12 Wisata Kuliner Jember yang Khas, Sudah Melegenda dan Harganya Terjangkau

Oleh Laudia Tysara pada 05 Jan 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 05 Jan 2021, 11:30 WIB
Gudeg Pecel Lumintu
Perbesar
Gudeg Pecel Lumintu | instagram.com/@hobimakanenak

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Jember, Jawa Timur dikenal memiliki bentang alam yang cukup memukau dan membuatnya tidak pernah sepi kedatangan wisatawan. Ketika berkunjung ke kabupaten ini, jangan sampai melewatkan wisata kuliner Jember yang khas, ya.

Konon katanya, makanan khas Jember yang tidak pernah dilupakan wisatawan adalah sajian khas Jawa Timurannya. Ada soto, sate, wedang cor, mi, pecel, sampai gudeg. Menu inilah yang membuat wisata kuliner Jember yang khas wajib ada di daftar kunjungan ketika tengah berwisata ke Jawa Timur.

Berbagai sajian khasnya benar-benar membuat wisatawan ingin selalu berkunjung. Kebanyakan wisata kuliner Jember yang khas juga sudah melegenda dan ada sejak lama. Jadi tidak perlu dipertanyakan lagi bagaimana rasa dan kelezatan ketika menyantapnya.

Berikut Liputan6.com ulas wisata kuliner Jember yang khas dari berbagai sumber, Selasa (5/1/2021).

2 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Jember yang Khas

Mie Pangsit Rama
Perbesar
Mie Pangsit Rama | instagram.com/@makananjember

Gudeg dan Pecel Lumintu

Gudeg dan Pecel Lumintu adalah wisata kuliner Jember yang khas dan wajib dikunjungi. Sudah berdiri sejak tahun 80an, warung gudeg dan pecel satu ini tidak pernah sepi pengunjung.

Menu favorit di warung gudeg dan pecel lumintu ini adalah nasi campur yang menggabungkan nasi gudeg dan nasi pecel. Tentunya kamu juga dapat menikmati nasi gudeg dan nasi pecel secara terpisah.

Gudeg dan Pecel Lumintu berlokasi di Jalan Kertanegara, dan buka jam 6 pagi sampai jam 2 siang. Pada hari sabtu warung ini tutup.

Mi Pangsit

Sajian mi pangsit yang cukup terkenal dan kerap direkomendasikan wisatawan adalah Mie Pangsit Rama. Wisata kuliner Jember yang khas ini merupakan salah satu tempat makan mi yang paling enak di Jember.

Ada berbagai sajian mi yang benar-benar menggugah selera. Mulai dari mi pangsit kuah, bakwan, serta tahu, semuanya nikmat untuk disantap sebagai menu makan malam.

Apalagi pengunjung juga bisa menikmati nuansa tempo dulu di tempat ini. Mi Pangsit Rama biasanya buka dari sore hingga malam hari. Tak hanya rasanya yang khas, tetapi tempatnya juga.

3 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Jember yang Khas

Wedang Cor
Perbesar
Wedang Cor | (foto: dok.Masak.tv/Henry)

Wedang Cor

Wedang Cor adalah salah satu wisata kuliner Jember yang khas. Minuman hangat ini sudah menjadi ciri khas Kabupaten Jember. Tidak hanya minuman, wedang cor Jember biasanya dinikmati dengan aneka camilan lezat.

Terbuat dari tape singkong atau tape ketan hitam, Wedang Cor ditambah sedikit susu kental manis, jahe yang dimemarkan, dan disiram air panas. Rasa manis dan asamnya bakal diterima dengan senang hati oleh lidahmu.

Berlokasi di Jalan Singosari, pengunjung sudah bisa menikmati Wedang Cor hanya dengan 10 ribu saja. Jika ditambah dengan camilan, tidak lebih dari 20 ribu untuk perut yang kenyang dan nuansa Jawa Timuran yang bakal dirindukan.

Sate Pak Malud

Bosan berwisata kuliner di siang hari, boleh datang ke Sate Pak Malud. Sate di sini dikenal sebagai wisata kuliner Jember yang khas. Bukan sate biasa, sajian sate milik Pak Mulud disajikan dengan khas Jawa Timuran dan tidak hanya dengan daging ayam.

Sate Pak Malud buka mulai pukul 6 petang dan berlokasi di Jalan Trunojoyo nomer 100 ini. Sate kambinglah yang kerap menjadi menu andalan wisatawan. Apalagi dengan gulenya akan terasa semakin nikmat untuk makan malam. Untuk pengunjung yang sedang mengontrol kolesterol, bisa memesan sate ayam daripada sate kambing.

Biasanya pengunjung harus mengantre terlebih dahulu saat akan menyantap sate ini. Tentu hal ini sudah membuktikan betapa enaknya makanan khas Jember satu ini. Memang benar-benar ingin selalu berkunjung.

4 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Jember yang Khas

Soto Ayam Dahlok
Perbesar
Soto Ayam Dahlok | instagram.com/@winda_tan

Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok merupakan salah satu wisata kuliner Jember yang khas dan sudah sangat melegenda. Soto ini tetap ramai dicari walaupun sudah berdiri begitu lama. Berlokasi di Jalan Fatahilah, Soto Ayam Dahlok buka dari pagi hingga malam.

Sajian soto ini sudah ada sejak tahun 1958, sampai saat ini masih terus eksis dan menjadi primadona wisatawan kota. Selain rasanya yang khas, lokasi Soto Ayam Dahlok sangat strategis. Harganya juga sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Bahan utama pembuatan Soto Ayam Dahlok memang tidak terlalu istimewa, tetapi ajaibnya sangat menggugah selera. Ada daging ayam kampung, jeroan, telur rebus, irisan tomat, dan bawang goreng yang membuatnya semakin beraroma nikmat.

Resto Legian

Salah satu restoran yang sangat populer di Jember adalah Resto Legian. Restoran yang awalnya khusus menghidangkan pilihan menu seafood ini sekarang juga menawarkan menu lain seperti cap cay, mi, dan yang paling spesial adalah iga bakarnya.

Resto Legian adalah salah satu tempat wisata kuliner Jember yang khas dan cukup populer. Ada banyak varian menu yang ditawarkan plus harga yang sudah pasti terjangkau. Buka dari jam 11 siang hingga jam 10 malam, pengunjung harus mencoba makanan di restoran ini.

5 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Jember yang Khas

Pecel Gudeg Walisongo
Perbesar
Pecel Gudeg Walisongo | instagram.com/@makan_yukzzz

Ikan Wader Wande Echo

Wisata kuliner Jember yang khas dengan menu sajian ikan, ada Ikan Wadernya rumah makan Wande Echo. Rumah makan ini menyediakan makanan khas ikan wader goreng dengan sambal pedas khasnya. 

Pengunjung bisa menikmati ikan wader dengan nasi hangat dan sambel khas Jember Wande Echo. Meski hanya ikan wader tetapi harga menu makanan di rumah makanan ini terbilang mahal. Lokasinya ada di Jalan Semeru, No. 86A, Jember, Jawa Timur.

Rumah makan Wande Ucho memiliki desain mirip dengan bangunan tradisional Sunda, ada gazebo dengan tempat makan yang dikelilingi kolam ikan. Selain ikan wader, ada menu andalan lain seperti gurami dan ikan tawar lainnya.

Pecel Gudeg Walisongo

Pecel Gudeg Walisongo adalah tempat wisata kuliner Jember yang khas dan wajib dikunjungi wisatawan. Masakan ini terdiri dari pecel dan gudeg, yang diberi tambahan nasi putih dengan potongan kacang panjang, lalu disiram dengan bumbu pecel dan gudeg nangka muda.

Tidak lupa ada daging sapi bumbu age, sambal goreng tahu, pecel, peyek, dan potongan tempe goreng. Pecel Gudeg Walisongo letaknya ada di gang sempit Jalan Sultan Agung Gg Walisongo Jember. Selain ada di gang sempit, warung pecel gudeg ini selalu memiliki antrian yang mengular panjang saking nikmat dan nagihnya.

6 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Jember yang Khas

Martabak
Perbesar
Ilustrasi Martabak | Credit: freepik.com

Martabak dan Terang Bulan King

Bila sedang ingin ngemil yang manis-manis bersama teman atau keluarga, wisata kuliner Jember yang khas manis ada Martabak dan Terang Bulan King.

Martabak dan terang bulan King ini dikenal sebagai penyaji makanan manis yang paling populer di Jember. Berbagai aneka varian rasa sudah tersedia, pilih saja sesuai selera.

Berlokasi di Jalan Karimata, Martabak dan Terang Bulan King ini buka dari pukul 3 sore hingga 10 malam. Jangan sampai melewatkan untuk mencicipi martabak king ini bila sedang berada di Jember.

Roti Bakar Tjiliwoeng

Roti Bakar Tjiliwoeng sangat cocok dikunjungi sebagai tempat bersantai ketika sedang wisata kulineran di Jember. Menu-menu ringan yang disajikan di salah satu wisata kuliner Jember ini adalah aneka roti bakar berbagai rasa.

Tersedia roti bakar green tea, roti bakar keju, tunamayo, KitKat, dan lain-lain. Lokasinya yang berada di pusat Kota Jember menjadikannya tidak sulit ditemukan. Tempat ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong anak muda. Roti Bakar Tjiliwoeng buka senin sampai sabtu dari sore hingga malam.

7 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Jember yang Khas

Angkringan Joglo 130
Perbesar
Angkringan Joglo 130 | facebook.com/@angkringanjoglo130

Angkringan Joglo 130

Wisata kuliner Jember yang khas dan wajib dikunjungi ada Angkringan Joglo 130. Konsep tempatnya sangat nyaman bila digunakan untuk makan sekaligus berkumpul dan ngobrol dengan keluarga atau kawan.

Angkringan ini menawarkan menu berupa gorengan, ketan bubuk, nasi kucing dengan lauk tahu-tempe bacem, minuman ringan berupa kopi, bir Jawa, serta wedang khas Angkringan Joglo.

Depot Jawa Timur

Wisata kuliner Jember satu ini menawarkan makanan khas nasi langgi lengkap. Dalam satu porsi nasi langgi lengkap, kamu bisa mendapatkan nasi, daging sampi bumbu Bali, sambal goreng tempe, telor asin, petis, sambal goreng kentang, mentimun, dan abon sapi. Menu nasi langgi lengkap inilah yang menjadi menu favorit di Depot Jawa Timur ini.

Lanjutkan Membaca ↓