tanpa mengubah wujud klasik aslinya. Haji Lane seringkali menjadi spot foto para fotografer lokal maupun dunia. Di sini kamu dapat menikmati dinding penuh lukisan graffiti untuk berswafoto tanpa dikenakan biaya.

Orchard Road dan Singapore Botanic Gardens

Berdiri sejak 158 tahun lalu, Singapore Botanic Gardens menjadi   pusat pelestarian dan pengembangan tanaman tropis di Singapura
Perbesar
Berdiri sejak 158 tahun lalu, Singapore Botanic Gardens menjadi pusat pelestarian dan pengembangan tanaman tropis di Singapura (Liputan6/Elin Yunita Kristanti)

Orchard Road

Daftar tempat wisata di Singapura berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Orchard Road. Jalan Orchard atau Orchard Road memiliki arti jalan kebun buah merupakan sebuah jalan di Singapura yang menjadi pusat retail dan hiburan.

Jalan ini merupakan tempat yang sangat menarik dikunjungi. Di sini kamu dapat menemukan sederet pusat perbelanjaan atau pertokoan di kesua sisi jalan. Selain berbelanja, kamu juga bisa menikmati lalu lalang masyarakat sekitar sambil duduk di kursi yang ada di trotoar menjadi aktivitas liburan gratis yang menyenangkan.

Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens adalah taman seluas 60 hektar yang menjadi tempat liburan favorit untuk menghabiskan waktu bersantai. Lahan yang membentang luas tersebut juga menjadi pusat penelitian botani dan hortikultura terkemuka.

Ada beberapa spot murah dan gratis yang bisa kamu nikmati di sini. The National Orchid Garden kamu akan melihat anggrek terbesar di dunia, dengan lebih dari 60.000 tanaman dan anggrek di dalamnya. Ada juga SBG Heritage Museum yang menyuguhkan fitur interaktif, pameran multimedia, dan panel yang menggamabrkan kekayaan peninggalan taman.

Sementara CDL Green Gallery menampilkan pameran botani. Namun, untuk melihat ini kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5 dolar Singapura. Di Singapore Botanic Garden terdapat sejumlah restoran dan kafe, sehingga kamu tidak perlu takut jika sedang haus atau lapar.

Masjid Sultan dan St. Andrew’s Cathedral

Masjid Sultan
Perbesar
Masjid Sultan (Image by Mustafa Abusalah from Pixabay)

Masjid Sultan

Masjid Sultan merupakan masjid pertama yang dibangun di Singapura. Masjid yang berada di Kampung Glam ini sangat bersejarah sehingga menjadi daya tarik utama sebagai daftar tempat wisata di Singapura.

Untuk menuju ke Masjid Sultan, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari Haji Lane. Ketika ingin berkunjung ke sini, pastikan pakaian yang kamu kenakan cukup sopan. Karena walaupun gratis, tidak semua area masjid ini terbuka untuk turis.

St. Andrew’s Cathedral

St. Andrew’s Cathedral adalah katedral terbesar di Singapore. Gereja ini didesain oleh Kolonel Ronald MacPherson di tahun 1856. Bangunan yang sekarang adalah untuk menggantikan bangunan sebelumnya yang hancur terkenal sambaran kilat sebanyak 2 kali di tahun 1852.

Katedral ini juga merupakan salah satu bangunan bersejarah terindah di Singapore. Daftar tempat wisata di Singapora yang satu ini wajib dikunjungi.

Chinatown Singapura dan Sentosa Island

chinatown singapore
Perbesar
Cocok bagi pecinta wisata kuliner (sumber: chinatownfoodstreet.sg)

Chinatown Singapura

Di setiap wilayah, pasti memiliki kawasan Chinatown, begitu juga di Singapura. Walaupun kawasan ini tidak berbeda dengan bagian kota tua lainnya yang ada di Singapura, namun dengan kehadiran berbagai gerai dan atribut oriental di sini, membuat kawasan ini tampil berbeda.

Di sini kamu akan banyak menemukan masyakarat keturunan China. Selain itu, di sini kamu juga dapat menemukan berbagai cinderamata yang beraneka ragam. Jadi, Chinatown bisa kamu jadikan alternatif membeli oleh-oleh selain di Bugis Street.

Sentosa Island

Satu ‘taman bermain’ terbesar di Singapore adalah Sentosa Island. Pulau buatan yang memiliki pantai, berbagai fasilitas untuk olahraga, dan tentunya taman hiburan paling populer di Asia Tenggara, Universal Studios Singapore.

Berbagai tempat di Sentosa Island bisa kamu nikmati secara gratis. Jika kamu tak ingin masuk ke Universal Studios, kamu bisa berjalan-jalan di Sentosa Island untuk hunting foto keren.

Clarke Quay dan Old Hill Street Police Station

wisata singapore
Perbesar
(sumber: yelp singapore)

Clarke Quay

Kawasan Clarke Quay ini dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua Chinese Shophouse yang dicat warna-warni. Kamu bisa berjalan-jalan di sini sembari menikmati Singapore River yang sangat bersih. Daftar tempat wisata di Singapora yang satu ini terkenal dengan banyaknya bar dan kafe, tapi kalau kamu nggak mau nongkrong, kamu bisa ke Clarke Quay untuk sekadar hunting foto.

Old Hill Street Police Station

Persis di seberang Clarke Quay, tepatnya di 140 Hill Street, ada satu bangunan yang eye catching, sangat menarik karena deretan 927 buah daun jendelanya yang berwarna-warni bagai pelangi. Pas sekali untuk dijadikan salah satu spot foto kamu selama di Singapore.

Bangunan ini berdiri pada tahun 1934, dan pada tahun 1998 ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional. Sekarang masih digunakan sebagai kantor Ministry of Communications and Information. Di bagian tengah gedung ada ARTrium, biasanya digunakan untuk berbagai pameran seni.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓